free counter with statistics Tempat Wisata Pura Besakih Bali
T9/04/2014

Tempat Wisata Pura Besakih Bali

Iklan
Iklan
Besakih merupakan nama sebuah desa yang ada di Kabupaten Karangasem. Di desa Besakih ada sebuah pura yang namanya disesuaikan dengan lokasi tempat pura itu berada, yakni Pura Besakih. Pura Besakih merupakan pura terbesar di Bali. Pura Besakih merupakan kumpulan beberapa pura yang ada di kawasan tersebut.

Tempat Wisata Pura Besakih Bali
Pura Besakih
Pura yang bediri di bagian barat lereng gunung Agung ini memiliki keindahan tersendiri. Dari Pura Besakih kita bisa menyaksikan bali selatan dengan laut lepasnya, menawarkan kepada Anda pemandangan indah dan bangunan pura menawan yang mengelilingi komplek pura ini.

Rute Menuju Pura Besakih

Untuk mengakses pura besakih ini sangat mudah. Jika dari area Kuta atau bandara Ngurah Rai, dibutuhkan kira-kira 2 jam untuk sampai di kawasan Pura Besakih. Cukup menuju ke timur ke arah Sanur (jln Bypas Ngurah Rai), kemudian lanjut ke Bypass Prof Ida Bagus Mantra. Lalu di jalan menuju ke Pantai Lepang belok ke utara menuju kota Semarapura. Di kota semarapura Anda juga bisa menikmati objek wisata Kerta Gosa sebelum melanjutkan perjalanan ke Besakih. Dari kawasan Kerta Gosa (Kabupaten Klungkung), maka Besakih berjarak sekitar 20 kilometer di utara kota Semarapura.


Sepanjang perjalanan dari Kabupaten Klungkung menuju Besakih Anda akan menemukan satu objek wisata yang tidak kalah menariknya yaitu Objek Wisata Bukit Jambul yang berada di perbatasan antara Kabupaten Karangasem dengan kabupaten Klungkung. Jadi rute yang dilalui jika dari Kuta yakni: Kuta (bandara Ngurah rai) à Sanur (Bypas Ngurah Rai) à Bypass Prof Ida Bagus Mantra à Kota Semarapura à Bukit Jambul à Besakih.

Jika Anda mengaksesnya dari Denpasar bagian utara dengan mobil maka jarak yang ditempuh adalah sekitar 25 kilometer dengan melewati rute Denpasar à Ubud à Kota Gianyar à Kota Semarapura à belok ke kiri meuju Bukit Jambul à Besakih.

Namun, jika mengaksesnya dari Bali bagian timur seperti di Tirta Gangga, Taman Sukasada Ujung, Pantai Candidasa, atau Pantai Amed, Anda dapat mencapai Besakih dengan mengambil jalan pedalaman yang lebih kecil dari Kota Amlapura (ibu kota Karangasem). Jalur ini akan membawa Anda ke pertigaan antara Besakih dan Klungkung di Kecamatan Rendang, kemudian berbelok ke kanan untuk mencapai Pura Besakih. Rute yang di lalui Kota Amlapura à Desa Sibetan à Desa Selat à Desa Muncan à Desa Menanga (belok ke kanan) à Desa Besakih.

Jika Anda mengaksesnya dari Kota Amlapura akan ditempuh selama satu jam perjalanan. Selama satu jam perjalanan tersebut Anda tidak akan bosan karena sepanjang perjalanan Anda bisa menikmati alam pedesaan yang indah dengan kebun salak di pingir jalan, melalui hutan, desa, dan sawah. Jalur ini Anda akan menemukan wisata Argo Sibetan yang terkenal dengan salak sibetannya. Jika Anda ingin berhenti sesaat di salah satu desa, Anda akan melihat bagaimana penduduk setempat hidup, dan belajar sedikit tentang rumah mereka yang unik.

Jika Anda sudah sampai di Desa Besakih, ada banyak warung pinggir jalan di sepanjang jalan setapak sebelum Anda mencapai pintu gerbang komplek pura. Untuk mencapai komplek pura Besakih, Anda harus berjalan di sebuah jalan setapak kira-kira 200 meter. Di kedua sisi jalan, Anda akan menikmati pemandangan yang indah, dan merasakan angin menerpa kulit dan rambut Anda dalam perjalanan ke kuil. Jika tidak, Anda dapat memilih untuk menyewa sepeda motor yang ditawarkan oleh penduduk setempat. Ingat siapkan kamera atau HP dengan kualitas yang bagus untuk mengabadikan momen-momen penting selama Anda berliburan ke Besakih.
Iklan