T7/27/2016

Tempat Wisata Pemandian Air Panas Toya Bungkah Kintamani

Kintamani merupakan salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Bangli yang menyimpan segudang potensi destinasi wisata alam yang layak untuk kunjungi. Salah satunya tempat wisata pemandian air panas alam Batur (Batur natural hot spring) atau lebih dikenal dengan nama Pemandian Air Panas Toya Bungkah
Tempat Wisata Pemandian Air Panas Toya Bungkah Kintamani
Tempat wisata toya bungkah


Tidak hanya dijadikan sebagai tempat liburan (menyegarkan tubuh dan pikiran), pemandian air panas Toya Bungkah ini dapat sarana untuk menghilangkan penyakit khususnya penyakit kulit. Selain itu, dari pemandian ini kita bisa menyaksikan secara langsung permukaan air danau batur yang membiru karen lokasinya tepat berada di pinggir Danau Batur. Dari kejauhan kita juga bisa melihat sebuah desa yang dikelilingi oleh perbukitan yang hijau yakni desa Trunyan. Desa tersebut memiliki tradisi yang unik, di mana jika ada orang meninggal secara wajar, mayatknya akan diletakan begitu saja di alam terbuka di suatu tempat.
Tempat Wisata Pemandian Air Panas Toya Bungkah
View danau Batur dari pemandian Toya Bungkah

(silahkan baca: tempat wisata desa Trunyan)

Toya Bungkah berasal dari bahasa Bali yang terdiri kata Toya dan Bungkah. Toya artinya air, sedangkan bungkah artinya bongkahan batu. Jadi jika diartikan toya bungkah berati air yang berasal bongkahan batu. Walaupun airnya berasal dari sumber air panas yang alami dengan suhu 38-39 derajat celcius, tetapi kolam penampungan sebagai tempat berendam merupakan kolam buatan. Di sini terdapat tiga jenis kolam yakni kolam untuk anak-anak yang kedalamannya sekitar setinggi lutut orang dewasa yang disertai dengan beberapa pancuran, kolam untuk remaja yang kedalamannya seukuran pinggang dewasa dan kolam untuk orang dewasa yang tingginya bervariasi.
Wisata Pemandian Air Panas Toya Bungkah
Wisatawan berendam di pemandian Toya Bungkah
Pada hari-hari biasa, wisatawan yang berkunjung ke pemandian air panas toya bungkah kebanyakan wisatawan asing yang berlibur ke Bali. Sedangkan jika hari libur nasional, lokasi ini akan dipadati oleh wisatawan nusantara. Biasanya wisatawan asing yang melakukan pendakian gunung batur akan berendam diri di pemandian ini untuk melemaskan otot-otot yang tegang.


Dari kolam pemandian kita bisa melihat aktivitas penduduk setempat mencari ikan mujair di danau Batur dengan menggunakan jukungnya. Kita juga bisa melihat banyak keramba apung sebagai tempat mengembangbiakkan ikan mujair. Ikan mujair ini dijadikan kuliner khas kintamani yang bernama ikan mujair nyat-nyat.

Untuk menjaga kenyamanan pengunjung maka pihak pengelola menyediakan fasilitas pendukung dikawasan pemandian ini seperti restoran, gazebo, toilet, ruang ganti baju dan parkir yang sangat luas. Tetapi untuk menikmati sensasi mandi di pemandian air panas toya bungkah kita akan dikenakan tarif sebesar Rp 60.000 per orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak dikenakan biaya Rp 30.000 per anak. Dari biaya tersebut kita akan mendapatkan welcome drink, handuk (tetapi tidak bisa dibawa pulang), locker untuk menyimpan barang bawaan anda, sabun dan shampo, dan penggunaan fasilitas toilet serta ruang ganti baju. Bagi yang ingin menikmati suasana malam di kintamani, tidak jauh dari kolam pemandian toya bungkah terdapat beberapa penginapan dengan harga yang terjangkau.

Lokasi dan Cara Akses Ke Air Panas Toya Bungkah

Tempat wisata pemandian Air Panas Toya Bungkah (Batur Natural Hot Spring) berada di Jalan Pendakian Gunung Batur, Kintamani, Bangli, Bali. Akses menuju tempat wisata ini sangatlah mudah karena jalan untuk menuju lokasi sudah diaspal dengan baik. Adapun jarak tempuh untuk menuju tempat wisata pemandian air panas toya bungkah yakni:


Ada empat jalan alternatif untuk menuju lokasi tempat wisata pemandian Toya Bungkah dari Bandara Ngurah Rai yakni melalui Jalan Raya Payangan, Jalan raya Tegallalang, Jalan Tampaksiring, dan Melalui Kota Bangli.

Jika melalui Jalan Raya Payangan objek wista yang bisa anda kunjungi sebelum sampai tujuan yakni Bali Bird Park (taman Burung Bali), sedangkan jika melalui Jalan Raya Tegallalang objek wisata yang mungkin akan dilalui yakni tempat wisata Ceking dengan pemandangan alam sawah yang berundak-undak. Jika melalui Jalan Raya Tampaksiring adapun objek wisata yang mungkin bisa dikunjungi yakni pasar seni Guwang, pasar seni Sukawati, tempat wisata Goa Gajah, dan Candi Gunung Kawi. Sedangkan jika melalui Kota Bangli adapun objek wisata yang mungkin bisa dikunjungi yakni Taman Nusa, Air Terjun Dusun Kuning, dan Desa Tradisional Penglipuran.
Nah itu sekilas tentang tempat wisata pemandian air panas toya bungkah. Silahkan baca tempat wisata di Bali lainnya.

0 Response to "Tempat Wisata Pemandian Air Panas Toya Bungkah Kintamani"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif