free counter with statistics Sate Languan, Kuliner Khas Klungkung
T2/15/2016

Sate Languan, Kuliner Khas Klungkung

Iklan
Iklan
Bagi yang suka berburu kuliner khas Bali, tidak salahnya mencoba kuliner sate languan. Sate yang berbahan dasar ikan laut ini merupakan kuliner khas kabupaten Klungkung. Walaupun kuliner ini berasal dari “bumi serombotan” kini penyebarannya hampir seluruh Bali. Selain sebagai hidangan, di tempat asalnya sate ini digunakan sebagai sajian dalam upacara keagamaan. Sate ini akan lebih mantap rasanya jika disajikan atau dihidangkan dalam keadaan masih panas atau hangat.
Sate Languan, Kuliner Khas Klungkung
Sate Languan kuliner khas Klungkung
Proses pembuatan sate languan sangatlah mudah. Daging ikan laut yang sudah dihilangkan tulang-tulangnya ditumbuk hingga halus lalu tambahkan dengan santan. Kemudian tumbuk bawang putih, bawang merah, terasi, garam dan jahe secukupnya yang sebelumnya diiris-iris terlebih dahulu. Agar nantinya sate languan baunya lebih harum bisa ditambahkan bawang merah, bawang putih, dan cabai yang digoreng. Semua bahan yang sudah ditumbuk halus tadi dicampur menjadi satu sehingga terbentuk adonan sate yang disebut dengan istilah “luluh sate”. Luluh sate tersebut kemudian dililitkan pada tusuk sate yang terbuat dari pelepah daun kelapa lalu dipanggang diatas bara api yang dibuat dari tempurung kelapa sampai matang, maka jadilah sate languan siap dihidangkan.

Bagi yang ingin menikmati sate languan tanpa harus repot-repot membuatnya bisa mencoba membelinya di warung-warung di Pantai Lebih. Pantai yang berada di kabupaten Gianyar ini menyediakan aneka hidangan khas laut termasuk sate languan. Bila Anda ingin memanggangnya di rumah bersama keluarga atau teman-teman, bisa juga membeli luluh dan tusuk satenya. Di sekitar pantai lebih banyak menyediakan luluh sate dengan harga yang terjangkau.

Sekarang ini kuliner sate languan malah banyak diburu konsumen. Tidak hanya dinikmati oleh warga lokal, wisatawan nusantara yang dari luar bali juga banyak memburu kuliner sate languan ini. Bahkan wisatawan mancanegara juga tidak mau ketinggalan mencoba mencicipi kuliner ini. Hampir tiap hari warung-warung di pantai lebih yang menjual sate languan tidak pernah sepi daripengunjung.

Bagaimana? Anda tertarik menikmati sate languan? Silahkan kunjungi pantai lebih. Selain bisa menikmati kuliner khas pantai Lebih yang maknyus, kita bisa menikmati indahnya pantai lebih dengan deburan ombaknya yang merupakan surganya bagi peselancar kelas dunia.
Iklan