T10/06/2015

Plecing Telengis, Makanan Khas Karangasem Bali

Negara Indonesia sebagai negara tropis yang sangat luas, merupakan surga bagi pohon kelapa, sehingga pohon ini kita dapat temukan hampir di seluruh wilayah Indonesia dari pulau Sumatera hingga Papua. Buah kelapa sangat bermanfaat, salah satunya bisa menghasilkan minyak yang dikenal dengan nama minyak kelapa.

Dalam proses pembuatannya, minyak kelapa dapat dibuat secara tradisional (dengan tangan) maupun secara modern (dengan mesin). Di tiap daerah minyak kelapa yang dibuat secara tradisional mungkin diberi nama berbeda-beda. Kalau di Bali, minyak kelapa yang dibuat secara tradisional tanpa bantuan mesin sama sekali disebut dengan nama “lengis tanusan”.
Plecing Kangkung Telengis Makanan Khas Karanagsem Bali
Plecing Telengis makanan khas Karangasem

Dalam proses pembuatan “lengis tandusan” nanti pasti akan dihasilkan produk sampingan yang namanya “telengis”. Nah telengis inilah yang nantinya dijadikan makanan khas yang namanya “plecing kangkung telengis”. Plecing kangkung telengis atau plecing telengis merupakan makanan khas bali timur. Sehingga makanan khas ini akan sangat mudah ditemui di Bali Timur khususnya di kabupaten Karangasem misalnya kecamatan Sidemen dan Selat.

Bahan utama dalam pembuatan “plcing telengis” yakni sayur kangkung dan telengis. Terkadang juga di isi dengan sayur kecambah kacang hijau atau toge. Jadi untuk membuat plecing telengis harus membuat telengis terlebih dahulu.  Pertama kelapa diparut hingga lembut, kemudian parutan kelapa tersebut di campur dengan air dan diremas-remas hingga menjadi putih pekat. Air yang putih pekat tersebut disaring dan dipisahkan dengan ampasnya sehingga terbentuk santan kelapa. Nah santan kelapa inilah yang dimasak dengan api besar sehingga santan tersebut berubah menjadi minyak kelapa (lengis tandusan). Jika minyak dan airnya diambil maka akan tersisa ampasnya yang putih. Nah ampasnya itu disebut dengan telengis. Jika kita cicipi, telengis rasanya manis namun terasa berminyak.

  
Tanaman Kangkung
Dengan menambahkan bumbu pada telengis tersebut maka terciptalah bumbu plecing yang khas. Adapun bumbu campuran dari telengis tersebut yakni cabe rawit, bawang putih, bawang merah, dan jeruk limau. Jika ingin merasakan sensasi pedas maka tambahkan cabe rawit sesuai keinginan. Bumbu telengis tersebut nantinya dicampurkan dengan kangkung yang sudah direbus. Letakkan sambal plecing di atas kangkung yang sudah di rebus suwir-suwir dan beri air perasan jeruk limau, aduk rata dan siap disajikan ke dalam mangkok atau piring.

Jika Anda tertarik menikmati sensasi plecing telengis silahkan anda datang ke suatu daerah yang namanya Petung. Daerah Petung berada di Desa Muncan, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Bali. Di sini Anda akan menemukan sumber mata air yang airnya benar-benar jenih dan tidak pernah kering. Di daerah ini tanaman kangkung tumbuh dengan subur sekali. Oleh karena banyaknya ada tanaman kangkung, maka penduduk setempat memanfaatkannya untuk membuat “plecing kangkung sambal telengis”.

Adapun objek wisata yang dekat dengan daeah petung yakni objek wisata bukit jambul, objek wisata pura besakih, bendungan yeh unda hulu, dan air terjun telaga waja. Silahkan menikamti makanan khas karangasem bali berupa “plecing telengis” sambil mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut.

0 Response to "Plecing Telengis, Makanan Khas Karangasem Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif