free counter with statistics Inilah 29 Desa Wisata Di Bangli Bali Pada Tahun 2018
T11/02/2018

Inilah 29 Desa Wisata Di Bangli Bali Pada Tahun 2018

Iklan
Iklan

Pulau Bali terkenal akan panorama pantai pasir putihnya yang sudah melegenda keindahannya hingga ke luar negeri, misalnya ada Pantai Kuta dengan pesona matahari terbenamnya, Pantai Sanur dengan panorama matahari terbitnya, Pantai Dreamland dengan pemandangan tebing karang yang indah, dan Pantai Jimbaran yang terkenal dengan kuliner khas ikan lautnya. Hampir semua kabupaten dan kota di Bali menawarkan pesona pantainya sebagai objek wisata yang mampu menarik kunjungan turis untuk datang ke Bali, kecuali Kabupaten Bangli. Kabupaten yang berada di tengah-tengah Pulau Bali merupakan satu-satunya kabupaten di Bali yang tidak berbatasan langsung dengan laut sehingga tidak memiliki tempat wisata pantai seperti kabupaten lainnya di Bali. 

Inilah 29 Desa Wisata Di Bangli Bali Pada Tahun 2018



Walaupun kabupaten Bangli tidak memiliki tempat wisata pantai, bukan berarti Bangli tidak memiliki objek wisata. Justru di Bangli banyak sekali terdapat destinasi wisata, bahkan ada beberapa objek wisata sudah menjadi andalan pariwisata provinsi Bali karena populer dan terkenal hinggga ke luar negeri. Untuk mengembangkan potensi wisata yang dimiliki kabupaten Bangli, maka pemerintah setempat mengembangkan desa wisata untuk menarik minat para turis untuk berkunjung ke Bangli. Tidak tanggung-tanggung, pada tahun 2018 pemerintah Bangli sudah mengembangkan 29 desa wisata yang nantinya diharapkan mampu mendongkrak perkenomian masyarakat Bangli di bidang pariwisata. Pada tahun 2018, Bangli memiliki desa wisata terbanyak di Bali. Berikut 29 desa wisata yang ada di Bangli yang bisa dijadikan tujuan wisata anda ke Bangli.

1. Desa Wisata Terunyan
Keunikan dari Desa Wisata Terunyan terletak pada potensi wisata budayanya. Di desa ini ada tradisi “penguburan terbuka” yang berada di tempat yang terisolasi, tentunya sangat jauh dari permukiman penduduk yang berada di seberang Danau Batur. Lokasi: Desa Terunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

2. Desa Wisata Bayung Gede
Desa Bayung Gede memiliki tradisi unik dalam hal menguburkan ari-ari (tali pusar) bayi yang baru lahir. Jika pada umumnya tali pusar bayi ditanam di tanah, di desa ini ditempatkan di batok kelapa dan digantungkan di pohon pada “setra” (kuburan) khusus yang terletak di belakang desa dan tradisi menaruh ari-ari di dalam batok kelapa ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Lokasi: Desa Bayung Gede, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

3. Desa Wisata Kintamani
Desa Wisata Kintamani lebih mengandalkan potensi wisata alamnya, terutama hutan pinus yang berada di banjar Gelagah Linggah tepatnya di Jalan Manikliyu – Kintamani. Hutan pinus ini menjadi spot foto selfie yang populer sekarang, bahkan digunakan juga untuk spot foto praweding. Jalan Manikliyu – Kintamani seolah membelah hutan pinus, berada di tengah hutan, terlihat cantik dan masih sepi lalu lintas, sehingga pemandangan jalan di tengah hutan bisa menjadi spot untuk foto selfie. Lokasi: Desa Kintamani, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

4. Desa Wisata Belandingan
Desa Wisata Belandingan memiliki potensi  berupa pesona alam yang indah serta budaya masyarakatnya yang unik. Terdapat beberapa   bukit   dengan   pemandangan   pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur serta Laut Bali. Selain itu,  desa ini juga memiliki budaya yang sangat unik yaitu tarian adat yang hanya dipentaskan saat upacara adat dan memiliki rumah adat  yang bernama  Rumah  Saka Roras (rumah adat Bali yang memiliki 12 tiang penyangga). Lokasi: Desa Belandingan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

