free counter with statistics Inilah 3 Tempat Wisata Di Amlapura Bali
T9/29/2019

Inilah 3 Tempat Wisata Di Amlapura Bali

Iklan
Iklan

Amlapura merupakan ibu kota dari kabupaten Karangasem, Bali. Menurut catatan sejarah, kota ini pada awalnya bernama Kuta Negara Karangasem yang didirikan pada tanggal 22 Juni 1611, sehingga hari ulang tahun Kota Amlapura dirayakan setiap tanggal 22 Juni tiap tahunnya. Kuta Negara Karangasem ini sempat luluh lantak karena terjadi letusan gunung Agung pada tahun 1963. Setelah pembangunan kembali namanya diubah menjadi Kota Amlapura dan dideklarasikan sebagai nama Ibu Kota Kabupaten Karangasem pada tanggal 17 Agustus 1971.
Inilah 3 Tempat Wisata Di Amlapura Bali
Tempat wisata di Amlapura

Sebagai ibu kota dari kabupaten, tentunya kota Amlapura memiliki tempat-tempat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Bagi yang kebetulan akan berlibur ke kota Amlapura, berikut admin bagikan dan rekomendasikan 3 tempat wisata di Kota Amlapura yang mungkin bisa dikunjungi.

1. Puri Agung Karangasem
Bagi yang suka dengan wisata sejarah atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah, cobalah mampir ke Puri Agung Karangasem yang berlokasi di Jalan Sultan Agung, Kota Amlapura. Istana kerajaan ini dibangun pada abad ke-19 oleh oleh raja pertama Kerajaan Karangasem yaitu Anak Agung Gede Jelantik. Di istana kerajaan ini pengunjung akan melihat megahnya kori agung dan tembok-tembok tebal dan tinggi masih terlihat berdiri kokoh dan masih utuh mengelilingi areal puri, serta pepohonan yang diperkirakan berumur ratusan tahun berdiri kokoh halaman puri. Bangunan istana ini dibangun dengan perpaduan gaya arsitektur Bali, Eropa dan China. Bangunan lainnya di Puri Karangasem diantaranya terdapat juga Balai Kambang yang berada di tengah-tengah kolam.

2. Taman Budaya Candrabhuana
Lapangan yang berada di Jalan Ngurah Rai, Kota Amlapura ini pada awalnya merupakan sebuah lapangan yang diperuntukan untuk aktivitas olahraga. Kemudian lapangan olahraga tersebut diubah menjadi taman budaya yang fungsinya menjadi tempat untuk pementasan kebudayaan. Tempat ini ramai dikunjungi oleh warga yang tinggal di sekitar lapangan. Mereka ada yang sekadar beristirahat maupun berolahraga saat pagi dan sore hari. Taman yang sudah tertata rapi dan indah ini sangat cocok untuk wisata rekreasi bersama keluarga. Juga sudah disediakan fasilitas bale bengong untuk sekedar nongkrong menikmati suasana taman atau tempat berteduh di siang hari.

3. Taman Kota Jagath Karana
Taman Kota Jagath Karana berada di Jalan Veteran Amlapura tepat di depan Stadion Amlapura. Tempat ini ramai dikunjungi oleh warga sekitar, baik sekedar berolah raga maupun mengajak anak-anaknya menikmati fasilitas bermain di tempat ini. Taman Kota ini  tak hanya menyediakan sarana bermain untuk anak-anak, remaja, juga untuk lansia. Pengunjung juga dimanjakan wifi gratis 24 jam lengkap dengan ruang berteduh dan tempat duduk. Patung Panca Dewata berada di bagian sisi patung bola dunia, dasar patung ada di tengah kolam yang dilengkapi air mancur warna-warni. Taman lansia juga disediakan untuk jalan-jalan para lansia dengan jalur dilengkapi batu sikat untuk refleksi kaki, juga disediakan fasilitas untuk penyandang disabilitas.

Selain mengunjungi beberapa tempat wisata tersebut, Kota Amlapura juga dekat dengan beberapa tempat wisata populer di Bali seperti Taman Ujung, Taman Tirta Gangga, Rumah Pohon Bukit Lemped, Rumah Pohon Poh Landung, Bukit Cinta Karangasem, Desa Wisata Jasri, Rumah Cokelat Karangasem (Bali factory Chocolate), Pantai Sosro dan pantai Jasri.

Sumber:
http://v2.karangasemkab.go.id/index.php/profil/17/Sejarah
Iklan