free counter with statistics Inilah Desa Wisata Populer Di Jembrana Bali Barat
T11/02/2018

Inilah Desa Wisata Populer Di Jembrana Bali Barat

Iklan
Iklan

Kabupaten Jembrana merupakan pintu gerbang menuju Bali di bagian barat karena di sini terdapat pelabuhan penyeberangan yang menghubungkan Pulau bali dengan Pulau Jawa. Tidak hanya sebagai pintu gerbangnya Bali, Jembrana juga banyak memiliki potensi wisata yang terpendam, hanya saja gaungnya tidak sepopuler dengan pariwisata di Bali Selatan dan Bali Timur. Hal ini disebabkan karena Kabupaten Jembrana lokasinya sangat jauh dari Bandara Internasional I gusti Ngurah Rai. Kita ketahui bahwa hampir sebagian besar para turis mancanegara yang datang ke Bali melalui jalur udara. Titik terdekat kabupaten jembrana dengan Bandara Ngurah Rai berada di tempat wisata Pantai Yeh Leh yang jaraknya sekitar 70,7 km atau dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 18 menit. Selain jarak tempuh yang jauh, kurangnya promosi juga mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke Jembrana.

Inilah Desa Wisata Populer Di Jembrana Bali Barat


Akan tetapi, kini pemerintah Kabupaten Jembrana tidak mau ketinggalan dengan kabupaten lainnya di Bali dalam hal mengembangkan potensi pariwisatanya. Ini terbukti kabupaten yang berada di Bali bagian barat ini ikut mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat yang dikenal dengan istilah desa wisata. Di Jembarana banyak sekali terdapat desa yang berpotensi menjadi desa wisata karena memiliki keunikan sendiri yang tentunya sangat berbeda dengan desa lainnya di Bali, baik itu wisata alam, wisata agro, eko wisata maupun wisata budaya. Berikut desa wisata populer di Kabupaten Jembrana yang bisa dijadikan tujuan wisata Anda ke Bali Barat.

1. Desa Wisata Pendem
Lokasi Desa Wisata Pendem dekat dengan Kota Negara (ibu kota Kabupaten jembrana) yang berjarak sekitar 9,8 km dengan waktu tempuh sekitar 22 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Desa wisata ini menawarkan pesona alam yang indah seperti perbukitan yang hijau, air terjun, dan hutan yang masih asri. Selain wisata alam, desa pendem juga mengembangkan wisata budaya seperti Kesenian Jegog, Leko, dan Bumbung. Tempat wisata yang paling populer di Desa Wisata Pendem yakni objek wisata Puncak Mawar merupakan objek wisata baru di Jembrana yang terkenal dengan panorama perbukitannya yang hijau dan asri, Sungai Batu Belah tempat yang sangat Instagramable sekaligus tempat mandi dengan air yang jernih, dan pancoran Penglukatan Tiga Warna sebagai tujuan wisata spiritual. Lokasi: Kelurahan Pendem, Kecamataan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

2. Desa Wisata Perancak
Desa Wisata Perancak berada di selatan kota Negara yang berjarak sekitar 10 km merupakan salah satu desa wisata paling populer di Bali Barat. Beragam destinasi wisata pilihan yang siap memanjakan kunjungan para turis ke desa wisata ini, seperti melihat panorama Pantai Perancak yang memiliki spot terbaik melihat sunset di bali barat yang terkenal dengan nama “Perancak Sunset Point”, memiliki sirkuit Makepung sebagai tempat diadakannya tradisi makepung (sejenis karapan sapi di madura) tiap tahunnya, memiliki kawasan hutan mangrove yang hijau dan asri sangat cocok untuk aktivitas mangrove tour yang sangat Instagramable, dan terdapat pelabuhan nelayan yang unik dengan jukung-jukung nelayan warna warni yang bersandar. Selain itu, di desa ini juga terdapat konservasi penyu untuk menyelamatkan penyu langka dari kepunahan dan bagi pecinta kuliner di desa ini tersedia warung makan yang menjual kuliner ikan laut bakar khas Perancak. Lokasi: Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

3. Desa Wisata Gumbrih
Desa Wisata Gumbrih berada di ujung Timur kabupaten Jembrana yang terkenal akan destinasi wisata taman airnya. Di tempat wisata ini para pelancong akan diajak untuk menyusuri sungai yang tenang dihiasi dengan hijaunya kelapa dan buyuk liar di sepanjang sungai dengan menaiki jukung bertenaga mesin. Tidak hanya menyuguhkan wisata sungai, di desa wisata ini juga memiliki pantai pasir hitam dengan pesona yang sangat memukau dengan panorama hutan mangrovenya. Selain itu, di desa wisata ini juga terdapat Bali Reptile Rescue yaitu sebuah organisasi untuk menolong dan menjaga reptil-reptil di Pulau Bali agar tidak punah. Pengunjung juga akan disuguhkan dengan kegiatan pengolahan kakao dan pertanian organik. Bagi pecinta kuliner, desa wisata Gumbrih menawarkan kuliner ikan Gurami khas desa Gumbrih yang siap memanjakan perut para pelancong ke desa ini. Lokasi: Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten jembrana, Bali.

4. Desa Wisata Yehembang Kangin
Desa Wisata Yeh Embang Kangin menawarkan pesona keindahan pantai Rambut Siwi dengan sebuah tempat suci umat Hindu yang berdiri di atas tebing yang bernama Pura Rambut Siwi. Tempat wista lain yang ditawarkan oleh desa wisata Yeh Embang Kangin yakni Green Cliff yang merupakan sebuah bangunan ditepi tebing yang terbuat dari bambu dengan panjang lintasan 60 meter serta tinggi 10 meter. Di atas bangunan tersebut dibangun gazebo serta tiga buah kursi panjang yang memudahkan pengunjung untuk berfoto. Selain wisata alam pegunungan, desa ini juga memiliki tempat wisata air terjun dan tubing river yang menyusuri aliran sungai dengan air yang jernih dan segar. Bagi yang melakukan perjalanan panjang dari arah barat (Gilimanuk) ke timur (Denpasar) coba mampir ke Anjungan cerdas rambut Siwi yang berada di Rest Area Rambut Siwi. Tidak cukup itu saja, destinasi wisata lainnya siap menyambut kedatangan para turis seperti monumen perjuangan Nusamara, tempat kemah yang asik, dan aktivitas warga yang beternak lebah madu. Bagi pecinta kuliner coba cicipi Lawar Isen khas Yeh Embang Kangin. Lokasi: Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali.

5. Desa Wisata Blimbingsari
Desa Wisata Belimbingsari adalah salah satu tempat wisata di Jembrana yang paling unik. Keunikan yang dimiliki oleh Belimbingsari yaitu terletak pada keramah tamahan dari penduduknya dan didukung dengan berbagai kondisi alam yang indah dan asri. Di desa wisata ini juga ada berbagai wahana permainan atau wisata edukasi yang siap mengisi liburan para pelancong ke Jembrana. Untuk menarik kunjungan wisatawan, di desa ini terdapat konservasi burung jalak bali, tempat untuk tarcking, dan tempat wisata Air Terjuan Grojogan Sewu. Tdak jauh dari desa wista ini terdapat bendungan atau waduk terbesar di Bali yang bernama Bendungan Palasari. Lokasi: Desa Belimbingsari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.

Selain memiliki 5 desa wisata yang populer, Jembrana juga memiliki desa wisata lainnya yang nantinya akan menjadi populer juga seperti Desa Ekasari yang terkenal dengan nilai toleransi antar umat beragama yang berpotensi sebagai wisata religi dan memiliki agrowisata dengan terasering sawahnya, Desa Sangkaragung yang terkenal dengan kesenian jegognya, Desa Batuagung yang terkenal dengan wisata perbukitannya dengan nama Puncak JR, Desa Medewi yang terkenal dengan wisata surfingnya, Desa Manggisasri yang terkenal dengan tempat wisata Bunut Bolong dan air terjun Juwuk Manis, serta Desa Delodnerawah yang juga memiliki Sirkuit Makepung dan memiliki pantai yang sangat indah serta terdapat kolam pemandian air laut satu-satunya di Bali.

Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata yang menarik di Bali Barat. Jangan lupa untuk ikut memviralkan tempat-tempat wisata di jembrana agar lebih dikenal di jagat maya, yang nantinya bisa mendongkrak kunjungan wisatawan asing ke Bali Barat. Salam Longtriper.
Iklan