10 Makanan dan Minuman Khas Bali Yang Terkenal

Makanan dan Minuman Khas Bali => Bali tidak hanya terkenal akan pantai yang indah dan keseniannya, tetapi juga makanan dan minuman khas Balinya. Bagi pecinta atau pemburu makanan dan minuman dengan cita rasa Nusantara, Bali bisa dijadikan sasaran dari perburuan tersebut karena Bali memiliki makanan dan minuman khas tersendiri dengan rasa paling beda dari daerah lain. 

Makanan dan minuman khas Bali sebenarnya ada banyak, akan tetapi pada postingan ini Long Trip Mania hanya akan membagikan 10 makanan khas bali dan 10 minuman khas Bali yang terkenal.


Makanan Khas Bali Yang Terkenal

Berikut 10 makanan khas Bali yang terkenal yang perlu diketahui.
1. Ayam/Bebek Betutu
Betutu merupakan makanan khas Bali yang paling terkenal dan terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang semua usus (organ dalam) dikeluarkan. Perut ayam kosong kemudian diisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam.

Ayam betutu makanan khas Bali
Ayam betutu kuliner khas Bali
Sumber gambar: virginmojito.wordpress.com

2. Serombotan
Makanan khas Bali ini merupakan menjadi makanan khas dari Kabupaten Klungkung Bali sehingga kabupaten klungkung dijuluki sebagai Bumi Serombotan. Serombotan terbuat dari sayur buah botor muda atau paku, toge, kobis yang dimasak setengah matang. kemudian diberi bumbu disebut kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah dan bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur.

3. Babi Guling (Be Guling)
Be Guling merupakan kuliner Bali yang terbuat dari anak babi betina atau jantan yang ususnya dikeluarkan kemudian diisi dengan bumbu dan sayuran seperti daun ketela pohon dan lalu dipanggang sambil diputar-putar (diguling-gulingkan) sampai matang dengan ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kecoklatan dan renyah.

4. Lawar
Lawar merupakan makanan khas bali berupa campuran sayur-sayuran, kelapa parut dan daging cincang yang dibumbui. Makanan ini lazim disajikan secara bersama-sama (magibung). Ada beberapa jenis lawar, seperti lawar merah, lawar putih, lawar belimbing, lawar klungah, dan lain-lain.

5. Nasi Jinggo
Nasi jinggo adalah makanan khas bali yang siap saji dengan dikemasan dari daun pisang dengan porsi kecil. Selain dijual di jalan, kini nasi jinggo menjadi sajian alternatif untuk berbagai upacara religius seperti ngaben, perayaan ulang tahun, dan rapat.

6. Timbungan
Timbungan merupakan suatu proses mengawetkan makanan agar tidak cepat basi, dengan memasukkan makanan ke dalam bumbung atau bambu yang telah dipotong kecil-kecil, biasanya seukuran satu ruas bambu. Dalam prosesnya makanan yang sudah dimasukkan tadi harus ditaruh di dekat perapian, biasanya dilakukan pada saat memasak pada pagi, siang dan sore hari.

7. Urutan
Pernahkah Anda makan sosis? Bali juga memiliki sosis khas Bali yang namanya Urutan. Urutan merupakan makanan khas Bali yang terbuat dari usus babi. Usus Babi tersebut dimasukan daging babi yang sudah diberikan bumbu lengkap ala Bali, lalu digoreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Akan tetapi ada juga urutan tersebut dijemur atau diasapi sehingga menjadi berwarna kecoklatan dan awet. Urutan ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan dan rasanya pun tetap enak.

8. Tum
Makanan khas Bali ini terbuat dari daging ayam, itik, bebek, kuwir, penyu, babi atau ikan laut. Daging yang sudah dibumbui dibungkus dengan daun pisang sehingga aroma dari makanan ini menjadi lebih harum dan lembut.

9. Komoh
Komoh merupakan salah satu makanan khas bali yang berbentuk cairan yang dibuat dari daging (daging babi, daging ayam, daging itik, daging penyu dan lain – lainnya), kulit, hati dan bumbu. Komoh disajikan dalam mangkok kecil dan cara mengkonsumsinya adalah bisa langsung mangkok yang berisi komoh didekatkan ke mulut dengan tangan kemudian komoh tersebut di minum dan bisa juga dengan menggunakan sendok makan.

10. Jukut Ares
Jukut Ares merupakan makanan khas Bali yang berbentuk kuah dengan bahan dasar pohon pisang yang masih muda yang kira-kira besarnya selengan orang dewasa yang diiris-iris tipis. Untuk membuat makanan khas Bali ini, bumbunya menggunakan bumbu lengkap Bali alias Base Gede, sedangkan untuk daging campurannya bisa menggunakan berbagai macam daging. Bisa daging ayam, mentok (paling enak), bisa juga menggunakan daging Babi..

