T8/29/2014

Sekilas Tentang Kabupaten Gianyar Bali

Sekilas Tentang Kabupaten Gianyar Bali => Kabupaten Gianyar adalah sebuah kabupaten di provinsi Bali, Indonesia. Daerah ini merupakan pusat budaya ukiran di Bali. Gianyar berbatasan dengan Kota Denpasar di barat daya, Kabupaten Badung di barat, Kabupaten Bangli di timur dan Kabupaten Klungkung di tenggara. Wilayah Kabupaten Gianyar dibagi menjadi 7 kecamatan, yaitu: Blahbatuh, Gianyar, Payangan, Tegallalang, Tampaksiring, Sukawati dan Ubud.

Peta Kabupaten Gianyar
Peta Kabupaten Gianyar

Kabupaten  Gianyar sebagai salah satu kabupaten dari 9 (sembilan) Kabupaten/Kota di Bali, oleh banyak kalangan dikenal sebagai “roh”nya Bali. Kabupaten ini kaya akan nilai-nilai adat istiadat, kesenian, keindahan alam, warisan purbakala dan kerajinan seni. Potensi ini juga membawa Gianyar berpredikat sebagai gudang seniman. Sejarahpun telah membuktikan kalau Gianyar banyak melahirkan maestro seni, baik seni patung, seni lukis, seni tabuh, seni tari dan sebagainya. Warisan seni dan budaya yang tak ternilai itupun hingga kini masih berkembang seiring semangat ngayah masyarakat Gianyar dalam pengebdiannya sebagai insan ciptaan Tuhan.

Gianyar  juga terkenal dengan objek-objek wisata. Misal kawasan wisata Goa Gajah, Tampak Siring, Gunung Kawi, Kawasan Wisata Gajah di Desa Taro, Bali Zoo Park, pusat-pusat perbelanjaan kerajinan seni, seperti Pasar Seni Sukawati dan Guang serta berbagai obyek wisata lainnya. Demikian juga aktivitas agama, adat dan budaya, sudah menjadi keseharian masyarakat Gianyar, hingga menarik bagi wisatawan sebagai atraksi wisata budaya.

Untuk hasil pertanian, kabupaten bumi seni ini tidak kalah dengan kabupaten lainnya. Hingga kini Gianyar masih mampu mempertahankan produksi beras dan hasil komoditi pertanian lainnya. Keseniannya ini tentu tak lepas dari kerja keras pemerintah dan masyarakat yang memiliki semangat tinggi untuk membangun.

Adapun objek wisata yang terkenal di kabupaten Gianyar yakni Pasar Seni Sukawati, Goa Gajah, Pura Gunung Kawi, Desa Wisata Ubud, dan Desa Celuk sebagai sentra kerajinan perak.

0 Response to "Sekilas Tentang Kabupaten Gianyar Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif