T3/27/2015

Loloh Cemcem Minuman Khas Bali

Pulau Bali tidak hanya terkenal akan wisata seni dan budayanya yang sudah melegenda sampai ke mancanegara tetapi terkenal akan wisata kulinernya. Bali memiliki berbagai macam makanan dan minuman khas Bali yang sudah terkenal sampai ke luar negeri. Salah satu makanan khas bali yang sudah terkenal yakni ayam betutu, sedangkan minuman khas bali yang terkenal yakni loloh cemcem. Postingan kali ini akan membahas tentang loloh cemcem.
Loloh Cemcem Minuman Khas Bali

Loloh cemcem berasal dari daerah Penglipuran, Bangli. Penglipuran tidak terkenal akan objek wisatanya tetapi terkenal dengan minuman yang namanya loloh cemcem. Loloh cemcem dapat dikatakan sebagai jamu. Pada umumnya jamu terasa pahit jika dikonsumsi tetapi tidak untuk loloh cemcem karena loloh cemcem memiliki enam rasa yang unik dan tentunya sangat enak di lidah. Loloh yang bahan utamanya daun cemcem atau daun kloncing ini, tidak hanya untuk menghilangkan dahaga, juga memiliki khasiat yang baik untuk pencernaan dan menurunkan tekanan darah.

Daun Cemcem atau Daun Kloncing
Daun Cemcem (Daun Kloncing)

Bagaimana cara membuat loloh cemcem? Cara untuk membuat loloh cemcem sangat sederhana. Adapun bahan-bahan yang diperlukan antara lain daun cemcem (daun kloncing), kayu manis, daun sirih, daun jarak pagar, daun dhadhap, air kelapa, buah kelapa, dan gula aren. Pertama-tama daun cemcem dicuci hingga bersih, kemudian daun cemcem diremas-remas  atau dihaluskan dan ditambah air hangat sesuai kebutuhan. Kemudian hasil remasan tersebut dicampur dengan kayu manis, daun sirih, jarak pagar, daun dhadhap dan disajikan dengan air kelapa dan gula aren. Tambahkan juga potongan buah kelapa muda dalam loloh itu. Jadilah rasa yang ramai, enam rasa. Untuk menambah rasa segar, loloh cemcem ini juga bisa ditambahkan dengan es batu. Jika ingin rasa asli cukup ditambahkan garam tapi jika ingin membuat rujak bisa ditambahkan cabai. Meskipun rasa asam yang kuat, tapi jika meminum loloh ini penderita maag tak perlu takut yang penting sudah makan. Jika ingin menyimpannya atau menjualnya maka bisa menggunakan kemasan botol air mineral.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba menikmati loloh cemcem? Jika Anda datang ke desa wisata penglipuran cobalah untuk menikmati minuman khas bali ini sambil menikmati uniknya desa wisata penglipuran. Sekarang loloh cemcem tidak hanya dijual di dareah penglipuran tetapi sudah tersebar sampai ke luar kabupaten Bangli. Anda dapat membeli loloh ini di tempat wisata pantai lebih sambil menikmati kuliner khas laut.

0 Response to "Loloh Cemcem Minuman Khas Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif