T8/07/2012

Sekilas Tentang Kabupaten Klungkung Bali

Sekilas Tentang Kabupaten Klungkung Bali => Kabupaten Klungkung terkenal dengan makanan khasnya yaitu “serombotan”, sehingga kabupaten Klungkung terkenal dengan nama “bumi serobotan”. Kabupaten Klungkung merupakan kabupaten yang terkecil dari 9 (sembilan) kabupaten dan kodya yang ada di Bali. Jika dilihat dari letak astronomisnya, kabupaten Klungkung terletak diantara 115 ° 27 ' - 37 '' 8 ° 49 ' 00 ''.

Peta Kabupaten Klungkung Bali
Peta Kabupaten Klungkung

Adapun batas-batas wilayah kabupaten Klungkung adalah sebagai berikut, disebelah utara berbatasan dengan kabupaten Bangli, sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Karangasem, sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Gianyar, dan sebelah selatan berbatasan dengan samudra Indonesia (samudara Hindia). Luas wilayah kabupaten Klungkung sebesar 315 km² dan memiliki empat kecamatan yakni: Kecamatan Klungkung, Banjarangkan, Dawan dan Nusa Penida.

Kabupaten yang terletak di timur pulau Bali ini,  sepertiga wilayahnya (112,16 km²) terletak pulau Bali dan sisanya dua pertiganya (202,84 km²) lagi merupakan kepulauan yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Kabupaten Klungkung merupakan dataran pantai sehingga potensi perikanan laut dan sebagai sentra budidaya rumput laut, sehingga sebagian besar pendudunya sebagai nelayan dan petani rumput laut. Panjang pantainya sekitar 90 km yang terdapat di Klungkung daratan sepanjang 20 km dan di  Kepulauan Nusa Penida sepanjang 70 km.

Permukaan tanah di kabupaten Klungkung pada umumnya tidak rata, bergelombang bahkan sebagian besar berupa bukit-bukit terjal yang kering dan tandus. Hanya sebagian kecil saja merupakan dataran rendah.Tingkat kemiringan tanah diatas 40 % (terjal) adalah seluas 16,47 Km2 atau 5,32 % dari Kabupaten Klungkung. Bukit dan gunung tertinggi bernama Gunung Mundi yang terletak di Kecamatan Nusa Penida.

Objek wisata yang tekenal di Kabupaten Klungkung yaitu Pulau Lembongan, Pura Goa Lawah, Goa Jepang, Kerta Gosa, Padang Bay, dan kerajinan seni uang kepeng di Kamasan. Selain itu masih banyak objek wisata lainnya yang belum dipublikasikan.

0 Response to "Sekilas Tentang Kabupaten Klungkung Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif