free counter with statistics Tempat Wisata Air Terjun Dusun Kuning Bangli
T10/17/2015

Tempat Wisata Air Terjun Dusun Kuning Bangli

Iklan
Iklan
Bangli merupakan salah kabupaten di Bali yang tidak memiliki garis pantai. Walaupun tidak memiliki tempat wisata pantai, kabupaten bangli memiliki objek wisata lainnya yang sungguh mempesona. Misalnya tempat wisata penelokan dengan keindahan Gunung dan Danau Batur. Selain objek wisata alam, Kabupaten Bangli juga memiliki objek wisata desa budaya Penglipuran yang sudah terkenal hingga ke mancanegara karena keunikannya dan keramah-tamahan penduduknya.


Ada lagi objek wisata alam yang ada di Kabupaten Bangli yang belum begitu terkenal dan masih jarang orang yang mengunjunginya namun memiliki keindahan yang sangat mempesona dan penuh kedamaian yakni tempat wisata air terjun dusun kuning. Air terjun ini berada di Dusun Kuning sehingga oleh pengunjung menyebut air terjun itu dengan nama Air Terjun Dusun Kuning. Tempat wisata air terjun dusun kuning berada di Dusun Kuning, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.
Tempat Wisata Air Terjun Dusun Kuning Bangli
Air Terjun Dusun Kuning

Untuk mengakses Tempat Wisata Air Terjun Kuning sangatlah mudah karena lokasinya tidak begitu jauh dari permukiman penduduk. Jika Anda datang dari kawasan Bandara Ngurah Rai bisa melewati jalan By Pass Ida Bagus Mantra dengan melalui JalanTol Bali Mandara dan By Pass Ngurah Rai terlebih dahulu. Di jalan By Pass Ida Bagus Mantra nanti akan menemukan perempatan menuju Pantai Siyut. Jika Anda belok ke kanan akan menuju Pantai Siyut, maka arahkan kendaraan Anda belok ke kiri untuk menuju Jalan Raya Tulikup. Dari Jalan Raya tulikup arahkan kendaraan Anda untuk menuju jalan Raya Taman Bali (jalan raya menuju Tempat Wisata Taman Nusa). Ikuti jalan tersebut hingga menuju Desa Taman Bali. Jika sudah sampai di Taman Bali yang jaraknya sekitar 3 km dari Kota Bangli, maka akan dijumpai sebuah pertigaan. Anda harus mengambil ke arah kanan dan mengikuti jalan tersebut sampai di sebuah pertigaan lagi, dekat pabrik air minum “NON MIN”. Kemudian belok kanan sampai di ujung jalan dekat pemukiman penduduk. Nah, dari situ tinggal berjalan kaki ke lokasi yang jaraknya kira-kira 300 meter, maka akan bertemu Air Terjun Dusun Kuning. 

Untuk menuju lokasi air terjun Anda harus melewati hamparan ladang cengkeh milik penduduk setempat. Anda harus berhati-hati untuk menuju lokasi tersebut karena harus melewati tebing yang curam dengan puluhan anak tangga yang masih alami. Pemandangan alam sebelum mencapai lokasi sungguh sangat indah dan asri dengan tegalan penduduk yang menghijau, sehingga Anda tidak akan merasa kecapaian walaupun medannya cukup ekstrim.
Pemandangan sekitar air terjun dusun kuning
Keindahan alam sekitar air terjun dusun kuning
Air Terjun Dusun Kuning memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter di atas permukaan air tukad melangit yang airnya mengalir ke selatan dan menjadi pembatas antara kabupaten klungkung dan bangli. Air terjun dusun kuning airnya tidak pernah surut walaupun musim kemarau karena alam disekitarnya masih terjaga dan alami. Keindahan dan Kealamian air terjun ini disebabkan air terjun ini belum terjamah banyak orang terlebih masyarakat setempat yang mematuhi norma-norma dan ajaran kepercayaanya untuk menjaga dan melestarikan alam, selain itu kealamian air terjun ini disebabkan lokasi dan tempatnya yang agak terpencil dan tersembunyi sehingga tidak banyak orang yang tahu keberadaan air terjun ini, padahal air terjun ini begitu indah dan elok.
Tempat Wisata Air Terjun Dusun Kuning
Pemandangan air terjun dusun kuning

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata air terjun kuning siapkan air mineral atau minuman dingin lainnya karena disekitar lokasi belum tersedia warung penjual makanan atau minuman. Di sekitar kawasan ini juga belum tersedia area parkir maupun fasilitas lainnya. Kawasan di sekitar air terjun Dusun Kuning memang benar-benar alami dan keindahan alamnya tetap terjaga dengan baik.

Jika Anda sudah mengunjungi kawasan tempat wistaa air terjun Dusun Kuning ini, Anda bisa lanjutkan perjalanan untuk menuju Tempat Wisata Desa Penglipuran untuk menikmati keindahan alam pedesaan yang unik dengan minuman khas penglipurannya yakni loloh cemcem dengan cita rasa yang ramai.
Iklan