free counter with statistics Inilah 65 Tempat Wisata Di Bali Mulai Dari Gilimanuk Hingga Ke Uluwatu
T2/20/2019

Inilah 65 Tempat Wisata Di Bali Mulai Dari Gilimanuk Hingga Ke Uluwatu


Bali selatan merupakan surganya tempat wisata di Bali. Di sini terdapat ratusan tempat wisata yang siap memanjakan liburan Anda ke Bali. Salah satu tempat wisata populer di Bali Selatan adalah kawasan wisata Uluwatu yang terkenal dengan panorama sunset nya plus suguhan seni tari kecak yang sudah melegenda hingga ke luar negeri. 
Inilah 65 Tempat Wisata Di Bali Mulai Dari Gilimanuk Hingga Ke Uluwatu
Rute perjalanan dari Gilimanuk ke Uluwatu
sumber: Google Map

Jika Anda datang dari kawasan bali barat khususnya dari Pelabuhan Gilimanuk, untuk menuju kawasan Uluwatu akan menempuh jarak sekitar 154 km atau dengan waktu tempuh sekitar 4 jam 26 menit. Sepanjang perjalanan tersebut tentunya akan ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Berikut admin bagikan 65 tempat wisata yang bisa dikunjungi dari Pelabuhan Gilimanuk hingga ke Uluwatu.

1. Taman Siwa
Begitu menginjakan kaki di Pulau Bali melalui jalur barat, para wisatawan akan disambut dengan sebuah patung yang tingginya mencapai 22 meter yang bernama Patung Dewa Siwa Mahadewa. Patung yang berdiri di sebuah taman yang bernama Taman Siwa ini kini menjadi ikon pariwisata kabupaten Jembrana. Taman ini sangat bagus digunakan untuk sekedar nongkrong karena sudah dilengkapi dengan gazebo. Bagi yang ingin berolahraga atau sekedar jalan-jalan, di taman ini juga dilengkapi area jogging track yang mengelilingi patung tersebut.

2. Teluk Gilimanuk
Tidak jauh dari lokasi Patung Siwa Mahadewa berdiri terdapat sebuah teluk yang memiliki panorama yang sangat indah. Di Teluk Gilimanuk pengunjung akan ditawarkan aktivitas naik perahu motor untuk berkeliling teluk dengan panorama yang sungguh indah. Di kejauhan akan terlihat pulau-pulau yang ditutupi rimbunan pohon bakau yang tumbuh dengan suburnya. Terlihat juga perahu-perahu nelayan yang bersandar menambah indahnya panorama di teluk ini. Bagi yang suka hunting foto, tempat ini wajib untuk dikunjungi ketika berlibur ke Bali Barat.

3. Pantai Karang Sewu
Bagi pecinta pantai, pantai Karang Sewu wajib dikunjungi ketika berlibur ke Bali Barat. Pantai yang berlokasi di Banjar Arum, Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali ini merupakan salah satu pantai paling populer di Bali Barat. Pengunjung akan disajikan pesona alam yang sangat memukau dengan hamparan padang rumput hijau yang cukup luas. Terdapat sebuah pohon yang tumbuh di pinggir pantai yang menjadi ciri khas pantai ini yang dikenal dengan julukan “pohon jomblo”.

4. Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal dan populer di Bali. Tempat wisata ini berupa kawasan hutan lindung yang rindang dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat istirahat ketika akan melakukan perjalanan jauh. Perlu diperhatikan bahwa di hutan ini terdapat banyak kera liar, jadi diharapkan untuk berhati-hati jika akan istirahat di tempat ini. Di sini pengunjung akan melihat sebuah patung beberapa hewan dengan berpose tertentu yang menjadi ciri khas dari tempat wisata ini seperti burung jalak bali, kera, dan binatang lainnya.

5. Bumi Perkemahan Hutan Bali Barat
Bagi yang suka dengan kegiatan berkemah, Bumi Perkemahan Hutan Bali Barat sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Di sini tedapat hutan yang luas dan berdampingan dengan laut dekat pelabuhan laut Gilimanuk dan perlindungan Jalak Putih Bali yang langka. Tempatnya nyaman untuk perkemahan, baik untuk kegiatan kemah sekolah maupun keluarga.

6. Monumen Operasi Lintas Laut Jawa-Bali
Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa para pejuang Republik Indonesia yang telah dengan gigih melakukan pertempuran pada April 1946. Monumen ini lokasinya pun sangat strategis yang berada di pingir jalan Raya Denpasar-Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Dengan nuansa merah putih monumen ini sangat mudah sekali terlihat. Bagi suka berwisata sejarah jangan lewatkan untuk mengunjungi monumen ini.

7. Pantai Karang Impian
Pantai Karang Impian merupakan pantai pasir hitam yang indah dengan bongkahan karang yang unik menghiasi bibir pantai ini. Selain itu suguhkan batu karang yang unik, pengunjung bisa melakukan aktivitas memancing, melihat sunset pada sore hari, dan bersantai menikmati panorma pantai. Tempatnya sangat Instagramable banget lho, bahkan tempat wisata ini sering digunakan sebagai tempat untuk berfoto prewedding. Nama lain dari pantai ini adalah pantai Sumbersari, karena lokasinya berada di Banjar Sumbersari, Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Bagi pecinta kuliner, di pantai ini terdapat warung yang menyediakan menu ikan laut bakar.

8. Pantai Melaya
Pantai Melaya berada di Jalan Keramat Desa Melaya ini merupakan pantai yang berpasir hitam yang sepi dari kunjungan para turis. Jadi bagi yang menginginkan suasana pantai yang relatif sepi, pantai ini sangat tepat untuk dikunjungi.

9. Pantai Candikusuma
Pantai Candi Kusuma memiliki panorama yang indah dan menawan dengan suasana yang tenang sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati kenyamanan. Pantai Candikusuma juga dijadikan sebagai tempat memancing oleh penduduk sekitar. Pantai ini juga memiliki tempat selfie bagi yang suka berfoto-foto. Tentunya ini sangat digandrungi oleh kaula muda yang gemar berswafoto.

10. Pantai Pebuahan
Pantai Pebuahan tidak hanya menawarkan keindahan sunsetnya, juga menyuguhkan pemandangan aktivitas para nelayan yang mencari ikan dan menyandarkan perahunya di siang hari. Sangat bagus sebagai spot untuk berfoto-foto. Selain berwisata menikmati eksotisnya pantai pebuahan, pengunjung juga bisa berwisata kuliner. Di sini kita bisa menikmati hidangan khas lautnya.

11. Pantai Baluk
Pantai Rening atau lebih populer dengan nama Pantai Baluk Rening merupakan pantai pasir hitam yang konon pasir dan air lautnya mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti rematik atau asam urat. Selain itu, pantai baluk rening juga memiliki pemandangan yang indah dengan suasana pantai yang tenang plus dapat menyaksikan sunset dari pantai ini.

12. Taman Pecangakan
Taman Kota Pecangakan merupakan sebuah taman yang berada di Kota Negara. Di taman ini terdapat sebuah patung yang dikelilingi air mancur. Patung tersebut sama seperti patung Dewa Ruci yang berada di Simpang Siur Kuta. Area di Taman Kota Pecangakan ini sangat rindang karena terdapat beberapa pohon yang tumbuh subur, sehingga sangat cocok untuk tempat berteduh.

13. Kebun Raya Jagatnata
Kebun Raya Jagatnatha Jembrana memiliki luas area sekitar 5,8 hektar dan menjadi salah satu destinasi wisata unik yang memadukan fungsi konservasi tumbuhan, pendidikan, penelitian botani dan rekreasi. Pengunjung Kebun Raya Jagatnatha dapat bersantai menikmati keindahan dan keasrian kebun raya sambil mempelajari manfaat berbagai jenis tumbuhan koleksi untuk kehidupan sehari-hari.

14. Pantai Dlod Berawah
Pantai yang berpasir hitam ini memiliki ikon berupa patung putri duyung. Pantai Dlod Berawah menyuguhkan panorama pantai yang indah, asri, dan tentunya masih alami. Selain itu pantai ini memiliki areal lapang yang sangat luas sehingga cocok untuk kegiatan olahraga pantai seperti sepak bola dan bola volley.

15. Taman Rekreasi Dlod Brawah
Tidak jauh dari kawasan Pantai Dlod Berawah  terdapat sebuah taman rekreasi yang dilengkapi dengan kolam air laut. Kolam air laut yang terletak di tepi pantai ini terdiri atas kolam renang dewasa dan kolam renang anak-anak.

16. Pantai Tembles
Pantai Tembles memiliki hamparan pasir hitam yang landai dan luas. Pada sore hari pengunjung akan disuguhkan dengan pesona matahari terbenamnya yang sangat mempesona. Untuk mengurangi dampak abrasi, pantai ini dibeton, tetapi tidak mengurangi keelokan dari pantai ini. Beton penghalang abrasi tersebut bisa digunakan sebagai tempat nongkrong untuk menikmati pesona pantai.

17. Pantai Rambut Siwi
Pantai Rambut Siwi merupakan pantai pasir hitam yang masih relatif sepi yang menawarkan keindahan lautnya dibalut dengan keindahan pura rambut siwi yang berdiri di atas tebing di pantai ini. Pantai ini memiliki area berpasir yang cukup luas sehingga sangat cocok untuk melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, sepak bola, dan bola voli. Sangat cocok bagi yang ingin mencari suasana sepi dan nyaman karena jauh dari aktivitas perkotaan.

18. Anjungan Cerdas Rambut Siwi
Anjungan cerdas rambut Siwi berada di Rest Area Rambut Siwi di pinggir Jalan Raya Jurusan Gilimanuk-Denpasar. Anjungan cerdas ini dibangun untuk menekan angka kecelakaan akibat kurang isirahat dalam melakukan perjalanan. Selain sebagai tempat istirahat, Ajungan Cerdas Rambut Siwi juga menawarkan pesona yang sangat indah dengan hamparan sawah yang menyejukan mata.

19. Green Clift Yeh Embang Kangin
Di Green Cliff merupakan sebuah bangunan ditepi tebing yang terbuat dari bambu dengan panjang lintasan 60 meter serta tinggi 10 meter. Di atas bangunan tersebut dibangun gazebo serta kursi panjang yang memudahkan pengunjung untuk berfoto. Dari atas bangunan tersebut pengunjung akan disuguhkan dengan suasana pedesaan dengan pemandangan hijau.

20. Pantai Yeh Sumbul
Pantai Yeh Sumbuh menawarkan pesona keindahan pantai pasir hitam dengan pepohonan hijau yang menghiasi bibir pantainya. Pantai ini merupakan pantai nelayan, sehingga tidak mengherankan jika pada siang hari akan melihat jukung-jukung nelayan berjejer rapi di pinggir pantai. Terkadang pengunjung juga bisa melihat aktivitas para nelayan yang melempar jaring ke tengah laut.

21. Pantai Medewi
Pantai Medewi merupakan salah satu spot surfing terbaik di Bali. Selain bisa menyaksikan aktivitas para surfer memainkan papan surfingnya di tengah laut, pengunjung juga disuguhkan pemandangan alam yang indah terutama menjelang sore hari, di mana langit Pantai Medewi akan tampak indah saat matahari akan terbenam.

22. Pantai Pekutatan
Pantai Pekutatan memiliki garis pantai pasir hitam yang sangat panjang. Pantai ini masih alami dengan areal persawahan yang hijau berada di pinggir pantainya. Pantai ini cocok dikunjungi bagi yang ingin mencari suasana yang sepi dan tenang.

23. Wisata Air Gumbrih
Wisata Air Gumbrih merupakan obyek wisata yang mengkombinasikan indahnya aliran Tukad Pangyangan yang tenang dengan hijaunya kelapa dan buyuk liar di sepanjang sungai. Wisatawan dapat menyusuri sungai ini dengan menaiki jukung bertenaga mesin yang dikemudikan oleh awak yang profesional. Taman Wisata Air Gumbrih merupakan tempat terbaik untuk rekreasi keluarga di Pulau Bali.

24. Pantai Pengeragoan
Pantai ini dijadikan tempat peristirahatan setelah melakukan perjalanan yang panjang, baik dari Denpasar ke Gilimanuk atau sebaliknya karena lokasinya sangat strategis yakni berada di pinggir Jalan Raya Gilimanuk-Denpasar. Pantai yang berpasir hitam ini juga menyuguhkan keindahan matahari tenggelamnya yang sangat memukau mata pengunjung.
               
25. Pantai Yeh Leh
Pantai Yeh Leh menjadi salah satu pantai populer di Bali Barat yang berada di perbatasan antara kabuaten Jembrana dengan kabupaten Tabanan. Pantai yang didominasi oleh batu-batu besar ini, kerap kali digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi yang melakukan perjalanan jauh dari Denpasar ke Jembrana atau sebaliknya, karena di pantai ini sudah tersedia tempat duduk (gazebo) dan sebuah wantilan yang cukup besar sebagai tempat berteduh.

26. Pantai Selabih
Pantai Selabih berada di perbatasan antara kabupaten Jembrana dan Tabanan, tetapi masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tabanan. Pengunjung bisa menikmati indahnya pantai sambil duduk di warung menikmati makanan dan minuman. Lokasinya pun sangat strategis karena berada di pinggir jalan utama Denpasar-Gilimanuk.

27. Pantai Mekayu
Pantai Mekayu memiliki hamparan pantai pasir hitam yang sangat luas, sehingga sangat cocok untuk aktivitas bermain bola di kawasan pantai yang landai ini. Selain itu, pantai ini juga menawarkan pesona pantai yang sangat indah dengan pohon kelapa berdiri di pinggir pantai. Sore hari pesona sunset menambah indah pantai ini.

28. Pantai Balian
Pantai Balian memiliki pemandangan laut biru dibarengi gulungan ombak yang tinggi serta suasana tenang di sekitarnya cukup membuat pengunjungnya terkesima, tentunya sangat disukai oleh penggemar olah raga surfing.

29. Pantai Soka
Pantai Soka memiliki pemandangan yang indah dan menawan. Di pantai Soka terdapat sebuah goa yang berada ditebing batu karang yang dinamakan goa Bulung Daya yang dihuni oleh ribuan burung walet.

30. Pantai Antap
Pantai yang berpasir hitam ini memiliki pemandangan yang sangat mengagumkan dengan tebing-tebing batu yang menjulang tinggi menghiasi kawasan pantai ini. Suasana Pantai Antap sangat tenang sehingga cocok bagi pengunjung yang ingin mencari suasana pantai yang tenang dan nyaman.

31. Puri Anyar Kerambitan
Puri Anyar Kerambitan memiliki luas area sekitar 2 hektar, di dalamnya terdapat bangunan kuno dari abad ke 17. Selain itu, untuk menarik kunjungan wisatawan di sini diadakan pertunjukan tari, musik dan prosesi menikah ala kerajaan dengan perjamuan makan malam di Puri Anyar Kerambitan. Uniknya, di Puri Anyar Kerambitan diadakan pagelaran Gamelan Tektekan yang merupakan kesenian khas Tabanan.

32. Puri Agung Kerambitan
Puri Agung Kerambitan ini sekarang digunakan untuk tarian tradisional suci dan pertunjukan musik dan upacara pernikahan kerajaan. Salah satu daya tarik Puri Agung Kerambitan adalah Gamelan Tektekan.

33. Wisata Tanah Pegat Gubug
Tempat wisata ini merupakan tempat wisata selfie dengan berbagai latar, mulai dari rumah pohon, taman bunga matahari, ayunan, permainan air hingga menyediakan fasilitas restaoran. Tempat wisata ini bisa dijadikan tempat rekreasi keluarga yang sangat cocok untuk semua kalangan mulai dari anak-anak, anak muda hingga orang tua bisa menikmati kawasan ini.

34. Pantai Yeh Gangga
Pantai Yeh Gangga merupakan pantai pasir hitam dengan panorama yang indah serta keadaan pantai yang masih tenang dan nyaman dengan pesona matahari terbenam di sore hari. Uniknya, di bibir pantai terdapat batu karang yang bolong ditengahnya. Pada saat air laut surut, pengunjung bisa naik ke atas batu karang tersebut dan melihat pesisir pantai yang membentang luas ke selatan. Karang ini, kalau mau dilihat dari satu sudut tertentu, bentuknya itu menyerupai hati.

35. Pantai Melasti
Tempat wisata yang satu ini lokasinya sangat dekat dengan objek wisata Tanah Lot, berjarak sekitar 400 meter di sebelah barat pura Tanah Lot. Pantai ini menjadi incaran para traveler, karena panorama pantainya sangat bagus dan spot yang sangat pas untuk melihat panorma indahnya matahari terbenam (sunset) di barat cakrawala dunia.

36. Tanah Lot temple
Pura Tanah lot Bali merupakan tempat yang sangat bagus untuk menyaksikan matahari terbenam pada sore hari. Jika air laut sedang pasang, Pura Tanah Lot ini seakan-akan terpisah dengan lautan. Sedangkan jika air laut sudah mulai surut, daratan yang menghubungkan pura ini akan terlihat. Pada saat menjelang matahari tenggelam, momen-momen inilah yang diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Tanah Lot. Lokasi ini sangat cocok digunakan sebagai objek fotografi maupun praweding.

37. Pantai Nyanyi
Pantai Nyanyi merupakan pantai dengan hamparan pasir hitam yang sangat luas dan menyuguhkan pemandangan indah laut biru. Ombak di pantai ini cukup besar dan panjang, sehingga sangat ideal untuk bermain surfing. Pada sore hari, pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam sunset di pantai ini.

38. Pantai Mengening
Pantai ini memiliki suasana mirip seperti pantai Tanah Lot, di mana juga terdapat sebuah pura yang berada di tengah batu karang seperti Purat Tanah Lot. Pemandangan di pantai ini sangat indah, apalagi pada saat terjadi sunset. 

39. Pantai Seseh
Pantai berpasir hitam ini menyuguhkan pemandangan sunset. Pantai ini mempunyai gelombang besar dan berangin kencang sehingga cocok untuk melakukan kegiatan olahraga selancar dan Kitesurf.

40. Taman Segara Madu Waterpark
Taman Segara Madu memiliki beberapa kolam renang untuk anak-anak dan dewasa. Di sini juga tersedia wahana permainan seperti water slide dan perosotan. Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan kolam renang olympic untuk digunakan oleh atlet untuk berlatih. Fasilitas lain yang disediakan di sini antara lain areal parkir yang luas, restoran, ruang rapat, mini market, ruang ganti, tempat bersantai, tribun, pool bar, locker, dan gazebo. Bagi yang ingin memacu adrenalin pengunjung bisa mencoba jembatan gantung, lintasan tali, gebuk bantal, tarik tambang, dan lomba kanoe.

41. Pantai Batu Bolong
Di pantai ini terdapat batu besar dengan sebuah bolongan di dalamnya. Pantai ini terlihat sungguh menakjubkan dan indah dengan pemandangan matahari terbenam yang luar biasa.

42. Pantai Kayu Putih
Di pantai Kayu putih terdapat jembatan kayu yang membentang dari laguna sampai ke pasir pantai. Sangat pas jika ingin melakukan sesi foto selfie dengan latar belakang keindahan jembatan kayu, apalagi dipadukan dengan pemandangan matahari terbenam.

43. Pantai Batu Belig
Tempat ini sangat ideal hanya sekedar duduk santai sambil menunggu keindahan matahari terbenam. Pantai ini kerap kali digunakan untuk wisata naik kuda menyusuri pantai yang berpasir hitam.

44. Pantai Seminyak
Pantai Seminyak memiliki pantai pasir putih yang lembut dengan ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk bermain selancar. Tempat ini sangat cocok untuk tempat bersantai sambil menikmati suguhan sunset yang sangat indah.

45. Double Six Beach
Penamaan Double Six diambil dari nama sebuah club malam yang terletak di seberang pantai. Pantai Double Six sedikit lebih tenang daripada pantai Kuta dan menghadirkan nuansa eksotis. Sama seperti pantai Kuta, di sini kita akan disuguhkan pemandangan sunset yang indah.

46. Pantai Legian
Pantai Legian memiliki pesisir pantai sangat landai dan memiliki bentangan pasir pantai yang sangat panjang. Pantai yang berpasir putih ini menjadi incaran para surfer kelas dunia karena memiliki ombak yang sangat bagus. Sunset di pantai ini sangat memukau, sehingga pada sore hari pantai ini menjadi incaran para fotografer yang ingin mendapatkan foto sunset yang sangat unik dan keren.

47. Pantai Kuta
Pantai ini lokasinya lumayan dekat dengan bandara Ngurah Rai sekitar 10,5 km. Sore hari pantai yang berpasir putih ini diserbu oleh para turis yang ingin menyaksikan panorama sunset, sehingga tempat ini sangat pas digunakan untuk tempat nongkrong di sore hari. Pantai kuta dapat digunakan untuk mandi dan bermain surfing. Perlu diketahui bahwa pantai Kuta merupakan spot surfing paling populer di Bali.

48. Waterboom Bali
Waterbom Bali merupakan salah satu wahana rekreasi air terbesar di Bali yang menawarkan water slide dengan standar kelas dunia dengan pilihan sekitar sembilan jenis permainan seperti smash down, pipe line, boogie ride, funtastic, super bowl, boomerang, lazy river, race track, climax, dan lain-lain.

49. Cirus Waterpark
Cirus Waterpark merupakan tempat wisata permainan air yang dekat Bandara Ngurah Rai. Ada sekitar sembilan papan seluncur berbagai ukuran yang ada di Circus Waterpark yang siap memanjakan anda selama berwisata di Bali. Di sini juga tersedia wahana yang sangat ramah untuk anak-anak, misalnya Pinisi Boat, Mini Spiral Slider, Spill Bucket, Speed Racing Slider, Water Plaza, Family Slider, dan Kids Pool.

50. Hutan Mangrove Tuban
Ekowisata Tuban Bali menyuguhkan pemandangan hutan mangrove yang sangat indah dan sangat sejuk di siang hari. Pelancong akan berjalan di atas jembatan yang terbuat dari bambu dan kayu yang berada di tengah hutan mangrove dan di antara keramba kepiting. Di kawasan ini juga tersedia warung makan yang menyediakan kuliner khas hasil hutan mangrove, seperti kepiting dan udang.

51. Taman Ngurah Rai
Taman ini berada di atas Underpass Tuban. Taman ini dimanfaatkan oleh anak muda untuk bermain skate board. Selain itu, di taman ini juga terdapat pohon perindang dan gazebo, sehingg pada siang hari sangat tepat sekali untuk melepaskan lelah akibat perjalanan jauh.

52. Taman Satrya Gatotkaca
Taman Satrya Gatot Kaca atau Patung Kuda Tuban Bali menyuguhkan pemandangan sebuah patung yang diambil dari kisah pewayangan Mahabarata yakni kisah Raden Gatotkaca perang tanding melawan Raden Karna. Di mana Raden Karna menggunakan kereta perang yang ditarik oleh enam ekor kuda. Tempat ini sangat asik dikunjungi pada malam hari.

53. Pantai Kelan
Pantai Kelan berada di sebelah selatan dari pacu landas Bandara Ngurah Rai. Pantai kelan merupakan pantai yang sangat cocok untuk melihat sang surya tenggelam (sunset) di balik cakrawala dunia. Dengan latar belakang sang surya yang kemerah-merahan yang akan tenggelam, kita akan melihat pesawat yang mendarat di Bandara Ngurah Rai, sungguh pemandangan yang unik dan langka.

54. Pantai Kedonganan
Pantai yang berpasir putih ini terkenal akan wisata kuliner khas lautnya yang sudah melegenda hingga ke luar negeri akan kelezatannya. Di Pantai Kedonganan pengunjung tidak hanya bisa menikmati kulinernya, tetapi juga bisa menikmati keindahan pantainya. Menikmati keindahan laut sambil menyantap kulinernya sungguh pengalaman berlibur yang sangat menyenangkan. Apalagi ditambah dengan suguhan sunset yang keren tentu liburan akan tambah berkesan.

55. Pantai Jimbaran
Pantai Muaya atau pantai Jimbaran ini masih satu garis pantai dengan pantai Kelan dan Kedonganan. Pantai Muaya merupakan pantai yang berpasir putih dengan ombak yang cukup besar. Di sini sangat tepat untuk bermain surfing, khususnya untuk pemula. Tidak hanya tempat surfing, pantai ini juga terkenal akan masakan khas lautnya. Sekitar pantai banyak berdiri café-café atau warung makanan yang menyediakan menu khas lautnya.

56. Patung GWK
Patung GWK merupakan patung terbesar di Bali dan tertinggi ketika di dunia. Patung ini berdiri di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Taman merupakan jendela seni dan budaya Pulau Bali dengan latar belakang alam serta panorama yang sangat mengagumkan, menjadikan salah satu tujuan utama untuk berbagai pertunjukan kesenian, pameran, konferensi ataupun kunjungan keagamaan.

57 Nirmala Waterpark
Nirmala Water Park menyediakan kolam latihan, wahana air, dan tempat rekreasi keluarga. Di sini juga tersedia kolam arus, water slide, flyng fox, dan marine dridge. Untuk menambah kesegaran, ruang hijau ini menawarkan sejumlah Gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai.

58. Pantai Nyang Nyang
Pantai ini merupakan termasuk pantai tersembunyi, karena untuk mengunjungi pantai ini kita harus berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit melalui jalan berkapur yang belum diaspal. Di dasar tebing, akan terlihat pasir putih yang luas, tebing yang menghijau, dan kolam bebatuan yang indah. Pantai ini kerap kali digunakan sebagai tempat untuk berkemah karena terdapat area yang luas untuk mendirikan tenda.

59. Karang Boma
Warga setempat menyebut Karang Boma dengan nama Tanjung Mebulu. Karang Boma memang kini menjadi spot yang wajib ditampilkan di feed instagram. Di sini pengujung akan disuguhkan dengan panorama alam yang sangat indah dengan laut yang membiru di seberang tebing tempat kita berdiri. Senja hari, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama sunset yang memukau mata.

60. Pantai Bingin
Pantai Bingin merupakan salah satu pantai tersembunyi di Bali. Pada senja hari kita akan melihat sang surya tenggelam di balik cakrawala dunia. Pantai ini sangat mendukung untuk kegiatan berselancar karena memiliki ombak yang besar dan panjang.

61. Pantai Pemutih
Pantai Pemutih letaknya tersembunyi di kaki tebing, sehingga tidak banyak yang tahu akan keberadaan pantai ini. Panorama di pantai ini memang benar-benar memukau dengan pantai pasir putih yang eksotis. Pantai ini sangat cocok untuk aktivitas surfing, karena ombaknya yang menantang untuk peselancar.

62. Pantai Labuan Sait
Pantai ini memang unik karena dikelilingi oleh tebing batu karang yang kokoh dan untuk mencapai pantai ini Anda harus melalui celah tebing karang yang hanya muat satu orang serta menuruni anak tangga satu bersatu untuk dapat mencapai tepi pantai. Pantai ini juga menjadi spot untuk leihat sunset dan bermain surfing karena memiliki ombak yang cukup bagus.

63. Pantai Thomas
Thomas Beach memiliki pasir putih yang lembut dan halus dan merupakan pantai tersembunyi yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

64. Pantai Suluban
Pantai Suluban terkenal dikalangan para peselancar, karena memiliki gelombang laut yang cukup menantang. Selain itu, pantai Suluban juga menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih yang sungguh menawan dikelilingi oleh batu karang yang menjulang tinggi. Pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantainya harus memasuki celah-celah tebing yang tergolong sempit.

65. Uluwatu
Uluwatu masuk sebagai salah satu tempat wisata populer dan terkenal di Bali. Di tempat wisata ini terdapat Pura Uluwatu yang menjadi ikon dari tempat wisata ini. Pura Uluwatu merupakan salah satu destinasi wisata andalan Pulau Bali, dibangun di atas batu karang terjal dan tinggi, posisi karang ini menjorok ke samudra Indonesia yang biru. Kawasa pura luhur uluwatu terkenal dengan keindahan matahari terbenamnnya yang dikenal dengan nama Uluwatu Sunset Point. Di sini juga tersedia stage tempat digelarnya pertunjukan tari Kecak setiap sore hari. Dengan latar belakang sunset, pertunjukan kecak di sini akan menjadi sebuah pertunjukan seni tari yang memukau mata. pengunjung bisa berfoto-foto di sekitar pura dengan latar belakang tebing karang yang menghijau atau matahari terbenamnya.

Nah itu beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi sepanjang perjalanan dari Pelabuhan Gilimanuk hingga ke tempat wisata Uluwatu. Tentunya tidak semua tempat wisata tersebut bisa dikunjungi dalam sehari, jadi perlu persiapan dan waktu yang lumayan banyak untuk mengunjungi semua tempat wisata tersebut. Jika melakukan touring atau longtrip bisa juga menginap di beberapa hotel atau villa yang tersebar di sepanjang perjalanan dari Gilimanuk hingga ke Uluwatu dengan harga yang terjangkau.