free counter with statistics Tempat Wisata Museum Gunung Api Batur Bali
T7/26/2017

Tempat Wisata Museum Gunung Api Batur Bali

Bali merupakan surganya destinasi wisata. Di sini kita bisa menjelajah berbagai destinasi wisata yang unik dan menyenangkan. Hampir tiap lembah, gunung, sungai, air terjun, hutan, pantai, dan danau di pulau Bali mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke sana. Tiap bentang alam tersebut menyajikan keindahan tersendiri yang tidak akan kita temukan di tempat lain.

Tidak hanya wisata alamnya, wisata buatan juga mampu menarik para pelancong. Salah satu obyek wisata buatan di Pulau Dewata yaitu Museum Gunung Api Batur. Museum yang diremsikan pada tanggal 10 Mei 2007 ini terletak di tempat wisata penelokan kintamani. Museum ini dibangun dengan tujuan untuk memperkaya pengetahuan masyarakat akan gunung berapi di Indonesia, dan Gunung Batur pada khususnya. Selain sebagai tempat berwisata karena terletak di objek wisata yang terkenal, museum ini juga bisa digunakan untuk mempelajari gunung api.

Jika kita lihat, bangunan museum ini memang sangat unik, di mana bentuk bangunannya seperti meru (tempat suci umat Hindu di Bali) yang terdiri dari empat lantai.
 
Tempat Wisata Museum Gunung Api Batur Bali
Museum Gunung Api Batur
Pada lantai pertama, di sini terdapat lukisan grafis tentang mitologi bedawang nala, panel peristiwa pembentukan gunung api, panel penomena gunung api, panel tipe erupsi (letusan), panel bentuk gunung api, slide show Gunung Batur dan Gunung Agung, panel foto grafis gunung api yang ada di Indonesia, diorama gunung api Batur, foto dari udara bentuk kaldera Batur, dan lain lain.

Pada lantai kedua, isi pada lantai kedua ini masih berhubungan dengan  materi yang ditampilkan pada lantai pertama seperti ruang audio visual/bioskop yang sudah bertaraf standar internasional, dengan total kapasitas tempat duduk sebanyak 160 buah tempat duduk. Selain ruang audio visual juga terdapat ruang rapat, dan panel “Batur Global Geopark”.

Pada lantai ketiga, merupakan tempat yang digunakan para petugas vulkanologi untuk memantau aktivitas Gunung Batur. Di lantai ini kita bisa belajar bagaimana para petugas vulkanologi dalam memantau aktivitas gunung api. Selain itu, di sini kita juga bisa dilihat secara langsung bagaimana cara kerja dari alat pencatat gempa (seismograph).

Lantai keempat, merupakan tempat yang sangat bagus untuk menikmati pemandangan gunung dan danau batur yang sangat memukau mata. Jika cuaca cerah, di sini pengunjung bisa melihat indahnya Gunung Batur dengan Danau Baturnya dengan menggunakan teropong.

Museum Gunung Api Batur memang menjadi obyek wisata edukasi untuk para pelajar dan ilmuwan yang ingin belajar tentang geologi dan aktifitas gunung berapi, ditambah dengan cuaca yang sejuk karena berada di daerah pegunungan dan pemandangan alam yang sangat indah, museum ini bisa anda coba kunjungi ketika berliburan di Bali khususnya ke kintamani.

Di sekitar museum juga berdiri banyak rerstoran yang menyajikan makanan khasnya, seperti ikan mujair nyat-nyat. Selain bisa menikmati kulinernya kita juga bisa menikmati suasana alam pegunungan kintamani yang sejuk dengan background gunung batur dan danau batur.

Lokasi dan Cara Akses ke Museum Gunung Api Batur

Lokasi Museum Gunung Api Batur terletak di tempat wisata penelokan kintamani. Adapun jarak tempuh ke museum Gunung Api Batur dari:

Jika anda datang dari kawasan Kota Denpasar, untuk dapat menuju Museum Gunung Api Batur bisa ditempuh melalui 2 jalur yakni melalui jalan By Pass Ida Bagus Mantra menuju kota Bangli atau bisa melalui melalui Ubud. Wisatawan yang ingin berkunjung dapat mengendarai kendaraan pribadi, bus pariwisata ataupun mobil travel melalui paket wisata dari travel agent. Silahkan lihat lokasi museum ini di Google Map di bawah ini.



Adapaun objek wisata yang dekat dengan Museum Gunung Api Batur yakni pemandian air panas Toya Bungkah, Desa Trunyan, pendakian GunungBatur, pendakian Gunung Abang, Danau Batur, dan tempat wisata Desa Pinggan. Adapun oleh-oleh yang bisa anda dapatkan di sini yakni jeruk kintamani yang sudah terkenal akan rasanya. Bagaimana? Anda tertarik berlibur sambil belajar. Semoga ini menjadi refrensi wisata anda ke Bali. Salam lontriper.