free counter with statistics Tempat Wisata Jembatan Kuning Yeh Unda Sidemen Karangasem
T12/15/2015

Tempat Wisata Jembatan Kuning Yeh Unda Sidemen Karangasem

Iklan
Iklan
Sidemen merupakan nama sebuah kecamatan sekaligus nama sebuah desa di kabupaten Karangasem. Tepat ditengah wilayah kecamatan Sidemen mengalir sebuah sungai yang bernama Tukad Yeh Unda yang menyebabkan kecamatan ini dibagi menjadi dua bagian yakni bagian barat dan timur. Tukad ini mengalirkan air dari kaki Gunung Agung di kecamatan Selat Karangasem hingga lautan Indonesia di kabupaten Klungkung. Untuk menghubungkan kedua wilayah tersebut maka pemerintah membangun sebuah jembatan. Salah satunya jembatan Kuning Yeh Unda yang menghubungkan desa sangkan Gunung dengan desa Sidemen.
 
Jembatan Kuning Yeh Unda Sidemen
Jembatan Kuning Yeh Unda Sidemen
Jembatan ini diberi nama jembatan Kuning  Yeh Unda karena jembatan ini berwarna kuning dan berada di atas Tukad Yeh Unda. Tidak seperti jembatan pada umumnya menggunakan beton, jembatan kuning ini dibangun dengan menggunakan sebuah tali besi yang digantung dan yang menjadi jalannya terbuat dari kayu. Karena jembatan ini dibuat dengan cara digantung maka jembatan ini sering diberi nama oleh penduduk setempat Jembatan Gantung Yeh Unda. Jembatan ini hampir sama seperti Jembatan Kuning Payangan, sehingga jembatan Kuning Yeh Unda dapat dikatakan sebagai kembaran dari Jembatan Payangan.

Jembatan ini tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja, itu pun hanya satu jalur saja. Jika ada sepeda motor akan melintas ke timur maka sepeda motor yang akan melintas ke barat harus menunggu supaya sepeda motor yang dari barat sudah sampai di sebelah timur sungai Yeh Unda. Selain untuk pengguna sepeda motor, jembatan ini digunakan untuk pejalan kaki oleh warga setempat jika ingin menuju desa sidemen tanpa harus basah-basahan melewati sungai.

Tidak hanya unik, jembatan kuning yeh unda juga memiliki pemandangan alam yang memukau mata. Di mana ditengah-tengah jembatan kita bisa melihat aliran sungai Tukad Yeh Unda yang jernih pada musim kemarau dengan backgrundnya gunung agung yang menjulang tinggi. Di sekitar jembatan juga terdapat pohon-pohon yang tumbuh dengan subur dan menghijau. Jika ingin merasakan sejuknya air sungai ini, anda bisa turun untuk sekedar cuci muka atau mandi.

Bagi yang ingin mencoba menikmati keindahan jembatan ini sambil foto-foto disarankan jangan sampai mengganggu aktivitas warga yang akan menyeberang di jembatan ini. Jembatan ini merupakan satu-satunya penghubung antara desa Sangkan Gunung dengan desa Sidemen setelah jembatan Luah yang bisa dilalui dengan mobil terputus pada bulan Juni 2015.
Tempat Wisata Jembatan Kuning Yeh Unda Sidemen Karangasem
Jembatan Kuning Yeh Unda 
Jika ke barat kira-kira 200 meter kita akan disajikan keindahan alam persawahan yang terhampar luas dengan dikelilingi dengan alam pegunungan yang sangat indah. Adapun objek wisata yang dekat dengan Jembatan Kuning Yeh Unda yakni bendungan Yeh Unda Hulu yang berjarak 1,5 km, pemandangan alam Cepik, dan Bukit Asmara.

Lokasi dan Cara Akses Jembatan Kuning Yeh Unda
Lokasi Jembatan Kuning Yeh Unda berada di sebelah timur Banjar Dukuh, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, Karangasem Bali. Dari objek wisata besakih hanya berjarak 16 km, dari kota Semarapura hanya berjarak 13 km, dari kota Denpasar hanya berjarak 43 km dan dari Bandara Ngurah Rai berjarak 56 km. Jika Anda ingin menikmati keindahan jemabatan ini, berikut rute perjalanan yang bisa anda lalui dari kota Semarapura.


Dari objek wisata Kerta Gosa atau dari perempatan kota Semarapura (terdapat Patung Kanda Pat) cari Jalan Diponegoro hingga melewati sebuah jembatan yang terdapat air terjunnya disebelah utara (kiri). Tidak jauh dari jembatan ini akan menemukan sebuah perempatan, dengan mengambil arah ke kiri (jalan Raya Semarapura-Karangasem) lanjutkan perjalanan hingga ke Polsek Sidemen. Dari polsek sidemen, kira-kira 300 meter ke utara akan menemukan pertigaan, di pertigaan ini belok ke kiri, dengan menyusuri jalan ini maka Anda akan menemukan sebuah jembatan gantung. Nah itulah Jembatan Kuning Yeh Unda.
Iklan