free counter with statistics Inilah 10 Pantai Untuk Melihat Sunrise di Bali
T10/09/2018

Inilah 10 Pantai Untuk Melihat Sunrise di Bali

Iklan
Iklan

Bali terkenal akan keindahan tempat wisata pantainya. Kecantikan pantai di Bali tidak hanya terlihat dari pesona pasir putihnya yang eksotis, tetapi pesona matahari terbitnya lho. Sajian sunrise pantai di Bali benar-benar memukau mata pengunjung. Ini terbukti banyak wisatawan rela bengong dipinggir pantai hanya untuk menunggu yang surya bangkit menyinari bumi dengan warna yang kemerah-merahan.

Inilah 10 Pantai Untuk Melihat Sunrise di Bali
Matahari terbit di pantai 


Untuk bisa menikmati pesona matahari terbit, wisatawan harus rela datang pagi-pagi ke pantai. Supaya tidak terkendala dengan jarak tempuh saat menuju pantai pada pagi hari, kamu bisa menyewa penginapan yang dekat dengan pantai. Kabar baiknya, hampir pantai-pantai yang populer di bali terdapat beberapa penginapan dengan harga yang terjangkau.

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua pantai di Bali menyuguhkan pesona matahri terbit. Jadi para traveler yang ingin melihat sunrise harus tahu pantai apa saja di Bali yang menawarkan pesona matahari terbit. Berikut admin bagikan 10 pantai untuk melihat sunrise di Bali.

1. Pantai Nusa Dua
Pantai Nusa Dua membentang di kawasan elit yang terkenal dengan nama Indonesia Tourism Development Corporate (ITDC) Nusa Dua, di mana di sini banyak berdiri hotel bintang lima. Kawasan ini mampu menarik kunjungan wisatawan untuk menikmati cantiknya pantai pasir putih tiap harinya. Pantai yang diapit oleh dua buah pulau ini mampu membuat para pelacong untuk berlama-lama bengong menikmati indah pantai ini. Pada pagi hari, pantai dengan ombak yang relatif tenang ini menyuguhkan indahnya sang surya terbit di ufuk timur yang memukau tiap mata yang memandangnya. Pantai Nusa Dua berada di kawasan ITDC Nusa Dua, Desa Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

2. Pantai Sanur
Pantai Sanur merupakan salah satu pantai terpopuler di Bali versi Instagram setelah pantai Kuta Bali dan Pandawa. Bagi pecinta sunrise, pantai sanur tempat yang ideal untuk melihat matahari terbit. Di sini tersedia beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk duduk-duduk menunggu detik-detik yang surya memunculkan sinarnya ke permukaan bumi. Di pantai Sanur terdapat banyak titik pantai yang bisa digunakan untuk melihat sunrise di pagi hari.  Tahukah anda bahwa pantai Sanur terbagi menjadi beberapa titik pantai dengan naman yang berbeda-beda. Setidaknya di sini terdapat 10 titik pantai yang memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri. Lokasi pantai Sanur berada di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Madya Denpasar, Bali.

3. Pantai Padang Bay
Bagi yang suka aktivitas menyelam (diving), pantai Padang Bay merupakan titik menyelam yang sangat populer di kalangan para penyelam. Para penyelam harus menyewa perahu nelayan atau jukung milik masyarakat setempat untuk menuju titik penyelaman yang lokasinya tidak jauh dari bibir pantai. Air di pantai ini sangat jernih, sehingga kita bisa melihat biota di bawahnya, tentu ini sangat bagus untuk aktivitas snoorkeling. Ada pula deretan cafe yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi nongkrong asyik di Pulau Bali. Pantai yang memiliki pasir putih ini dekat dengan pelabuhan Padang Bai lho. Pantai ini benar-benar indah sekali, apalagi menjelang sang surya terbit. Lokasi Pantai Padang Bay berada di Desa Padang Bai, kecamatan Manggis, kabupaten Karangasem, provinsi Bali.

4. Pantai Lebih
Pantai yang paling populer di Kabupaten Gianyar ialah pantai Lebih. Pantai ini terkenal akan olahan masakan laut (seafood). Di sini berdiri warung-warung makan yang menjual aneka olahan ikan lautnya, seperti sate, bakso, dan sop yang berbahan dasar ikan laut. Tidak hanya diburu oleh wisatawan lokal, wisatawan asing juga banyak yang mencoba mencicipi olahan khas laut di pantai ini. Pagi hari pantai ini menyuguhkan pemandangan yang sangat keren dengan pesona matahari terbitnya. Bagi yang ingin menikmati indahnya sang surya terbit di pagi hari, tidak perlu khawatir masalah jarak tempuh, karena tidak jauh dari pantai terdapat hotel, villa atau penginapan yang siap menajakan Anda dengan harga yang terjangkau. Lokasi Pantai Lebih berada di Desa Lebih, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar,Bali.

5. Pantai Candidasa
Pantai Candidasa memiliki pasir hitam dengan terkstur yang berkelikir. Walaupun berpasir hitam, untuk masalah keindahan, pantai candidasa tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Bali. Pantai Candidasa merupakan spot yang bagus untuk menyaksikan sunset dan sunrise. Pada pagi hari kita akan menyaksikan sunrise sedangkan pada sore hari kita akan menyaksikan sunset. Jika anda ingin menikmati sunrise sebaiknya Anda sedikit berjalan ke arah Tanjung Iri yang berada di sebelah timur objek wisata Candidasa. Jika Anda tidak menuju lokasi Tanjung Iri, Anda tidak akan bisa melihat sunrise karena tertutup perbukitan di sebelah timur pantai ini. Sangat cocok dijadikan objek fotografi atau sekedar ber-selfi dengan background sunrise pantai Candidasa. Lokasi pantai Candidasa berada di Desa Candi Dasa, kecamatan Manggis, kabupaten Karangasem, Bali.

6. Pantai Mertasari Sanur
Pantai Mertasari merupakan salah satu titik pantai di Desa Sanur. Dari hampir semua titik pantai yang ada di sanur yang hanya bisa menyaksikan matahari terbit saja, di pantai mertasari kita bisa melihat matahari terbenam lho. Jadi pada pagi hari kita bisa melihat sunrise dan sore hari kita bisa menyaksikan sunset. Selain itu, pantai ini sering digunakan untuk mengadakan festival layang-layang yang biasanya diadakan pada bulan Juli-September. Jika anda ingin menyaksikan layang-layang dengan aneka bentuk yang unik, maka datanglah ke pantai mertasari yang berlokasi di Jalan Tirta Empul Sanur, Kelurahan Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

7. Pantai Amed
Pantai Amed merupakan spot untuk menyelam dan snorkeling terbaik di Bali Timur dengan pemandangan bawah laut yang sangat keren. Tidak hanya itu saja, pantai ini juga menyajikan pemandangan yang spektakuler dengan suasana yang sepi dan tenang. Siang hari pengunjung akan melihat kapal-kapal atau jukung-jukung nelayan berjejer dengan rapi di pinggir pantai, tentu ini akan menambah pesona pantai ini. Pantai yang berada di Bali Timur ini, pada pagi hari pantai ini menyuguhkan pemandangan sunrise yang sangat keren lho. Lokasi Pantai Amed berada di Desa Amed, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali.

8. Pantai Tulamben
Spot lain untuk melihat sunrise di Bali Timur yakni Pantai Tulamben. Pagi hari pantai Tulamben menawarkan pesona yang sangat memukau mata. Cahaya sang surya yang kemerah-merahan muncul secara perlahan-lahan dari balik cakrawala dunia, sungguh pemandangan yang unik. Selain itu, pantai ini merupakan spot untuk menyelam dan snoorkeling terbaik di Bali karena memiliki pesona bawah laut yang indah dengan terumbu karangnya yang masih alami. Tidak cukup dengan pesona bawah laut, pesona pantai juga tidak kalah cantiknya. Bagi yang penasaran akan keindahan pantai Tulamben di pagi hari silahkan datan ke Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali.

9. Pantai Purnama
Tidak hanya memiliki pantai Lebih yang terkenal akan kuliner seafoodnya, Gianyar juga memiliki pantai Purnama yang tidak kalah cantiknya dengan pantai lainnya di Bali. Pantai yang memiliki pasir hitam yang berkilauan pada siang hari ini juga mengagumkan pesonanya di pagi hari kala sang surya akan terbit di ufuk timur. Selain menyaksikan matahari terbit, aktivitas lain yang mungkin bisa dilakukan di pantai ini yakni bersantai sambil menikmati suasana pantainya yang tenang, berjemur (biasanya dilakukan oleh wistawan asing), bermain (karena memiliki areal yang luas dan berpasir), surfing karena memiliki ombak yang cukup dan memancing. Selain dikunjungi oleh wisatawan sebagai tempat wisata, Pantai Purnama juga sering dijadikan tempat kegiatan upacara keagamaan oleh penduduk setempat seperti Melasti dan Melarung Bumi. Lokasi pantai Purnama berada di Banjar Lumpang Telabah, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

10. Pantai Tanjung
Sama seperti pantai Sanur, Pantai Tanjung Benoa juga terdiri dari beberapa titik pantai dengan nama yang berbeda-beda. Biasanya nama-nama pantai di tanjung benoa disesuaikan dengan nama jasa penyewaan wisata air (watersport), tujuannya untuk memudahkan mengingat spot pantai tersebut. Tidak hanya berpasir putih yang eksotis dengan ombak yang tenang, pantai tanjung benoa juga surganya wisata air (watersport) di Bali. Di sini kita akan dimanjakan dengan olahraga air yang menantang. Pagi hari pantai ini juga menawarkan pesona matahari terbitnya lho. Penasaran? Coba sambangi lokasinya di pagi hari ke Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.


Nah itu beberapa pantai di Bali yang menyuguhkan pesona matahari terbit yang sangat keren. Tidak hanya itu saja, masih banyak pantai di Bali yang menyajikan pesona sunrise yang belum admin sebutkan, seperti pantai Padang Galak, Pantai Kusamba, dan Pantai Goa Lawah. Semoga ini dapat dijadikan refrensi bagi yang mencari tempat wisata pantai sunrise di Bali. Salam longtriper.
Iklan