free counter with statistics Tempat Wisata Air Terjun Batu Lantang di Badung Bali
T10/23/2017

Tempat Wisata Air Terjun Batu Lantang di Badung Bali

Kabupaten Badung tidak hanya menyuguhkan pesona pantai pasir putih yang eksotis, tetapi juga menawarkan keindahan air terjunnya lho. Jadi berlibur ke bali khususnya ke kabupaten Badung tidak harus ke pantai melulu. Memang Badung merupakan surganya tempat wisata pantai, setidaknya di sini terdapat 40 titik pantai yang bisa dieksplor keindahannya. Akan tetapi tentu akan sangat membosankan jika terus mengunjungi objek wisata pantai. Maka dari itu coba kunjungi Air Terjun Batu Lantang sebagai alternatif berwisata anda ke kabupaten badung selain mengunjungi pantai.
Air Terjun Batu Lantang
IMG by Instagram via Dian

Air terjun Batu Lantang merupakan salah satu air terjun tersembunyi yang ada di Kabupaten Badung, sehingga keberadaan air terjun ini tidak banyak yang mengetahuinya. Selain itu pengunjung ke air terjun ini relatif sepi, tidak seperti air terjun lainnya yang sudah lebih dahulu populer misalnya air terjun tegenungan di gianyar dan air terjun gitgit di bali utara. Walaupun relatif sepi dari kunjungan, tetapi pesona keindahan air terjun ini tidak kalah cantiknya dengan air terjun yang lainnya di Bali. Air terjun masih alami, dengan adanya bukit hijau dan perkebunan cengkeh milik warga setempat menambah kesan alami sekitar air terjun ini.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter ini bernama air terjun Batu Lantang karena lokasi air terjun ini berada di Desa Adat Batu Lantang. Agar memudahkan mengingat nama air terjun tersebut, maka pelancong atau wisatawan memberi nama sesuai nama desa di mana air terjun itu berada. Sedangkan warga setempat menyebut air terjun ini dengan nama Air Terjun Gong.

Untuk bisa melihat betapa cantiknya air terjun ini, pengunjung harus berjalan sekitar 30 menit atau menempu jarak sekitar 500 meter dari tempat parkir yang berada di pinggir jalan raya (belum ada tempat parkir), pelancong akan menyusuri jalan setapak di perkebunan milik warga setempat dan menuruni lereng perbukitan yang berisi berkebunan cengkeh yang menghijau. Jika pengunjung datang pas pada musim panen cengkeh, pengunjung bisa melihat warga setempat memanen cengkehnya, sungguh pengalaman berwisata yang berkesan. Perlu diperhatikan, selama menuruni lereng perbukitan, perhatikan langkah kaki supaya tidak terpeleset.

Perjalanan yang lelah akan terobati dengan keindahan panorama di air tejun batu lantang ini. Airnya yang dingin dan jernih akan mampu menghapus keringat yang bercucuran ketika dibasuhkan ke wajah. Angin yang berhembus membuat sekitar benar-benar sejuk dan menenangkan jiwa. Tidak hanya pesona air terjunnya yang keren, alam sekitarnya juga ikut menambah cantiknya kawasan ini. Pepohonan yang menghijau yang menghiasi sekitar air terjun menambah kesan alami air terjun ini. Bagi yang suka berfoto-foto, tempat ini sangat bagus sebagai spot untuk berfoto-foto dengan latar air terjun serta hiasan hijau dari tanaman yang tumbuh dipingir air terjun ini. Hasilnya tentu tidak akan mengecewakan.

Lokasi Air Terjun Batu Lantang

Alamat atau lokasi air terjun Batu Lantang berada di Desa adat Batu Lantang, Desa Sulangai, kecamatan Petang, Badung, Bali. Dari Bandara Ngurah Rai akan menempuh jarak sekitar 53,7 km atau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 46 menit dan dari pusat kota denpasar akan menempuh jarak sekitar 41,0 km atau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor versi google map. Sedangkan jika dari objek wisata sangeh monkey forest akan menempuh jarak sekitar 18,2 km. Jadi bisa mampir dulu ke tempat wisata terdekatnya seperti Wisata Lembah Tanah Wuk, Wisata Alas Pala Sangeh, dan Taman Mumbul Sangeh.

Bagaimana? Tertarik mengujungi air terjun Batu Lantang ini? Siapkan diri anda untuk mengekplor pesona air terjun ini bersama teman atau orang yang anda cintai. Siapkan juga kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen-momen indah tersebut. Ingat, jangan buang sampah sembarangan. Salam longtriper.