free counter with statistics Air Terjun Tegenungan, Air Terjun Paling Terkenal di Bali
T11/05/2017

Air Terjun Tegenungan, Air Terjun Paling Terkenal di Bali

Iklan
Iklan
Bali Utara atau kabupaten Bueleleng merupakan surganya destinasi wisata air terjun. Di sini banyak sekali ada titik air terjun yang alami dan mempesona. Bahkan kabupaten buleleng memiliki titik air terjun terbanyak di bali. akan tetapi, air terjun yang paling terkenal di bali tidak terletak di bali utara, melainkan berada di kabupaten gianyar. Air terjun paling populer di bali ini berada di dua banjar yakni banjar blangsinga dan banjar tegenungan, sehingga ada yang menyebut air terjun ini dengan nama air terjun blangsinga atau air terjun srogsog blangsinga dan air terjun tegenungan. Akan tetapi air terjun ini lebih terkenal dengan nama air terjun tegenungan.



Kepopuleran air terjun tegenungan dipengaruhi oleh faktor jarak tempuh dan lokasi. Untuk menuju air terjun tegenungan dari Bandara Ngurah Rai hanya menempuh jarak sekitar 31,3 km atau dengan waktu tempuh sekitar 53 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor, sedangkan dari pusat kota Denpasar akan menempuh jarak sekitar 17,5 km atau dengan waktu tempuh 42 menit. Air terjun tegenungan merupakan air terjun yang paling dekat dengan bandara ngurah rai dan kota denpasar, sehingga pengunjung khususnya pengunjung dari luar negeri atau luar pulau bali yang melalui bandara ngurah rai akan menjadwalkan liburannya untuk mengeklpor air terjun ini.


Jika dilihat dari lokasi tempat air terjun ini berada, memang lokasinya sangat strategis. Di mana air terjun ini dekat dengan objek-objek wisata yang terkenal seperti pasar seni sukawati, pasar seni guwang, guwang hidden canyon, dan taman kupu-kupu kemenuh. Jika berlibur ke air terjun tegenungan, wisatawan bisa juga mampir ke pasar seni sukawati atau pasar seni guwang yang hanya berjarak sekitar 4,5 km. Di sini pengunjung bisa membeli cinderamata khas bali dengan harga yang murah meriah, tergantung pintar-pintar menawar harga. Objek wisata yang paling dekat dengan air terjun tegenungan adalah taman kupu-kupu kemenuh yang hanya berjarak sekitar 1,5 km. Di sini pengunjung dapat melihat ratusan jenis kupu-kupu yang lucu dan tentunya sangat cantik.
Air Terjun Tegenungan, Air Terjun Paling Populer di Bali
Air terjun tegenungan pada saat musih hujan

Air terjun tegenungan juga dekat dengan objek wisata yang sudah populer di kabupaten gianyar, seperti goa gajah, yeh pulu, ubud monkey forest, bukit cinta (campuhan), dan museum seni lainnya. Selain itu, air terjun ini juga satu jalur dengan objek wisata kintamani yang akan melalui objek wisata tirta empul atau objek wisata ceking rice terrace dan wisata safari gajah di taro.


Iklan juga sangat mempengaruhi ikut tenarnya air terjun tegenungan ini. Di mana ada salah satu perusahan jasa reservasi hotel atau resor secara online membuat iklan jasanya dengan mengambil latar belakang air terjun ini. Tentu ini sangat berpengaruh dengan jumlah kungjungan ke air terjun ini. Apalagi sekara era sosial media yang sangat cepat perkembangannya terutama media sosial instagram yang ikut juga mempromosikan keberadaan air terjun ini. Jika kita cari dipenelusuran di instagram dengan mengetikan kata kunci #baliwaterfall atau #waterfallbali maka akan muncul seseretan gambar-gambar air terjun yang ada di bali yang pernah di upload oleh pengguna instagram, salah satunya air terjun tegenungan. Jika kita sepsifik mencari kata kuncinya yakni dengan menggunakan #tegenungawaterfall maka akan terdapat 24.500 an kirimian publik. Ini merupakan kiriman publik terbanyak dalam kategori tempat wisata air terjun yang ada di pulau Bali.


Jadi jika kebetulan berlibur ke pulau bali dan ingin mencari tempat wisat air terjun yang dekat dengan kota denpasar, tidak salahnya untuk mengunjungi air terjun tegenungan ini. Akses menuju air terjun ini sangat mudah sekali lho. Lokasi air terjun Tegenungan berada di Jalan Ir. Sutami, Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Berapa meter dari area parkir pengunjung sudah bisa melihat keindahan air terjun ini. Fasilitas pendukung di air terjun ini sudah sangat memadai seperti jalan yang sudah diaspal, area parkir yang cukup luas, restoran dan toilet. Di bawah sungai sudah tersedia gazebo atau bale bengong dan spot befoto yang sangat keren. Pokoknya pengunjung tidak akan kecewa setelah mengunjungi air terjun ini.
Iklan