T12/15/2015

Tempat Wisata Pasar Seni Guwang Sukawati Bali

Bingung mencari oleh-oleh khas Bali dengan harga murah meriah pada saat berliburan ke Bali? Coba Anda berbelanja ke pasar seni Guwang (Guwang Art Market). Lokasinya sangat strategis. Jika Anda kebetulan melakukan perjalanan tour ke arah objek wisata penelokan Kintamani ataupun pura Besakih, tidak salahnya mengunjungi lokasi ini karena rutenya searah sehingga tidak banyak waktu yang terbuang. Walaupun pasar seni Guwang tidak sepopuler pasar seni Sukawati, akan tetapi barang-barang yang dijual di pasar seni Guwang ini sama seperti yang dijual di pasar seni Sukawati. Oleh karena itu, pasar seni ini dijadikan sebagai tempat altenatif untuk membeli oleh-oleh khas Bali jika pasar seni Sukawati penuh sesak dengan pembeli. Bahkan pasar Seni Guwang dikatakan sebagai pasar Seni Sukawati Kedua.
Tempat Wisata Pasar Seni Guwang Sukawati Bali
Pasar Seni Guwang Sukawati
Di tempat wisata pasar seni Guwang kita dapat membeli aneka barang-barang kerajinan khas Bali dan harganya murah meriah tentunya tak akan membuat “jebol” kantong Anda. Adapun barang-barang kerajinan yang bisa dibeli di pasar seni ini yakni lukisan, patung kayu, tas anyaman, dan barang kerajinan lainnya. Selain itu kita juga bisa membeli pakaian dan aksesoris lainnya seperti kaos, sandal, tas, bed cover, celana, dan kalung tentunya dengan corak dan motif yang sangat unik dan khas, yakni bercorak dan bermotif Bali. Dari sekian banyak barang yang dijual di sini, yang sering dicari oleh pengunjung di pasar seni Guwang ini adalah kaus barong. Harga barang- barang yang dijual di sini tidak jauh berbeda dengan pasar seni sukawati dan toko atau swalayan yang menjual oleh-oleh khas bali, bahkan terkadang harganya lebih murah di pasar seni Guwang.

Tidak seperti pasar modern (swalayan) yang sudah mematok harga dan tidak boleh tawar menawar, pasar seni Guwang dapat dikatakan sebagai pasar seni tradisional, di mana pembeli bisa tawar menawar dengan pedagang untuk menentukan harga yang cocok. Walaupun barang yang dijual di sini harganya lebih murah, bukan berarti tidak ada proses tawar menawar. Kalau bisa membeli lebih murah kenapa tak ditawar saja, prinsip itu benar-benar diterapkan oleh para pengunjung. Karena pengunjung sering menawar barang maka para pedagang membuka harga barang dagangannya cukup tinggi.

Tips bagi Anda yang ingin berbelanja di pasar seni Guwang agar dapat membeli barang dengan harga lebih murah, Anda harus datang lebih pagi karena banyak para penjual yang menjual barang-barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan ketika pasar sudah dalam kondisi ramai. Demi mendapatkan harga yang lebih murah, wisatawan rela datang dan menunggu walaupun pasar itu belum dibuka. Ketika membeli barang cobalah memberikan penawaran sebesar 50% di awal. Memang sangat sulit mendapatkan kesepakatan harga jika anda menawar segitu, tetapi biasanya harga kesepakatan tercapai kurang dari 50% dari yang diajukan oleh penjual.

Untuk mendukung kegiatan pariwisata di pasar seni Guwang maka pemerintah menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti area parkir luas yang mampu menampung puluhan mobil dan bus pariwisata. Selain itu juga terdapat ATM dari berbagai jenis Bank, toilet umum dan beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman di area parkir Pasar Seni Guwang. Terdapat pohon perindang di areal pasar, sehingga pada saat lelah bisa beristirahat dengan suasana yang teduh.

Lokasi dan Cara Akses Pasar Seni Guwang

Loaksi Pasar Seni Guwang berada di Banjar Cemengaon, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasi pasar ini berdekatan dengan pasar Seni Sukawati, hanya berjarak 1 km saja. Dari kota Denpasar hanya berjarak 14 km, sedangkan dari Bandara Ngurah Rai hanya berjarak 27 km atau waktu tempuh 44 menit dengan kendaraan bermotor. Adapun rute dan tempat wisata yang bisa dikunjungi selama perjalanan menuju pasar seni Guwang sebagai berikut.

Begitu Anda keluar dari bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Tol Bali Mandara kemudian ke jalan By Pass Ngurah Rai hingga ke Patung Titi Banda. Dari Patung Titi Banda ke timur menuju jalan By Pass Ida Bagus Mantra, tepat di perempatan Desa Ketewel belok ke kiri menuju jalan Raya Ketewel dan jalan Raya Guwang. Setelah menemukan pertigaan yang ada patung garuda lurus saja, nanti akan menemukan plang yang bertuliskan “Pasar Seni Guwang (Guwang Art Market)” di bawah pohon beringin.

Adapun objek wisata yang bisa dikunjungi selama perjalanan menuju pasar seni Guwang yakni pantai di kawasan Sanur, Patung Titi Banda, Monumen Gong Perdamaian, Pantai Biaung, Pantai Lembeng, dan Pantai Gumicik Ketewel. Jika Anda ingin menikmati wisata tantangan, tidak jauh dari lokasi pasar seni Guwang terdapat ngarai tersembunyi yang bernama “Hidden Canyon Tukad Beji Guwang” dengan panjang ngarai mencapai 700 meter.

0 Response to "Tempat Wisata Pasar Seni Guwang Sukawati Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif