free counter with statistics Tempat Wisata Taman Tirta Gangga Karangasem Bali
T9/13/2015

Tempat Wisata Taman Tirta Gangga Karangasem Bali

Iklan
Iklan
Tempat Wisata Taman Tirta Gangga || Hampir semua taman memiliki keindahan atau keunikan tersendiri. Taman sudah dibuat oleh orang sejak jaman berdirinya kerajaan-kerajaan di Nusantara ini. Oleh karena itu sering kita dengan ada istilah taman kerajaan seperti yang ada di Bali timur tepatnya di kabupaten Karangasem. Di kabupaten karangasem ada dua buah taman air yang dibuat oleh raja setempat yaitu Raja Karangasem, yaitu Taman Tirta Gangga dan Taman Ujung.

Taman Tirta Gangga merupakan taman air kerajaan milik keluarga Raja Karangasem. Lokasinya berada di tengah sawah dan dikelilingi oleh perbukitan hijau sehingga pemandangannya begitu indah dan damai. Lokasi taman ini terletak di desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali (Jalan raya Abang-Amlapura).



Untuk mengakses lokasi ini sangatlah mudah, karena tempatnya berada di pinggi jalan raya Abang-Amlapura dan sudah ada plang petunjuk arah. Dari Denpasar memerlukan jarak tempuh sekitar 83 km dan jika dari kota Amlapura (ibu kota kabupaten Karangasem) memerlukan jarak tempuh kurang lebih 6 km. Jika melalu jalan by Pass Prof Ida Bangus Mantra maka untuk menuju objek wisata Taman Tirta Gangga Anda akan melalui beberapa objek wisata lainnya seperti: pantai Purnama, Pantai Keramas, Taman Safari, Pantai Lebih, goa Lawah, pantai Candi Dasa, Bukit Asah, dan Pantai Virgin. Jadi, sebelum mencapai tempat wisata Taman Tirta Gangga Anda bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi objek wisata lainnya sehingga perjalanan menjadi sangat menyenangkan. Silahkan lihat di google map untuk mengakses taman tirta Gangga dari Denpasar.

Taman air Tirta Gangga ini dibangun pada tahun 1948 atas ide dari Raja Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem. Hampir sama seperti Taman Soekasada (Taman Ujung), arsitektur taman air ini juga merupakan gabungan dari arsitektur gaya Bali dan Cina. Jika pernah melihat atau mengujungi Taman Ujung, maka Anda akan melihat ada kemiripan arsitekturnya dengan taman air Tirta Gangga.
 
Pemandangan taman air ini sungguh menakjubkan. Begitu Anda memasuki kawasan taman ini Anda akan disuguhkan kolam air yang begitu indah. Di sini terdapat tiga kolam yang saling terhubung. Kolam yang berada di sisi kanan yang dihiasi oleh bebatuan dekoratif yang diletakkan di sekitar kolam yang berfungsi sebagai jembatan, sehingga Anda bisa berada di dalam kolam tanpa harus basah-basahan. Di kolam ini terdapat banyak sekali ikan mas yang berenang di kolam air. Terkadang ada juga pengujung yang memberikan makan ikan mas tersebut.

Jika Anda ingin menikmati sejuknya air disini, bisa mencobanya dengan menceburkan diri di kolam tersebut karena sudah tersedia kolam khusus untuk mandi. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk melepaskan lelah sambil berliburan. Taman Tirta Gangga sangat menarik untuk dikunjungi, baik pada pagi maupun sore hari. Berjalan-jalan santai atau mencelupkan kaki anda ke dalam air dingin sangat menyenangkan karena cuaca di daerah ini cukup panas. Lokasi ini juga sering digunakan sebagai tempat praweding maupun objek fotografi. Oleh karena itu hampir setiap hari objek wisata ini selalu ramai dikujungi oleh wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.
 
Untuk menjaga kenyamanan pengunjung maka pemerintah sudah menyediakan fasilitas umum yang memadai seperti akses jalan yang sangat baik, sudah tersedia tempat parkir yang luas dan tertata dengan baik, restoran atau rumah makan, penginapan dan toilet. Di sepanjang jalan menuju lokasi taman dari area parkir banyak berdiri art shop yang menawarkan souvenir-souvenir khas bali dengan harga terjangkau.


Bagaimana? Anda tertarik mengunjungi objek wisata Taman Tirta Gangga? Silahkan persiapkan diri Anda untuk berlong trip ke taman air ini. Adapun objek wisata yang dekat dengan taman Tirta Gangga yakni Taman Ujung, Pantai Amed, dan taman wisata bahari Tulamben (Pantai Tulamben).
Iklan