free counter with statistics Inilah 6 Desa Wisata Baru Di Tabanan
T9/22/2019

Inilah 6 Desa Wisata Baru Di Tabanan

Iklan
Iklan

Tabanan yang mendapat julukan sebagai “bumi lumbung padi” terus menggali potensi wisata yang dimilikinya. Selain mengembangkan objek wisata alam dan pantai, Tabanan juga mengembangkan objek wisata berbasis kemasyarakatan, sehingga memunculkan banyak desa wisata. Sebelumnya tabanan hanya memiliki 16 desa wisata yang sudah digarap oleh pemerintah Tabanan, kini ada tambahan lagi 6 desa wisata yang dikembangkan untuk menarik kunjungan wisatawan. Sehingga pada tahun 2018, Tabanan sudah tercatat memiliki 22 desa wisata yang sudah memiliki surat keputusan dari bupati Tabanan. Dengan adanya desa wisata ini diharapkan akan mampu menyedot kunjungan wisatawan ke Bali khususnya Tabanan, tentunya ini akan berdampak dengan kesejahteraan masyarakatnya yang akan meningkat.
Inilah 6 Desa Wisata Baru Di Tabanan
Perkebunan kelapa salah satu potensi desa wisata di Tabanan

Ke enam desa wisata yang dikembangkan pada tahun 2018 berada di kawasan Nira, Kopi, Salak dan Kelapa yang dikenal dengan sebutan Nikosake. Jadi desa wisata ini lebih menekankan agrobisnis berbasis kearifan lokal. Berikut 6 desa wisata baru di Tabanan pada tahun 2018 yang sudah siap menanti kunjungan para wisatawan.

1. Desa Wisata Wanagiri
Desa Wisata Wanagiri berada di bagian utara kaki gunung Batukaru. Lokasinya yang berada di pegunungan membuat desa wisata ini memiliki hawa udara yang sangat sejuk dan asri dengan pemandangan alam yang sangat indah. Tidak hanya memiliki pesona alam yang indah, Desa wisata yang berada di Kecamatan Selemadeg ini merupakan kawasan pertanian yang memiliki potensi untuk wisata agro. Di desa wisata wanagiri juga memiliki tempat wisata air terjun yakni air terjun Sanda dan air terjun Benben. Perjalanan menuju air terjun sangatlah cocok bagi wisatawan yang menyukai petualangan karena letaknya tersembunyi dan berada di medan perkebunan yang cukup curam dan harus menyebrangi sungai berbatu yang airnya cukup deras.

2. Desa Wisata Sanda
Desa wisata baru berikutnya di Tabanan berada di Kecamatan Pupuan yakni Desa Wisata Sanda. Desa wisata Sanda memiliki beberapa daya tarik wisata seperti areal persawahan yang menghijau, jalur tracking, areal perkebunan kopi Robusta, dan aneka produk lokal. Selain itu, di desa wisata ini juga ada air terjun yang bernama air terjun Sanda. Air terjun ini terletak tersembunyi dibawah tebing yang dikelilingi perkebunan kopi. Perjalanan menempuh air terjun ini sangat indah dengan pemandangan sawah terasering dikiri dan kanan jalan setapak yang telah dibeton.

3. Desa Wisata Munduk Temu
Potensi yang dimiliki oleh Desa Wisata Munduk Temu terdapat hamparan perkebunan kopi dan perswahaan cukup luas yang sangat cocok untuk kegiatan trekking. Desa yang berada di Kecamatan Pupuan ini juga memiliki destinasi wisata untuk berfoto selfie. Pesona terbaik pada saat menjelang sang surya terbit di timur atau terbenam di barat dengan cahaya kemerah-merahan dan perpaduan dengan hamparan sawah. Bagi yang ingin melakukan aktivitas outbound, desa wisata ini sangat cocok sebagai alternatif untuk wisata edukasi, wisata kemah, bahkan wisata trekking.

4. Desa Wisata Lumbung Kauh
Desa Wisata Lumbung Kauh berada di Kecamatan Selemadeg Barat. Desa wisata ini terkenal sebagai sentra penghasil kelapa. Tidak hanya kelapa desa ini juga memiliki komoditas lainnya seperti coklat, kopi, cengkeh dan hasil buah-buahan lainnya. Selain potensi perkebunan, desa wisata ini juga memiliki air terjun yang berlokasi di Dusun Nagasari yang bernama Air Terjun Pangkung Sangkti. Selain melihat pesona air terjun, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan trekking dengan melewati kebun coklat, kebun kopi,  dan menyeberangi sungai.

5. Desa Wisata Megati
Desa Wisata Megati terletak di kecamatan Selemadeg Timur. Desa wisata ini menawarkan hamparan persawahan yang menghijau dan terasering yang sangat indah yang sangat bagus untuk wisata trekking. Selain persawahan, Desa megati juga memiliki kebun kelapa diantara persawahan yang menghijau. Sore hari ketika sang surya akan tenggelam pesona persawahan di Desa Megati sangat memukau. Spot panorama persawahan yang keren berada di Banjar Sesandan yang terkenal dengan nama Sesandan Heritage.

6. Desa Wisata Bantiran
Desa wisata baru di Tabanan berikutnya berada di Kecamatan Pupuan yang bernama Desa Wisata Bantiran. Desa wisata ini memiliki potensi wisata berupa sektor pertanian dan perkebunan yang sangat bagus dikembangkan menjadi agrowisata yang kini mulai menjamur di Bali. Selain potensi tersebut, desa wisata Bantiran juga memiliki air terjun yang berlokasi di Banjar Ambang Bantiran.

Nah itu 6 desa wisata baru di Tabanan yang siap menyambut kunjungan wisatawan dengan potensi yang dimilikinya. Semoga ini dapat dijadikan rujukan bagi yang mencari desa wisata di Tabanan Bali. Salam longtriper.
Iklan