T7/28/2016

Ikan Munjair Nyat Nyat, Kuliner Khas Kintamani Bali

Ikan Mujair merupakan jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi dengan cara dibakar atau digoreng terlebih dahulu. Ikan yang memiliki bahasa ilmiah Oreochromis mossambicus ini pertama kali ditemukan oleh Pak Mujair sehingga jenis ikan ini diberi nama sesuai dengan nama sang penemu untuk mengenang namanya.

Kini penyebaran ikan ini sudah sampai ke pelosok Nusantara, termasuk ke Pulau Bali. Ikan Mujair atau dalam Bahasa Bali dikenal dengan nama “Be Jair” banyak ditemukan di daerah Kintamani khususnya di Danau Batur. Jika kebetulan anda berkunjung atau berlibur ke tempat wisata Danau Batur maka kita akan melihat ada banyak tambak ikan Mujair yang dikelola oleh petani setempat.

Masyarakat Kintamani memasak ikan mujair biasanya dengan cara di goreng dan diolah dengan cara di “nyat nyat”. Istilah nyat-nyat berasal dari kata nyat yang dalam bahasa Bali memiliki arti surut. Nyat-nyat merupakan cara memasak khas Bali, dimana bahan makanan dimatangkan dengan cara dimasak bersama sedikit air dan bumbu-bumbu sampai airnya tersisa sedikit. Karena diolah dengan cara di Nyat Nyat maka makanan khas ini dikenal dengan nama Ikan Mujair Nyat Nyat dan menjadi salah satu primadona kuliner di Bali yang berhasil menarik perhatian wisatan asing maupun domestik yang datang ke Kintamani (Bangli).
Ikan Munjair Nyat Nyat, Kuliner Khas Kintamani Bali
Kuliner ikan Mujair Nyat Nyat khas Kintamani Bali
Kuliner Ikan Mujair Nyat Nyat khas kintamani ini ikannya diambil secara langsung dari Danau Batur dan tentunya ikanya masih segar. Untuk membuat masakan mujair nyatnyat ini diperlukan beberapa macam bumbu seperti bawang merang, bawang putih, cabe merah, kemiri, dan gabungan beberapa jenis bumbu rempah yang disebut 'base genep' (bumbu lengkap). Semua jenis bumbu ini kemudian diulek dengan ditambahkan penyedap seperti garam dan jeruk nipis lalu dimasak dengan cara di nyat nyat dengan Ikan Mujair yang sudah digoreng terlebih dahulu. Untuk menikmati kuliner khas Kintamani ini kita harus membayar Rp 20.000 per porsinya.

Jadi jika Anda kebetulan sedang berlibur atau melewati temapt wisata Penelokan Kintamani dan mencari tempat untuk bersantap, tidak salahnya mencoba menu ikan mujair nyat nyat khas kintamani ini. Selain biasanya menikmati kuliner khas tempat tersebut, kita juga bisa menikmati indahnya panorama Gunung Batur dengan Danau Batur  dan sudah menjadi objek wisata taman bumi (geopark) Batur yang mempesona dan sangat terkenal keindahannya.

Silahkan baca juga: Tempat Wisata Desa Trunyan

Menyantap kuliner Ikan Mujair Nyat Nyat akan menjadi lebih nikmat setelah berendam di tempatwisata pemandian air panas Toya Bungkah atau setelah melakukan pendakian Gunung Batur. Apalagi ditambah sambil menikmati minuman segar yang disebut Loloh Cemcem yang merupakan minuman khas kabupaten Bangli, sungguh maknyuss. Minuman ini diramu  dari daun ‘cemcem' dikombinasi dengan sejumlah bahan lainnya yang berkhasiat sehingga menghasilkan rasa yang unik.

Silahkan baca juga: Loloh Cemcem, Minuman khasBali

Nah itu sekilas tentang kuliner khas Bali yang bernama ikan mujair nyat nyat. Selain itu, Pulau bali juga memiliki kuliner khas lainnya seperti plecing telengis dan satelanguan.

0 Response to "Ikan Munjair Nyat Nyat, Kuliner Khas Kintamani Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif