free counter with statistics Tempat Wisata Alas Pala Sangeh Badung Bali
T1/09/2017

Tempat Wisata Alas Pala Sangeh Badung Bali

Iklan
Iklan
Badung tidak hanya terkenal dengan keindahan tempat wisata pantainya seperti pantai kuta, pantai Nusa Dua dan pantai Dreamland. Tetapi, juga memiliki tempat wisata alam hutan yang asri dan unik. Adapun tempat wisata yang unik dan menyenangkan untuk dikunjungi di Badung yakni tempat wisata Alas Pala Sangeh Bali. Wisatawan asing mengenal tempat wisata ini dengan nama Sangeh Monkey Forest. Apa uniknya tempat wisata alas pala sangeh?
Tempat Wisata Alas Pala Sangeh Badung Bali
Tempat wisata Sangeh
Tempat wisata alas pala sangeh merupakan tempat wisata berupa hutan homogen yang luasnya mencapai 10 hektar yang ditumbuhi oleh pohon pala dan disucikan oleh warga setempat. Pohon pala (Dipterocarpus trinervis) ini sudah berumur ratusan tahun. Uniknya, hutan (alas) di sini dihuni oleh ratusan ekor kera abu ekor panjang (Macaca fascicularis). Pengunjung bisa berinteraksi dengan kera-kera yang yang jinak di hutan ini. Tidak hanya dihuni oleh ratusan kera, di hutan pala ini juga terdapat beberapa tempat suci yakni Pura Melanting, Pura Tirta, Pura Anyar dan Pura Bukit Sari.

Kera penghuni di hutan pala sangeh ini terbagi menjadi tiga kelompok atau banjar versi masyarakat Bali yakni kelompok Banjar Timur, Banjar Tengah dan Banjar Barat. Setiap banjar atau kelompok memiliki pemimpin kelompok. Walaupun kera di sini dikatakan jinak, kita harus tetap berhati-hati karena bisa saja kera-kera di sini merebut barang bawaan kita. Pada saat admin berkunjung ke tempat wisata ini, minuman berupa air mineral yang admin bawa direbut oleh seekor kera. Tidak hanya minuman, makanan berupa kacang juga direbut oleh seekor kera. Disarankan pada saat membawa minuman atau makanan sebaiknya sembunyikan supaya tidak terlihat oleh kawanan monyet di hutan ini. Kalaupun ingin memberikan makan para kera, sebaiknya lakukan secara sembunyi-sembunyi.
Monyet di Sangeh Badung Bali
Monyet mengambil minuman milik admin
Begitu kita akan memasuki kawasan hutan terdapat sebuah papan pengumuman yang berbahasa Inggris dan Indonesia. Di mana pengunjung atau wisatawan wanita dilarang memasuki kawasan hutan jika dalam keadaan sedang haid. Berpakaian soapan dan rapi saat memasuki kawasan suci. Tidak memegang atau mempermainkan monyet di hutan ini. Satu hal yang paling penting, jangan membuang sampah sembarangan demi menjaga kebersihan hutan ini. Hal tersebut untuk menjaga kesucian pura yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Sangeh.

Tempat wisata alas pala sangeh ini juga digunakan sebagai tempat sesi foto praweding. Pada saat berkunjung, admin melihat ada yang melakukan sesi foto praweding di tengah hutan di bawah pohon pala yang menjulang tinggi, kemudian di depan pura dengan dikerumuni oleh puluhan monyet jinak. Sungguh pemandangan yang sangat unik dan langka.

Tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik, tempat wisata sangeh bali juga dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Hampir setiap hari ada saja wisatawan yang berkunjung di hutan pala ini untuk melihat keindahan dan keunikannya. Jika anda ingin berfoto supaya monyet berada di pundak kita, bisa meminta kepada petugas di sana. Nanti beliau akan membatu kita untuk membuat monyet naik ke pundak kita dengan cara memancingnya dengan makanan ringan. Disarankan jangan melakukannya sendiri dan harus memerlukan bantuan petugas di sana. Untuk menikmati keindahan dan keunikan hutan pala sangeh ini kita harus membayar biaya masuk sebesar Rp. 10.000 per orang untuk wisatawan domestik.
Tiket Masuk Ke Tempat Wisata Alas Pala Sangeh Badung Bali
Harga tiket masuk ke tempat wisata sangeh

Lokasi dan Cara Akses Wisata Alas Pala Sangeh

Lokasi tempat wisata alas pala sangeh berada di Jalan Brahmana, Banjar Brahmana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Dari pusat kota Denpasar hanya berjarak 23,9 km (48 menit perjalanan) dan dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak 35,7 km (70 menit perjalanan). Jarak dan waktu perjalanan dengan kendaraan bermotor berdasarkan versi Google Map.
Akses menuju tempat wisata Alas Pala Sangeh Bali sangatlah mudah karena jalan untuk sudah diaspal dengan sangat baik sekali. Berikut cara mengakses tempat wisata Alas Pala Sangeh dari Bandara Ngurah Rai. Begitu keluar dari kawasan bandara, ambil jalan ke By Pass Ngurah Rai menuju tempat wisata Patung Dewa Ruci di Simpang Siur lalu ke jalan Sunset Road lalu ke Jalan Raya Kerobokan kemudian ke Jalan Raya Padang Luwih kemudian ke Jalan Raya Penarungan terus ke Jalan Ciung Wanara. Tepat sebelah kiri jalan raya akan terdapat petunjuk arah menuju tempat wisata sangeh. Ikuti petunjuk arah tersebut maka akan diarahkan menuju tempat parkir yang sebelumnya harus membayar tiket masuk terlebih dahulu.
Sangeh Badung Bali
Petunjuk arah menuju tempat wisata Sangeh
Adapun objek wisata yang dekat dengan objek wisata alas pala sangeh yakni Taman Mumbul, Tanah Wuk, Bumi Perkemahan Blahkiuh, Goa Perjuangan Pengempu, dan Air Terjun Pengempu. Silahkan baca juga tempat wisata di Bali lainnya.
Iklan