T7/24/2017

Lawar Klungah, Makanan Khas Jembrana Bali

Bagi para pelacong yang kebetulan menginjakan kakinya di pulau seribu pura (julukan untuk pulau Bali), tidak salahnya mencoba kuliner khas balinya. Lawar merupakan salah satu kuliner khas Bali yang terbuat dari campuran beberapa jenis sayuran yang diolah sedemikian rupa dengan bumbu tradisional. Ada beberapa jenis lawar yakni lawar putih, lawar merah, lawar don blimbing, lawar klungah, dan masih banyak jenis lawar yang lainnya.
Lawar Klungah, Makanan Khas Jembrana Bali
Lawar Klungah

Postingan kali ini akan mengulas tentang Lawar Klungah. Lawar jenis ini merupakan makanan khas kabupaten Jembrana, tidak mengherankan jika hampir setiap ada kegiatan keagamaan maupun acara adat, warga Jembrana membuat lawar jenis ini. Sesuai dengan namanya lawar ini bahan utamanya adalah Klungah. Klungah merupakan kelapa muda yang belum berisi dagingnya. Bagian Klungah yang akan digunakan sebagai lawar adalah batoknya yang masih lentur. Jika kita cicipi batok ini rasanya pahit, tentu kita tidak akan terbayang kalau ini bisa digunakan sebagai bahan masakan yang sangat enak.

Klungah
Klungah

Untuk mengambil batok Klungah ini sangatlah mudah, dengan cara membelah Klungah menjadi beberapa bagian, lalu diambil dengan menggunakan pisau. Batok Klungah ini lalu direbus dengan air Klungah hingga matang. Lalu dipotong kecil-kecil kemudian dicampur dengan beberapa daging ayam cincang. Campuran lainnya yang biasa diisi yakni kacang panjang yang sudah direbus lalu dipotong kecil-kecil atau dapat juga diganti dengan biji kacang pajang yang sudah direbus. Untuk bumbunya sama seperti bumbu lawar pada umumnya yakni base genep (bumbu lengkap ala Bali). Bumbu lengkap, kacang pajang, dan batok Klungah yang sudah dipotong kecil-kecil dicampur hingga merata. Lawar Klungah sudah siap dihidangkan. Sungguh maknyoos, rasanya tidak pahit, tentunya sangat enak di lidah.
batok klungah
Klungah dibelah menjadi beberapa bagian

batok klungah yang akan direbus
Batok klungah
Untuk para wisatawan yang ingin menikmati makanan khas Jembrana ini, bisa membelinya di warung makan yang ada di Jembrana. Berlibur ke kawasan Bali Barat (Jembrana) tidak salahnya mencoba hidangan yang satu ini dan rasakan sensasinya saat mencicipi lawar klungah ini. Nah itu sekilas tentang kuliner khas Jembrana yang bernama Lawar Klungah. Salam longtriper.

0 Response to "Lawar Klungah, Makanan Khas Jembrana Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif