T1/31/2013

Tempat Wisata Bendungan Yeh Unda Hulu Sidemen Karangasem Bali

Warga kecamatan Sidemen, Karangasem, Bali yang sebaian besar mata pencahariannya menjadi petani memanfaatkan air sungai untuk mengairi lahan persawahan mereka. Namun, bagaimana kalau letak sungai tersebut di bawah dengan letak sawah? Di mana petani akan mendapatkan air untuk mengairi sawah mereka?

Air terjun di bendungan yeh unda hulu

Untuk itulah dibangun bendungan Tukad Yeh Unda Hulu yang berfungsi untuk membagi air sungai Yeh Unda sehingga airnya sampai ke persawahan milik petani walaupun lahan mereka jauh di atas permukaan sungai. Namun lama kelamaan, karena keindahan panoramanya, bendungan ini juga memiliki fungsi sebagai tempat wisata yang patut dikunjungi.

View di bendungan yeh unda hulu

Bendungan Tukad Yeh Unda Hulu terletak di Desa Sinduwati, kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Waktu tempuh jika berangkat dari kota Semarapura (ibu kota Kabupaten Klungkung) kurang lebih 30 menit. Sedangkan jika berangkat dari bandara internasional Ngurah Rai, maka dibutuhkan waktu tempuh sekitar 80 menit. Lokasinya dekat dengan jalan raya (jurusan Sidemen - Selat), juga disediakan parkir mobil dan sepeda motor. Pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

foto-foto di bendungan yeh undah hulu

Kami sering melakukan wisata atau kunjungan ke bendungan ini, hal ini disebakan karena rumah kami sangat dekat dengan lokasi ini. Untuk mencapai tempat ini kami hanya menempuh 15 menit perjalanan. Biasanya kami melakukan wisata ke tempat ini pada sore hari sekitar pukul 16.00. Pada sore hari udaranya tidak terlalu panas. Di lokasi ini anda bisa duduk atau sambil makan-makan bersama kerabat ataupun teman-teman. Di bendungan ini anda akan disuguhkan pemadangan yang indah, dimana pengunjung bisa mendengar deburan air yang jatuh seperti suara ombak.

Satu hal lagi, bila anda ingin merasakan sensasi yang luar biasa, anda bisa turun ke sungai untuk menikmati percikan air yang lembut. Di bawah bendungan anda bisa duduk ataupun foto-foto. Penasaran?? Silahkan kunjungi Bendungan Tukad Yeh Unda Hulu.

0 Response to "Tempat Wisata Bendungan Yeh Unda Hulu Sidemen Karangasem Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif