T10/23/2015

Tempat Wisata Taman Nusa Gianyar

Gianyar merupakan salah satu kabupaten yang ada di Bali terkenal akan keseniannya, sehingga kabupaten gianyar mendapat julukan “Bumi Seni”. Hampir semua seni ada di kabupaten Gianyar, mulai dari seni ukir, seni patung, seni tari, seni lukis tercipta di kabupaten ini. Salah satu objek wisata yang menampilkan kesenian bali serta kesenian seluruh indonesia yakni objek wisata Taman Nusa.
Tempat Wisata Taman Nusa Gianyar
Pintu Masuk Taman Nusa
Taman Nusa terletak di Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan, Gianyar – Bali. Tepatnya berada di Jalan Taman Bali – Banjarangka. Untuk mengakses objek wisata Taman Nusa sangatlah mudah karena jalannya sudah diaspal dan dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika Anda datang dari Kota Denpasar hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit. Ada dua alternatif yang bisa Anda tempuh untuk menuju Taman Nusa dari Kota Denpasar, bisa melalui jalan By Pass Ida Bagus Mantra dan melalui Kota Gianyar yang sebelumnya melewati pasar Seni Sukawati.

Jika Anda datang dari kawasan Nusa Dua atau Jimbaran hanya memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan melalui Jalan Tol Bali Mandara kemudian belok kanan di perempatan pesanggaran untuk menuju jalan By Pass Ngurah Rai. Dari jalan By Pass Ngurah Rai arahkan kendaraan Anda menuju jalan By Pass Ida Bagus Mantra hingga bertemu perempatan ke Pantai Siyut lalu belok ke kiri dan ikuti jalan hingga menuju jalan raya Tulikup. Dari jalan raya Tulikup cari jalan Taman Bali. Di sebelah kanan di jalan Taman Bali akan menemukan tulisan “Taman Nusa”. Kemudian belok ke kanan dan masuk akan menemukan security chek yang mengarahkan Anda untuk menuju area parkir.

Jika Anda datang dari kawasan pantai Kuta hanya memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan dengan melalui jalan by pass Ngurah Rai kemudian menuju jalan By pass Ida bagus Mantra. Akan lebih dekat jika Anda datang dari kawasan Ubud, karena Ubud masih dalam wilayah kabupaten Gianyar dan hanya memerlukan waktu tempuh kurang lebih 25 menit dengan melalui Kota Gianyar terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat peta menuju Taman Nusa yang diambil dari situs www.taman-nusa.com di bawah ini.
Peta Tempat Wisata Taman Nusa Gianyar
Peta Taman Nusa
Objek wisata Taman Nusa merupakan taman wisata budaya yang memberikan pengetahuan tentang kebudayaan dari berbagai suku di Indonesia. Jika Anda berkunjung ke Taman Nusa serasa seperti menjelajah seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Taman Nusa sangat tepat dijadikan sarana rekreasi dan pendidikan untuk lebih memahami budaya Indonesia. Di Taman Nusa Anda akan menyaksikan lebih dari 60 rumah tradisional tiap etnis yang ada di Indonesia dan dibangun dengan penataan sedemikian rupa sehingga menyatu dengan alam Bali.

Jika ingin menikmati suasana Candi Borobudur, di Taman Nusa juga terdapat Candi Borobudur mini seperti yang ada di Magelang, Jawa Tengah. Begitu Anda memasuki kawasan candi ini serasa seperti memasuki candi yang ada di Jawa Tengah tersebut.

Rumah Adat Minang
Rumah Adat Nusa Tenggara Barat
Rumah Adat Bali
Taman Nusa memiliki luas area sekitar 15 hektar. Di sini wistawan bisa menjelajah dan menikmati panorama perjalanan waktu Bangsa Indonesia, dimulai dari masa prasejarah, jaman perunggu, masa kerajaan hingga kampung budaya Indonesia. Perjalanan berlanjut ke masa awal Indonesia, era kemerdekaan, masa kini dan akhirnya sampai di harapan Indonesia masa depan. Berikut peta area Taman Nusa Bali yang diambil dari situs www.taman-nusa.com.
Peta Tempat Wisata Taman Nusa
Peta Kawsan Taman Nusa
Taman yang dibuka pada 10 Juli 2013 ini memiliki fasilitas pendukung seperti auditorium besar, ruang pameran, toko-toko suvenir, tempat istirahat, sanggar, restoran dengan masakan khas Indonesia dan restoran dengan masakan internasional, dan area parkir yang luas. Taman Nusa buka setiap hari pukul 08.30 hingga 17.00 WIB. Pada hari-hari libur pengunjung di Taman Nusa sangat ramai.
Patung Gajah Mada dengan sumpah Palapanya

Objek wisata yang dekat dengan Taman Nusa yakni Air Terjun Tegenungan, Pantai Lebih, Taman Safari, Pantai Siyut dan pantai Purnama.

2 Responses to "Tempat Wisata Taman Nusa Gianyar"

  1. Admin, Bagaimana rute perjalanan ke Taman Nusa dari Sempidi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya. Ada tiga alterntif yang bisa dipilih untuk rute perjalanan dari Sempidi ke Taman Nusa yakni melalui jalan Raya Denpasar Gilimanuk, Jalan Raya Sading, dan Jalan Cokroaminoto. Rute yang paling pendek melalui jalan Raya Sading, kemudian menuju Jalan Darmasaba hingga ke perempatan Jalan Raya Sibang Gede belok ke kanan untuk menuju jalan Angantaka-Sibang Gede hingga sampai ke pertigaan Jalan Raya Singapadu.

      Dari Jalan Raya Singapadu nanti akan ketemu perempatan yang ada pohon beringinnya kemudian belok ke kanan untuk menuju jalan Paliguna hingga ke Jalan Mawang dan akan menemukan perempatan lagi (terdapat balai Banjar Silungan) lalu belok ke kanan untuk menuju jalan Raya Silungan hingga ke pertigaan jalan Raya Mas lalu belok ke kanan hingga menemukan pertigaan yang ada Patung Bayi.

      Dari Patung Bayi belok ke kiri untuk menuju jalan raya sakah hingga ke perempatan Blahbatuh kemudian belok ke kiri untuk menuju Jalan Udayana. Setelah menemukan lampu pengatur lalu lintas belok ke kanan (ada sebuah patung Kebo Iwa) untuk menuju jalan Dharma Giri hingga ke Taman Kota Ciung Wanara di Kota Gianyar. Dari taman kota ini lanjutkan ke jalan Ngurah Rai menuju jalan astina timur (ada lapangan Astina) hingga ke jalan Raya Samplangan terus ke jalan Raya Tulikup. Tepat di warung UD Panca Sona ada pertigaan belok ke kiri untuk menuju Jalan Taman Bali. Ikuti jalan tersebut nanti akan ada plang Taman Nusa. Semoga membantu.

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif