free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Purnama Gianyar
T10/13/2015

Tempat Wisata Pantai Purnama Gianyar

Iklan
Iklan
Kabupaten Gianyar terkenal akan kerajinan seninya, sehingga Kabupaten Gianyar mendapat julukan sebagai “Bumi Seni”. Selain terkenal akan kerajinan seninya, Gianyar juga terkenal akan keindahan alamnya. Salah satu keindahan alam yang bisa kita jumpai adalah Pantai Purnama.

Tempat Wisata Pantai Purnama Gianyar
Pantai Purnama

Untuk mengakses pantai ini sangatlah mudah karena dekat dengan jalan utama By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Lokasinya berada di Banjar Lumpang Telabah, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Jaraknya kurang lebih 3 km dari objek wisata Pantai Lebih dan berjarak kira-kira 11 km dari Kota Gianyar. Jika Anda datang dari kawasan bandara Ngurah Rai diperlukan waktu 50 menit untuk mencapai pantai ini dan memerlukan waktu kurang lebih 35 menit jika dari Kota Denpasar dengan kendaraan bermotor.

Objek wisata pantai yang ada disepanjang jalan By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra memiliki pasir hitam yang berkilau seperti kristal jika terkena cahaya matahari dan hampir semua pantainya memiliki arus laut dan ombak yang besar. Jadi, disarankan untuk tidak mandi di kawasan pantai ini dan kalau ingin mandi harus hari-hati. Akan tetapi, Anda bisa menikmati keindahan pantai yang eksotis ini tanpa harus mandi di kawasan pantai ini. Sepanjang perjalanan pada saat memasuki pantai ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan sawah yang menghijau dan luas sehingga menambah keindahan objek wista pantai Purnama ini. Pantai Purnama akan ramai dikunjungi oleh wisatawan pada saat sore hari, hari libur dan bulan purnama. Paling ramai dikunjungi pada saat bulan purnama, sehingga pantai ini diberi nama “Pantai Purnama” karena sangat pas untuk menyaksikan bulan purnama dari pantai ini.

Aktivitas yang mungkin bisa Anda lakukan jika berwisata ke Pantai Purnama yaitu bersantai sambil menikmati suasana pantainya yang tenang, berjemur (biasanya dilakukan oleh wistawan asing), bermain (karena memiliki areal yang luas dan berpasir), surfing karena memiliki ombak yang cukup dan memancing. Selain dikunjungi oleh wisatawan sebagai tempat wisata, Pantai Purnama juga sering dijadikan tempat kegiatan upacara keagamaan oleh penduduk setempat seperti Melasti dan Melarung Bumi.

Jika Anda berkunjung di pantai Purnama diharapkan jangan membuang sampah secara sembarangan. Jika pantai ini kotor akibat air laut membawa sampah ke bibir pantai maka warga setempat yang membersihkannya karena warga setempat sudah membentuk suatu kerjasama antara karma subak, pedagang yang berjualan dan pemilik vila-villa disekitarnya. Jadi untuk menghormati dan menghargai warga setempat sebaiknya jangan membuang sampah secara sembarangan, buanglah sampah pada tempatnya.

Karena Pantai Puranama sering ramai dikunjungi oleh wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun nuasantara maka warga setempat memanfaatkan situasi ini dengan menjual aneka makanan dan minuman. Selain sebagai pedagang, warga sekitar Pantai Purnama ada bekerja sebagai petani dan nelayan, ini terlihat jelas saat berada dilokasi pantai ini di mana kita akan menemukan hamparan sawah dan jukung-jukung milik nelayan.

Karena Pantai Purnama dijadikan sebagai objek wisata maka pemerintah setempat memberikan fasilitas yang memadai, seperti jalan akses ke pantai yang bagus yang bsia dilalui oleh kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, area parkir yang luas dan aman, warung-warung yang menjual makanan dan minuman serta villa-villa untuk penginapan bagi wisatawan yang ingin menginap di sekitar pantai Purnama.

Bagaimana? Anda tertaik menikmati indahnya pantai Purnama? Silahkan persiapkan diri Anda untuk berliburan mengunjungi pantai Purnama. Adapu objek wisata yang dekat dengan pantai Purnama yaitu Pantai Ketewel, Pasar Seni Sukawati, Sentra Kerajinan Perak Celuk, Bali Safari & Marine Park, dan Pantai Lebih.
Iklan