Minuman Khas Bali Yang Terkenal

Selain memiliki makanan yang khas, Bali juga memiliki minuman yang khas. Berikut kami sajikan 10 minuman khas bali yang bisa Anda coba jika datang ke Bali.

1. Es Bir
Es bir terbuat dari kelapa muda yang ditambahkan dengan perasan jeruk nipis. Minuman khas Bali Utara (Buleleng) ini, walaupun namanya ada kata Bir namun minuman ini tidak mengandung alkohol. Sangat cocok diminum pada siang hari karena rasanya sungguh  adem, segar, dan tentunya enak.

2. Arak Bali
Arak merupakan minuman keras khas bali hasil fermentasi yang mengandung alkohol. Minuman tradisional khas Bali ini, tidak kalah dengan minuman produksi luar seperti anggur atau wine. Arak pada umumnya dibuat dari tuak kelapa dengan cara destilasi (penyulingan). Selain sebagai minuman, arak juga sebagai sajian upacara. Minuma ini sekarang sudah dibatasi peredarannya oleh pemerintah Bali karena memabukan dan bisa menyebabkan kematian karena dioplos menggunakan alkohol jenis lain.

3. Brem
Minuman khas Bali ini merupakan produk sampingan dari proses pembuatan tape. Minuman ini diendapkan dalam waktu yang lama hingga beralkohol. Minuman brem Bali awalnya hanya bagian dari ritual adat dan keagamaan. Namun kini minuman yang terbuat dari ketan hitam atau merah dan ketan putih yang difermentasi ini menjadi welcome drink bagi para tamu.

4. Daluman
Daluman merupakan minuman tradisional khas Bali sejenis cincau hijau. Proses pembuatan daluman sendiri pada umumnya tidak jauh berbeda dengan dengan pembuatan cincau. Daun daluman yang sudah dibersihkan, lalu diremas-remas hingga berbusa sampai kental, sebelum terlalu kental, daun yang telah diperas disaring sehingga daun tidak bercampur dengan adonan daluman. Agar rasanya enak daluman yang sudah kental dicampurkan dengan santan, gula arena yang sudah cair dan es maka jadilah es daluman.

5. Kopi Bali
Kopi bali merupakan produk kopi olahan rumah yang masih di proses secara tradisional dan proses penyangraian masih menggunakan kayu bakar sehingga menciptakan aroma harum begitu khas dan istimewa. Minuman khas Bali ini paling banyak dikonsumsi oleh penduduk Bali karena paling mudah untuk didapatkan.

6. Loloh
Minuman Loloh dalam bahasa Bali artinya jamu. Jamu khas Bali ini tidak seperti jamu namun sangat menyegarkan tenggorokan apalagi jika dicampur es. Yang membuat unik minuman khas Bali ini adalah rasanya pedas, asam, asin dan manis bercampur jadi satu. Loloh dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah, melancarkan pencernaan juga baik untuk ibu menyusui. Salah satu loloh yang merupakan minuman khas bali yang terkenal yakni loloh cemcem khas penglipuran.

7. Tambring
Tambring merupakan minuman khas Bali yang terbuat dari serutan kelapa muda dikombinasi dengan rasa asam jawa. Rasa segar dari air kelapa dengan tambahan sirup asam jawa yang dicampur putih telur membuat minuman ini terasa unik.

8. Tuak
Tuak adalah minuman khas Bali yang beralkohol dan merupakan hasil fermentasi dari nira, beras, atau bahan minuman/buah yang mengandung gula. Bahan baku yang biasa dipakai adalah: beras atau cairan yang diambil dari tanaman seperti nira pohon enau atau nipah, atau legen dari pohon siwalan atau tal, atau sumber lain.

9. Es Timun Jeruk
Minuman khas Bali ini terbuat dari mentimun dan jeruk Bali. Mentimun yang dibuang bijinya lalu diserut panjang kemudian diberi air gula yang sudah direbus ditambah dengan air jeruk nipis dan es. Rasanya sungguh enak dan cocok diminum pada siang hari untuk menghilangkan dahaga.

10. Teh Jahe
Jangan heran jika ketika Anda datang ke Bali, di spa-spa Anda disuguhkan teh dengan rasa yang agak berbeda, yaitu teh jahe. Teh jahe sudah pasti memberikan kehangatan pada tubuh Anda.


Demikian 10 makanan dan 10 minuman khas bali yang perlu Anda ketahui. Bagaimana Anda tertarik mencobanya?

0 Response to "10 Makanan dan Minuman Khas Bali Yang Terkenal"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif