free counter with statistics Tempat Wisata Air Terjun Yang Ada di Gianyar Bali
T10/21/2017

Tempat Wisata Air Terjun Yang Ada di Gianyar Bali

Iklan
Iklan
Gianyar yang terkenal dengan sebutan bumi seni, tidak hanya terkenal akan keseniannya lho. Ada beberapa tempat wisata yang sangat menarik dan eksotis untuk anda kunjungi, mulai dari deretan pantai pasir hitam yang eksotis plus wisata kulinernya di pantai lebih, hingga keindahan alam perbukitan yang hijau di bukit cinta. Tidak hanya itu, kabupaten Gianyar juga memiliki objek wisata air terjun lho. Berikut beberapa air terjun yang ada di kabupaten ginayar yang perlu kamu ketahui.

1. Air Terjun Tegenungan
Air Terjun Tegenungan atau ada yang menyebutnya dengan nama Air Terjun Blangsinga, merupakan air terjun yang paling populer di Gianyar, bahkan di bali. Tidak mengherankan jika air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Selain karena memiliki view yang bagus, air terjun ini merupakan satu-satunya air terjun yang terdekat dengan kota Denpasar sekitar 30 km atau sekitar 30 menit dengan kendaraan bermotor. Selain itu, air terjun ini dekat dengan pasar Seni Sukawati dan Pasar Seni Guwang, sehingga sangat tepat sekali mengunjugni air terjun ini setelah membeli oleh-oleh khas bali di pasar seni. Di sekitar air terjun Tegenungan memiliki pemandangan yang cukup indah dengan pepohonan yang menghijau. Untuk mencapai di air terjun yang tingginya kurang lebih 40 meter itu, dari tempat parkir Anda harus menuruni ratusan anak tangga yang sudah tertata dengan baik. Anda juga harus menyusuri tepian Tukad (sungai) Petanu untuk melihat air terjun dari jarak yang lebih dekat. Lokasi air terjun ini berada di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati.
Tempat Wisata Air Terjun Tegenungan Gianyar
Air  Terjun Tegenungan
2. Air Terjun Kanto Lampo
Air Terjun Kanto Lampo merupakan air terjun yang baru di Bali dan sedang hits di sosial media. Keindahan dan pesona Air Tejun Kanto Lampo ini menjadi daya tarik tersendiri. Air terjun Kanto Lampo ini tergolong unik karena airnya yang jatuh tidak secara langsung menuju sungai. Air terjun ini agak miring dengan ketinggian kurang lebih 25 meter. Sebelum mencapai sungai, air yang jatuh akan menghantam bebatuan hitam yang tersusun acak sehingga menghasilkan cipratan air dari segala sisi. Seluruh permukaan dinding air terjun terbentuk dari batu batas berundag yang punya ruang berpijak atau berdiri. Objek wisata air Terjun Kanto Lampo berada di Banjar Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Kecamatan Gianyar. 
Tempat Wisata Air Terjun Kanto Lampo Gianyar
Air Terjun Kanto Lampo

3. Air Terjun Goa Rang Reng
Tempat wistata Air Terjun Goa Rang Reng mendadak menjadi terkenal, berkat bantuan media sosial yang mempublikasikan keindahannya. Bahkan saat weekend ataupun liburan, pengunjung yang datang bisa mebludak. Air Terjun ini terlihat unik sekilas mirip seperti Air Terjun Kanto Lampo, airnya mengalir pada sungai berbentuk tebing berundak, sehinga aliran airnya tidak terjun bebas ke bawah seperti air terjun pada umumnya. Banyak pengunjung yang memanfaatkan aliran air terjun ini untuk mandi diundakan-undakan tebing sungai yang tercipta alami tersebut. Lokasi air terjun Goa Rang Reng berada di Banjar Gitgit, Desa Babakan, Kecamatan Gianyar.

4. Air Terjun Petanu
Air terjun petanu ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi dan sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.  Di air terjun ini terdapat batu-batuan besar dan pohon yang cukup besar yang tumbuh subur berwarna hijau. Air terjun ini memiliki debit air sangat deras. Lokasi air terjun petanu berada di Banjar Sumampan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati.

5. Air Terjun Manuaba
Air terjun Manuaba ini termasuk tempat wisata air terjun baru yang berada di daerah kabupaten Gianyar. Air terjun manuaba memiliki keunikannya tersendiri, di mana airnya mengalir di antara tebing. Di bawahnya air terjun terlihat seperti kolam kecil. Aliran airnya juga jernih, sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan aliran air terjun ini untuk mandi. Wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini didominasi oleh warga lokal yang mengisi liburan. Lokasi air terjun manuaba terletak di Banjar Manuaba, Desa Kendran, Kecamatan Tegalalang.

Nah itu beberapa objek wisat air terjun yang berada di kabupaten Gianyar yang layak anda kunjungi jika sedang berliburan ke pulau dewata, khususnya ke kabupaten Gianyar. Jangan lupa siapkan kamera atau hanphone yang ada kameranya pada saat mengunjungi air terjun yang ada di kabupaten gianyar ini untuk mengabadikan momen-momen yang indah mengisi liburan. Silahkan baca juga tempat wisata bali yang lainnya di blog ini. Salam lontriper.

Update**
6. Air Terjun Titi Gong Gang
Air terjun ini memang tidak sepopuler air terjun lainnya yang ada di Gianyar, tetapi bagi ingin mencari air terjun yang sepi di daerah Gianyar, maka air terjun Titi Gong Gang dapat dijadikan tujuan wisata anda. Air terjun ini lokasinya dekat dengan Waterboom Bukit Jati lho, kita sempat mampir ke waterboom bukit jati, coba sempatkan mampir ke sini. Lokasi: Jalan Raya Bukit Jati, Samplangan, Gianyar.

7. Air terjun Apit Aungan Pejeng
Air terjun ini tidak banyak yang mengetahui keberadaannya. Admin mengetahui air terjun ini setelah menjelajah di Google Map, tanpa sengaja menemukan lokasi air terjun ini. Setelah admin lihat dari foto yang diunggah, air terjunnya tidak terlalu tinggi. Tetapi keunikan air terjun ini adalah terdapatnya aungan (goa) yang mengapit air terjun ini. Lokasi: Jalan Raya Pejeng Tampaksiring, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring.
Iklan