free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Kubur Ketewel Gianyar Bali
T10/15/2015

Tempat Wisata Pantai Kubur Ketewel Gianyar Bali

Berbicara mengenai pantai di bali tidak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Bali memiliki pantai yang jumlahnya ratusan, karena bali merupakan sebuah pulau yang dikelilingi oleh dataran rendah yang berupa pantai. Hampir semua kabupaten di bali memiliki tempat wisata pantai, kecuali kabupaten bangli yang wilayahnya tidak berbatasan dengan laut.

Ada satu pantai di bali yang menjadi incaran para peselancar, baik itu peselancar lokal maupun mancanegara. Nama pantai itu adaah pantai kubur. Pantai ini diberi nama pantai kubur karena berada di wialyah banjar kubur. Sebenarnya nama pantai ini adalah Pantai Taman Merta. Untuk memudahkan mengingat nama pantai tersebut maka diberi nama sesuai nama banjar di mana pantai itu berada. Hampir semua pantai-pantai di bali diberi nama sesuai nama banjar di mana pantai itu berada.

Keindahan pantai Kubur 


Pantai kubur menyajikan panorama yang indah dikala sore hari maupun pagi hari, sehingga hampir setiap hari ada wisatawan yang mengunjungi pantai ini. Deburan ombak yang saling kejar-mengejar dengan angin sepoi-sepoi membuat anda akan merasa tenang dan nyaman berada di pantai ini.

Pantai ini jadi buruan para peselancar, baik peselancar mancanegara maupun peselancar nusantara karena memiliki ombak yang sangat bagus untuk “menarikan” papan selancarnya. Di sarankan untuk tidak mandi di kawasan pantai ini, karena memiliki arus laut yang sangat kuat.

Warga sekitar memanfaatkan kawasan pantai ini untuk mengambil batu-batu kecil yang bersih dan mulus untuk menghias pekarangan atau tempat lainnya. Batu-batu kecil yang diambil oleh warga di pingir pantai sering disebut sebagai “Batu Sikat”.
Aktivitas warga mencari batu sikat di pantai kubur

Lokasi Pantai Kubur Ketewel


Tempat wisata pantai Kubur berada di Banjar Kubur, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Pantai ini berada disebalah timur dari pantai Gumicik dan sebelah barat dari pantai Manyar. Jika Anda datang dari kawasan denpasar maka untuk menuju pantai ini Anda haus menempuh pejalanan kurang lebih 10 km atau 20 menit perjalanan.

Pantai ini sangat mudah untuk diakses karena meruapakan masih dalam kawasan pantai ketewel yang terkenal itu. Jika Anda datang dari kawasan bandara Ngurah Rai  atau pantai Kuta akan lebih cepat jika melalui Jalan Tol Bali Mandara kemudian melalui jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai hingga sampai di Patung Titi Banda. Dari Patung Titi Banda kira-kira 5 km ketimur (jalan By Pass Prof Dr Ida Bagus Mantra) akan menemukan lampu pengatur lalu lintas dan terdapat plang petunjuk arah ke Pantai Ketewel. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan perempatan kemudian lurus lagi hingga menemukan perempatan kedua, maka belok ke kiri.

Setelah menemukan patung selamat datang di banjar Kubur maka akan menemukan perempatan lagi di mana pas di tengah perempatan tersebut terdapat patung dewa ganesha yang berada di depan balai banjar Kubur, jika lurus ke timur maka akan menuju pantai manyar yang berada di banjar Manyar, sedangkan jika belok ke kanan akan menuju pantai Kubur. Dari patung ganesha tersebut lurus terus hingga mentok lalu belok ke kiri maka akan menemukan sebuah pura. Di sana nanti akan menemukan plang menuju Pantai Taman Merta sampailah di tempat wisata pantai kubur. 
Patung selamat datang di bajar Kubur

Fasilitas pendukung untuk menuju kawasan pantai kubur yakni jalan raya yang diaspal dengan baik, area parkir, dan beberapa penginapan yang tidak jauh dari pantai kubur.


Adapun objek wisata yang dekat dengan pantai kubur yakni pantai pabean, pantai biaung, pantai lembeng, pantai tangtu, dan pantai padang galak. Objek wisata pantai kubur merupakan objek wisata yang patut dikunjungi jika anda ingin mengujungi objek wisata bali timur, seperti goa lawah, pantai lebih, kerta gosa, besakih, taman ujung, tirta gangga dan candidasa.