free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Siyut Gianyar
T10/13/2015

Tempat Wisata Pantai Siyut Gianyar

Iklan
Iklan
Bali merupakan salah satu Propinsi di Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Pulau Bali terkenal akan keindahan alamnya, baik itu keindahan alam pantainya maupun keindahan objek wisata alam lainnya seperti keindahan alam pegunungan di kintamani dan jati luwih. Banyak terdapat pantai-pantai yang mampu menarik kunjungan wisatawan untuk datang ke Bali, baik itu wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Dari sekian banyak pantai yang ada di Bali terdapat salah satu pantai yang menarik para peselancar untuk berkunjung karena ombaknya yang cukup besar untuk bermain surfing yaitu Pantai Siyut.

Tempat Wisata Pantai Siyut Gianyar
Pantai Siyut Gianyar
Pantai Siyut merupakan pantai milik Kabupaten Gianyar, tepatnya berada di Banjar Siyut, Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar dan merupakan daerah perbatasan antara Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Gianyar. Untuk mengakses pantai ini sangatlah mudah karena lokasinya dekat dengan Pantai Lebih yang terkenal akan wisata kuliner sefoodnya. Pantai ini berada antara Pantai Tegal Besar (Klungkung) dan Pantai Lebih (Gianyar). Untuk menuju lokasi ini memerlukan jarak kurang lebih 8 km dari Kota Gianyar dan 6 km dari Kota Semarapura.

Jika Anda datang dari kawasan Bandara Ngurah Rai maka aksesnya harus melalui Jalan By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra agar lebih dekat. Untuk menuju kawasan ini memerlukan waktu 55 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai dan memerlukan waktu kurang lebih 35 menit dari Kota Denpasar dengan kendaraan bermotor.

Hampir pantai yang ada di sepanjang jalan By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra memiliki pasir berwarna hitam yang berkilau jika terkena paparan sinar matahari. Begitu juga dengan pantai Siyut juga memiliki pasir berwarna hitam berkilau dengan ombak yang besar sehingga menambah keindahan pantai ini. Suasana di pantai Siyut masih alami dengan latar belakang pemandangan sawah-sawah yang membentang dan deretan pohon nyiur disepanjang jalan.

Dari pantai Siyut pengunjung bisa menyaksikan indahnya matahari terbit (sunrise) pada saat sang surya menampakan diri di ufuk timur. Pantai ini ramai dikunjungi pada saat sore hari, hari raya dan hari-hari libur. Selain itu, pantai ini juga sering dijadikan tempat upacara keagamaan seperti upacara melasti dan Ngaben. Di Pantai Siyut ini anda dapat melakukan kegiatan surfing, memancing, bermain bola dan bersantai bersama keluarga dan teman. Perlu diperhatikan, arus laut di pantai ini sangat besar, jadi kalau ingin mandi harap berhati-hati.

Untuk Kebersihan Pantai Siyut ini dikelola atas swadaya masyarakat sekitar pantai. Adapun mata pencaharian penduduk sekitar, selain berdagang, mereka menjadi nelayan dan petani. Hal ini jelas terlihat dengan bentangan sawah yang luas serta perahu-perahu nelayan yang berjejer dipinggir pantai. Pantai Siyut difasilitasi dengan area parkir yang luas dan warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Jika Anda ingin menikmati makanan khas lautnya, silahkan datang ke Pantai Lebih yang lokasinya tidak jauh dengan Pantai Siyut dan tentunya masih dalam satu garis pantai dengan Pantai Lebih.


Silahkan persiapkan diri untuk mengisi liburan Anda, untuk mengunjungi Pantai Siyut. Objek wisata yang dekat dengan pantai siyut selain Pantai Lebih yakni Bali Safari dan Marine Park dan Taman Bali Nusa. 
Iklan