free counter with statistics Sekilas Tentang Kecamatan Sidemen Karangasem Bali
T9/16/2012

Sekilas Tentang Kecamatan Sidemen Karangasem Bali

Iklan
Iklan
Sidemen merupakan salah satu dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Menurut wikipedia, luas wilayah kecamatan sidemen adalah 35,15 km². Pada tahun 2002, penduduknya berjumlah 30.117 jiwa.

Secara topografi wilayah kecamatan sidemen merupakan daerah pegunungan, sehingga udaranya sangat sejuk. Adapun batas-batas wilayah kecamatan sidemen sebagai berikut:
=> Utara     : Kecamatan Selat
=> Timur   : Kecamatan Manggis
=> Selatan : Kabupaten Klungkung
=> Barat     : Kecamatan Rendang

Sebagian besar penduduk di kecamatan sidemen bekerja sebagai petani sawah dan perkebunan karena wilayahnya berupa pegunungan yang kaya dengan sumber mata air. Untuk persawahan, petani lebih dominan menanam padi dan cabai. Dengan menggunakan sistem tumpang sari, petani juga menanam kacang tanah, kacang panjang, jagung, dan bunga pacar air. Sedangkan dibidang perkebunan, petani membudidayakan salak, cengkeh, manggis, dan durian.

Karena memiliki pemandangan alam yang menarik wisatawan dan asri maka sektor pariwisata di daerah ini berkembang sangat pesat. Ini terbukti banyak bediri villa dan restoran di kecamatan Sidemen dalam kurun beberapa tahun. Semua villa dan restoran di daerah ini mempekerjakan warga lokal, sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat setempat. Hampir setiap hari wisatawan asing lalu lalang di Sidemen. Karena masih dalam keadaan suasana pedesaan, tamu asing yang melancong ke daerah ini akan berlama-lama tinggal di Sidemen.

Adapun tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi di kecamatan Sidemen adalah sebagai berikut:
1. Bukit Asmara
Berada di perbatasan banjar dinas Ogang dengan Banjar Sanggem. Di sini kita bisa melihat pemandangan alam perpaduan dengan pegunungan, persawahan, perkebunan, dan perumahan penduduk. Pagi hari pemandangan matahari terbit di sini sangat indah, di mana sang surya muncul di balik gunung dwangga yang berada di timur. Silahkan baca juga menikmati indahnya matahari terbit di bukit Asmara.
View di Bukit Asmara Sidemen Karangasem Bali
Bukit Asmara yang mempesona.
Image Credit by Karianta "Tim Bali Long Trip Mania"

2. Bendungan Yeh Unda Hulu
Karakteristik bendungan ini hampir mirip seperti bendungan kali Unda yang berada di klungkungBendungan ini berada di desa Sinduwati. Dengan aliran sungai Tukad yeh Unda bendungan ini menghasilkan air terjun yang berbentuk tirai yang cukup panjang. Silahkan baca tempat wisata bendungan yeh unda hulu.

3. Pemandangan Cepik
Cepik merupakan nama sebuah tempat yang berada di banjar Tabola. Di sini kita bisa melihat alam pegunungan dan persawahan yang berundak-undak. Di sini berdiri banyak villa dan restoran yang menyajikan makanan khas Bali. Memandang ke utara kita akan melihat keindahan gunung Agung yang menjulang tinggi. Silahkan baca juga tempat wisata Cepik Sidemen
View di Cepik Sidemen Karangasem Bali
Cepik yang mempesona dengan villanya yang siap dipesan kapan saja.
Image Credit by Karianta "Tim Bali Long Trip Mania"
4. Pemandangan Alam Iseh
Iseh merupakan nama sebuah desa yang berada di perbatasan antara kecamatan selat dengan sidemen. Di sini kita akan dimanjakan dengan pemandangan persawahan yang menhijau dengan latar belakang gunung agungnya. Silahkan baca juga tempat wisata desa iseh

5. Pura Petemon Sanggem
Di pura petemon kita disajikan pemdangan alam dengan persawahan serta pegunungan. Berbeda dengan cepik di mana kita melihat keindahan alam dari bawah, justru di pura petemon kita melihat pemandangan alam dari ketinggian atau dari atas bukit. Kita bisa melihat pemandangan alam di kecamatan sidemen bagian timur dengan hamparan sawah yang luas yang dibatasi oleh gunung Dwangga.

6. Treking Gunung Dwangga
Yang suka hobi mendaki gunung, di sidemen kita akan disajikan objek wisata treking menyusuri tingginya gunung Dwangga. Di atas gunung ini kita akan melihat wilayah kecamatan sidemen secara keseluruhan dan laut selatan bali dengan gugusan pulau nusa penida. Silahkan baca tempat wisata pendakian Gunung Dwangga Sidemen.

7. Pura Bukit Sangkan Gunung
Pura Bukit Sangkan Gunung kita disuguhkan pemandangan alam di sebelah timur. Karakteristik view di sini hampir sama seperti pura Petemon Sanggem.

8. Rafting Telaga Waja
Tidak hanya wisata alam, sidemen juga memiliki objek wisata arung jeram yang di Tukad Telaga Waja. Sungai ini merupakan batas sebelah barat kecamatan Ridemen dengan kecamatan Rendang.

9. Alam Bodog
Di sini kita disajikan pemandangan persawahan, pegunungan dan sungai telaga waja yang jernih. Kita bisa menyaksikan aktivitas para petualang arung jeram menyusuri sungai Telaga Waja dari tebing sungai.

10. Bukit Bintang
View di sini hampir sama seperti view di bukit asmara, hanya saja di sini kita bisa melihat ke selatan (kabupaten Klungkung) yang indah.

11. Jembatan Kuning Yeh Unda
Jembatan yang unik ini berada di perbatasan banjar Dukuh dengan desa sidemen yang membentangi Tukad Yeh Unda. Jembatan kuning ini hanya untuk pejalan kaki dan sepeda motor, tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Silahkan baca jembatan Kuning Yeh Unda

12. Alam Banjar Dukuh
Di sini kita bisa berinteraksi dengan warga setempat untuk melihat proses menanam padi pada saat musim tanam padi seperti membajak sawah dan lain sebagainya. Pemandangan alam di sini tidak kalah indahnya dengan desa-desa yanga ada disekitarnya. Kita bisa melihat gugusan pegunungan yang seolah-olah mengelilingi desa ini. 

13. Proses Pembuatan Kain Songket Sidemen
Sidemen merupakan sentra produksi kain songket Bali atau lebih dikenal dengan nama songket sidemen. Kita bisa secara langsung melihat proses pembuatan kain songket ini dari penduduk lokal di sana. Silahkan baca juga kain songket sidemen, kain khas bali yang terkenal.


Selain yang disebutkan di atas masih ada tempat-tempat lain yang layak untuk dikunjungi dan tidak bisa menyebutkan secara keseluruhan lokasi atau tempat wisata yang ada di Kecamatan Sidemen. Silahkan baca juga tempat wisata di kabupaten karangasem untuk mengetahui info tempat wisata di bali yang lainnya khususnya di kabupaten karangasem.
Iklan