5. Desa Wisata Pinggan
Desa Wisata Pinggan terkenal wisata alamnya berupa pesona sebuah desa di atas awan di pagi hari yang dikenal dengan nama Bukit Cinta Pinggan. Selain itu, Bukit Cinta Pinggan merupakan tempat tebaik untuk menikmati indahnya sunrise dengan latar belakang tiga gunung (Gunung Batur, Gunung Abang, dan Gunung Agung) yang diselimuti kabut pada bagian pertengahan gunung. Lokasi: Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

6. Desa Wisata Abang Songan
Desa wisata ini memiliki pesona alam yang sangat indah dengan pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur. Di sini juga terdapat tempat wisata pendakian Gunung Abang yang memiliki ketinggian 2152 m yang berupa hutan basah dan cemara. Gunung Abang kini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan khususnya wisatawan yang tertarik melihat pesona sunset dari puncak gunung. Pesona pagi hari di kawasan puncak Gunung Abang sangat keren dengan sajian pesona Gunung Batur yang diselimuti awan putih dan yang kelihatan hanya puncaknya saja. Lokasi: Desa Aban Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

7. Desa Wisata Abang Batudinding
Desa Wisata Abang Batudinding lebih menonjolkan pesona alamnya yang sangat indah. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan pesona Danau Batur dan Gunung Batur dari sebuah ketinggian dan juga memiliki kawasan hutan pinus yang sangat mempesona untuk sekedar berfoto-foto. Lokasi: Desa Abang Batudinding, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

8. Desa Wisata Songan A
Desa Wisata Songan A memiliki tempat wisata pendakian Gunung Batur dengan ketinggian 1717 meter dari permukaan laut. Gunung Batur merupakan spot untuk melihat sunrise yang sangat populer di Kintamani. Tempat wisata lainnya di desa ini yakni Njung Bali Camp yang menyediakan tempat camping atau kemah yang sangat asik di Kintamani Bali. Tempat ini dilengkapi dengan taman-taman yang sangat cantik yang berada di pinggir danau batur. Lokasi: Desa Songan A, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

9. Desa Wisata Songan B
Desa Songan B berada di pinggir danau terbesar di Bali, yaitu Danau Batur. Pesona Danau Batur dan Gunung Batur yang menjadi daya tarik wisatawan di desa ini. Selain itu, desa ini juga memiliki tempat wisata spiritual di Pura Ulun Danu Batur Songan. Uniknya, di desa ini memiliki sebuah patung yang tingginya mencapai 15 meter yang berada di pinggir Danau Batur yang bernama Patung Dewi Danu yang akan menjadi ikon pariwisata Kintamani. Lokasi: Desa Songan B, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

10. Desa Wisata Kutuh
Desa Wisata Kutuh memiliki objek agrowisata jeruk Kintamani yang terkenal juga memiliki potensi alam yang sangat indah dengan perbukitan dan air terjun dengan ketinggian mencapai 40 meter. Bagi yang ingin menikmati pesona air terjun di Desa Kutuh, butuh stamina fit agar sampai di lokasi, karena akses menuju lokasi hanya berupa jalan setapak yang akan disuguhi dan dimanjakan pemandangan alam yang indah dan masih asri dan udara juga cukup sejuk. Lokasi: Desa Kutuh, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

11. Desa Wisata Kedisan
Desa Wisata Kedisan menyuguhkan pesona keindahan lava padat yang di Geoiste Lava Tumuli Gunung Batur, tempat yang sangat bagus untuk berfoto selfie bahkan bagus juga untuk sesi foto praweding. Bagi yang ingin belajar dan mengenal tentang gunung api, di desa ini juga terdapat museum vulkanologi Batur. Lokasi: Desa Kedisan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

12. Desa Wisata Suter
Desa Wisata Suter memiliki kawasan objek wsiata hutan pinus yang sangat indah. Tidak hanya menyuguhkan pesona hutan pinusnya, desa ini juga spot melihat panorama danau Batur yang sangat spektakuler dari ketinggian desa. Lokasi: Desa Suter, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

13. Desa Wisata Buahan
Desa Wisata Buahan juga menawarkan pesona panorama Danau Batur dari atas perbukitan ditambah indahnya hutan pinusnya. Lokasi: Desa Buahan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

14. Desa Wisata Sukawana
Di desa wisata Sukawana terdapat cagar budaya yang berada di Pura Puncak Penulisan. Tempat suci umat Hindu ini merupakan peninggalan sejak jaman Megalitikum. Dari sejarah berdirinya menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang menyukai perjalanan wisata sejarah di Bali. Selain memiliki wisata sejarah, desa wisata ini juga memiliki potensi wisata air terjun. Bahkan di sini terdapat dua buah air terjun. Uniknya lagi di masing-masing Air Terjun tersebut, terdapat mata air panas yang tak kalah menariknya. Lokasi: Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

15. Desa Wisata Batur Utara
Potensi wisata yang dimiliki oleh Desa Wisata Batur Utara yakni pesona keindahan Gunung Batur yang menjulang tinggi dan panorama Danau Batur yang sangat memukau mata yang terkadang diselimuti kabut yang agak tipis. Lokasi: Desa Batur Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

16. Desa Wisata Batur Tengah
Desa Wisata Batur Tengah memiliki objek wisata yang sanga populer yakni tempat wisata Penelokan dan tempat wisata pemandian air panas yang menjadi incaran para traveler karena keindahan yang disuguhkannya. Lokasi: Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

17. Desa Wisata Batur Selatan
Desa Wisata Batur Selatan memiliki potensi wisata alam yang sangat populer dengan keindahan Danau Batur dan Gunung Batur. Selain pesona alam yang memukau, desa wisata ini juga memiliki tempat wisata Pura Ulun Danu Batur dan Pura Bukit Mentik. Selain itu, desa ini juga memiliki titik awal untuk pendakian Gunung Batur. Lokasi: Desa Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

18. Desa Wisata Bunutin
Di Desa Wisata Bunutin terdapat air terjun Bunutin, sebuah air terjun cantik dengan ketinggian mencapai 27 meter yang sanggup menyuguhkan suasana lain saat berkunjung ke Kintamani. Desa ini juga masih memiliki areal persawahan yang hijau dan asri yang bagus untuk hunting foto-foto yang sangat Instagramable banget. Lokasi: Desa Bunutin, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

19. Desa Wisata Selulung
Potensi yang dimiliki desa wisata Selulung lebih menonjol ke wisata alam dengan pemadangan alam yang indah ditambah dengan pesona kebun jeruk sebagai agrowisata yang sangat potensial di desa ini. Lokasi: Desa Selulung, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

20. Desa Wisata Catur
Desa Wisata Catur terkenal dengan agrowisata budidaya kopi dengan pemdangan alam yang indah. Selain itu, desa ini juga memiliki air terjun, goa raksasa dan sejumlah tempat suci umat Hindu yang unik. Uniknya, desa ini mengembangkan berbagai tamanan obat-obatan herbal. Lokasi: Desa Catur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

21. Desa Wisata Penglipuran
Ciri khas yang sangat menonjol dari Desa Wisata Penglipuran adalah memiliki arsitektur bangunan tradisional di desa ini rata-rata memiliki arsitektur yang sama persis dari ujung desa ke ujung lainnya. Pintu gerbang di setiap rumah saling berhadapan satu sama lain yang hanya di batasi oleh jalan utama kecil di tengahnya. Tidak jauh dari rumah penduduk di desa ini terdapat hutan bambu yang masih lestari dengan pesona yang sangat bagus sekali. Lokasi: Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Bali.

22. Desa Wisata Guliang Kangin
Desa wisata Guliang Kangin merupakan desa wisata baru berkembang beberapa tahun. Dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan, potensi yang ditawarkan tak hanya sebatas keindahan alam tetapi juga kearifan lokal berupa pementasan drama gong kontemporer yang menceritakan terbentuknya dusun setempat. Desa yang berbatasan dengan Kabupaten Gianyar ini terdapat tempat melukat (menyucikan diri) yang disebut dengan nama “Pancoran Solas” yang memiliki 11 pancuran yang diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Lokasi: Banjar Guliang Kangin, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

23. Desa Wisata Pengotan
Bagi yang ingin menikmati suasana pedesaan saat berkemah, coba mampir Desa Wisata Pengotan yang memiliki tempat kemah yang asik yang bernama “Bali Woso Camp” yang menyuguhkan pemandangan yang asri. Terdapat sebuah komplek rumah asli masyarakat Bali Aga yang berjejer di kiri dan kanan jalan. Selain itu, di desa ini terdapat sebuah tradisi unik yang merupakan tradisi turun temurun dari leluhur terdahulu yaitu nikah massal. Nikah masal biasanya digelar pada sasih kapat (bulan keempat) dan sasih kadasa (bulan kesepuluh). Lokasi: Desa Pengotan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

24. Desa Wisata Sedit
Desa Wisata Sedit mengandalkan wisata spiritual dengan Pura Tirta Sudamala sebagai objek wisatanya. Berwisata di pura ini, para traveler bisa sekaligus mandi di air mancur yang konon dipercaya dapat menghapus aura negatif yang ada pada diri seseorang.  Di dalam kawasan Pura Tirta Sudamala terdapat 11 pancuran air lho, yang terletak di tepi sungai Tukad Singsing. Berada di dasar lembah sungai yang masih asri, pepohonan di bantaran sungai terlihat hijau dan rimbun membuat pikiran kita menjadi lebih fresh. Lokasi: Desa Sedit, Kecmatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

25. Desa Wisata Undisan
Desa Wisata Undisan menyimpan potensi wisata alam yang sangat indah, asri dan sejuk. Di desa ini sudah terdapat penginapan dengan menggunakan rumah penduduk sebagai tempat penginapan dan juga beberapa bungalow serta hotel melati yang secara umum dikembangkan oleh masyarakat lokal. Beberapa atraksi yang pengunjung bisa lakukan di desa ini yakni tracking, cycling, metekap atau membajak sawah dengan sapi secara tradisional, dan masih banyak yang lainnya. Lokasi: Desa Undisan, Kecmatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

26. Desa Wisata Jehem
Desa Wisata Jehem terkenal dengan objek wisata Anjungan Tukad Melangit (ATM) dengan pesona lembah sungai Melangit yang hijau nan asri dan juga terdapat arca peninggalan purbakala yang berada di Dusun Tambahan. Lokasi: Desa Jehem, Kecmatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

27. Desa Wisata Tembuku
Desa wisata Tembuku mengandalkan pesona air Tukad Cepung yang sangat populer di jagat maya. Air terjun ini berada di ngarai yang hampir berbentuk sebuah goa. Selain pesona air terjunnya yang terkenal dengan julukan air terjun dari langit ini juga memiliki tempat wisata pemelukatan (menyucikan diri untuk menghilangkan aura negatif dalam diri). Lokasi: Desa Tembuku, Kecmatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

28. Desa Wisata Peninjoan
Desa Wisata Peninjoan banyak memiliki potensi wisata yang sudah dikembangkan seperti pesona alam perbukitan yang asri di dukuh hill, tempat wisata mahapraja yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah, tempat wisata pantunan yang menghadirkan panorama alam berupa sawah terasering yang mirip dengan objek wisata Rice Terrace Ceking di Tegallalang. Lokasi: Desa Peninjoan, Kecmatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

29. Desa Wisata Kayu Ambua
Jika para traveler berwisata ke desa wisata penglipuran melalui jalur Ubud akan melewati Desa Wisata Kayuambua yang terkenal dengan agrowisata kopi luwaknya. Uniknya, untuk menarik para turis membeli kopi luwak yang terkenal tersebut, di desa ini menyiapkan tempat bagi wisatawan untuk mencoba hasil olahan kopinya untuk dicicipi secara gratis. Lokasi: Desa Kayuambua, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali.

Dari 29 desa wisata yang ada di Bangli, ternyata 20 desa wisata tersebut berada di kecamatan Kintamani. Kecamatan yang terkenal dengan pesona pegunungan yang hijau dan asri serta berhawa sejuk ini mengembangkan pariwisata berbasis kemasyarakatan dengan membentuk desa wisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

Selain mengembangkan desa wisata, kabupaten Bangli kini sedang gencar-gencarnya mengembangkan objek wisata air terjun, tidak mau ketinggalan dengan Kabupaten Buleleng. Saat ini sudah ditemukan 16 lebih titik air terjun yang memiliki pesona yang sangat indah dan menawan hati. Silahkan baca juga Inilah Tempat Wisata Air Terjun Di Bangli Bali dan Inilah 100 Tempat Wisata Di Kabupaten Bangli Bali
Iklan