T2/24/2016

Tempat Wisata Hidden Canyon Tukad Beji Guwang Sukawati

Anda bosan menjajal tempat wisata pantai di Bali? Bali tidak hanya memiliki objek wisata pantai, tetapi memiliki objek wisata unik lainnya. Jika Anda kebetulan berlibur ke Pulau Bali tidak salahnya mengunjungi objek wisata ngarai tersembunyi di kabupaten Gianyar. Tempat wisata tantangan ini bernama Ngarai Tersembunyi Tukad Beji Guwang dan wisatawan asing menyebut lokasi ini dengan nama Hidden Canyon Tukad Beji Guwang.

Ngarai ini berada di sebuah sungai yang bernama Tukad Beji. Sungai ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mandi karena aliran sungainya jernih. Sebelum menjadi objek wisata, dulunya sungai ini dijadikan sebagai spot untuk memancing. Di sungai ini terdapat sebuah tempat suci yang bernama Pura Beji, sekaligus menjadi cikal bakal nama dari tukad tersebut. Di pura tersebut terdapat pancuran yang airnya sering digunakan oleh warga sekitar untuk kebutuhan minum dan untuk membuat air suci untuk keperluan upacara di pura-pura sekitar. Semenjak ngarai ini menjadi tempat wisata, warga sekitar tidak dizinkan memancing ikan di sungai tersebut. Bahkan agar kelihatan benar-benar alami, penduduk setempat bersama desa adat menebar benih ikan di tukad tersebut. Tidak heran jika kita mengunjungi lokasi ini akan melihat ikan berenang bebas di sungai ini.
Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati Bali
Hidden Canyon Tukad Beji Guwang


Tempat wisata Hidden Canyon Tukad Beji Guwang ini dikelola oleh desa adat setempat. Pengunjung tidak dipungut bayaran untuk mengunjungi lokasi ini, tetapi membayar donasi secara sukarela untuk menunjang pembangunan fasilitas di objek wisata ini, seperti tangga untuk turun ke sungai dan toilet. Untuk mencapai ngarai tersebut, terlebih dahulu Anda harus menyusuri Tukad Beji yang berlawanan dengan arus sungai. Sebelum mencapai sungai Anda harus menuruni beberapa anak tangga yang lumayan banyak.
Tempat Wisata Hidden Canyon Tukad Beji Guwang
Tukad Beji Guwang

Jika Anda pertama kali mengunjungi lokasi ini, jangan coba-coba untuk menyusuri sungai ini tanpa pemandu dari warga setempat. Selain rutenya yang panjang mencapai 700 meter, sungai ini juga memiliki batu-batu yang licin. Terkadang tanpa pemandu kita akan kebingungan mencari rute. Pemandu di objek wisata ini direkrut dari warga sekitar yang benar-benar tahu akan seluk beluk lokasi ini dan benar-benar tahu mana jalan yang akan dapat dilalui dan yang mana tidak bisa dilalui.

Sepanjang perjalanan kita akan melihat airan sungai yang jernih yang mengalir di celah bebatuan. Dengan melewati beberapa bebatuan Anda akan melihat ngarai yang sungguh indah dengan ketinggian mencapai 20-30 meter.  Dalam perjalanan menuju ngarai yang diinginkan kita harus melewati aliran sungai kecil dan memanjat beberapa tebing kecil untuk berpindah tempat. Saat melewati medan bebatuan dengan berjalan kaki, bagi yang belum terbiasa akan kesulitan terutama melewati batu yang licin. Di sepanjang sungai ini terdapat tiga titik ngarai yang memiliki pemandangan yang indah. Untuk mencapai ngarai terakhir Anda harus siap-siap basah karena medannya sangat sulit dan melewati kubangan air. Perjalanan yang menguras tenaga ini akan terbayar dengan panorama yang memukau.
Tempat Wisata Hidden Canyon Beji Guwang
Tebing di Tukad Beji Guwang

Pengunjung di objek wisata ini tidak hanya dari wisatawan lokal tetapi dari luar daerah Bali bahkan wisatawan asing juga mengunjungi lokasi ini. Sebagian besar pengunjung yang mengunjungi tempat wisata ini akan menggunakan keindahan pemandangan ngarai sebagai latar belakang dari foto. Disarankan untuk mengunjungi lokasi ini pada musim kemarau, karena pada musim hujan sungai ini airnya sangat deras dan sulit menyusurinya. Akan sangat pas jika berkunjung pada pagi atau siang hari sekitar pukul 09.00 – 14.00. Jangan berkunjung terlalu sore karena saat mencapai ngarai ke tiga, jalan yang kita lalui sudah mulai gelap dan untuk kembali ke tempat parkir sangat sulit walaupun dengan pemandu. Untuk mencapai area parkir tidak perlu harus menyusuri sungai lagi, tetapi melewati area persawahan dengan pemandangan alamnya sungguh asri.
Hidden Canyon Beji Guwang
Tukad Beji Guwang

Disarankan juga untuk berpakaian dan bersikap yang sopan ketika mengunjungi tempat ini, karena area ini termasuk area yang disakralkan oleh warga setempat. Setiap pengujung untuk selalu menjaga kebersihan dari obyek wisata ini, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Anda tak perlu repot membawa terlalu banyak bekal karena di area parkir terdapat penjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Lokasi dan Cara Akses Hidden Canyon Tukad Beji Guwang

Letak atau lokasi ngarai tersembunyi (hidden Canyon) Tukad Beji Guwang berada di desa Guwang Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali. Dari kota Gianyar hanya menempuh jarak 15 km, dari kota Denpasar hanya menempuh jarak 14 km, dan dari bandara Ngurah Rai hanya berjarak 29 km atau dengan waktu tempuh hanya 47 menit perjalanan dengan kendaraan. Adapun rute perjalanan dari bandara menuju ngarai tersembunyi tukad beji guwang yakni sebagai berikut. Dari Bandara Ngurah Rai arahkan kendaraan Anda ke jalan tol Bali Mandara menuju by pass Ngurah Rai hingga ke patung titi banda. dari patung titi banda arahkan kendaraan anda menuju jalan by pass Ida Bagus Mantra hingga menemukan perempatan di desa ketewel kemudian belok ke kiri menuju jalan raya Ketewel dan jalan Raya Guwang. Tepat di di sebelah kanan jalan akan ada pertigaan yang terdapat sebuah patung garuda. Di patung garuda belok ke kanan, kira-kira lagi 750 meter dari patung garuda akan menemukan sebuah Pura Dalem yang memiliki area parkir yang cukup luas dan Anda sudah sampai di parkiran Hidden Canyon Tukad Beji Guwang.
Hidden Canyon Tukad Beji Guwang
Hidden Canyon
Sumber gambar: Dwi Saputra

Adapun objek wisata yang dekat dengan hidden canyon Tukad Beji Guwang yakni pasar seni Guwang, pasar seni Sukawati, pantai Ketewel (yang meliputi pantai Manyar, pantai kubur dan pantai gumicik), objek wisata Desa Celuk dengan kerajinan peraknya, dan objek wisata Desa Batubulan yang setiap hari menyajikan atraksi Tari Barong.

0 Response to "Tempat Wisata Hidden Canyon Tukad Beji Guwang Sukawati"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif