free counter with statistics Inilah 3 Daya Tarik Wisata Di Kecamatan Busungbiu Buleleng
T2/20/2019

Inilah 3 Daya Tarik Wisata Di Kecamatan Busungbiu Buleleng

Iklan
Iklan

Seperti yang dilansir dalam laman Wikpedia, Busungbiu adalah nama sebuah kecamatan di kabupaten Buleleng, provinsi Bali, Indonesia. Kecamatan ini berjarak sekitar 30 km dari Kota Singaraja, ibukota Kabupaten Buleleng ke arah barat daya melalui Seririt. Pusat pemerintahannya berada di Desa Busungbiu. Secara administratif kecamatan Busungbiu terbagi menjadi 15 desa, yakni Bengkel, Bongancina, Busungbiu, Kedis, Kekeran, Pelapuan, Pucaksari, Sepang, Sepang Kelod, Subuk, Telaga, Tinggarsari, Tista, Titab, dan Umejero.

Kecamatan yang memiliki luas wilayah 196,62 km² atau 14,40 % dari luas Kabupaten Buleleng ini memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut.   
Utara     : Kecamatan Seririt,
Selatan : Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Tabanan
Barat     : Kecamatan Seririt
Timur    : Kecamatan Banjar

Kecamatan Busungbiu sebagian besar wilayahnya merupakan dataran tinggi yang sangat subur, sehingga memiliki potensi pertanian dan perkebunan. Hasil pertanian dan perkebunan di Kecamatan Busungbiu berupa padi, pisang, kelapa, ubi-ubian, dan buah-buahan. Selain memiliki potensi pertanian, kecamatan yang berada di selatan Kabupaten Buleleng ini juga memiliki potensi pariwisata yang sangat bagus dengan panorama alam yang sangat indah. 
Lahan pertanian di Busungbiu
Sumber: dispar.bulelengkab.go.id

Apalagi kini pemerintah kabupaten Buleleng sedang gencar-gencarnya mengembangkan potensi wisata yang dimilikinya, termasuk potensi wisata yang dimiliki kecamatan Busungbiu. Sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh bupati Buleleng No. 51 tahun 2017 tentang perubahan kedua atas peraturan bupati nomor 32 tahun 2014, maka pada tanggal 18 Agustus 2017 menetapkan daya tarik wisata kabupaten Buleleng ada sebanyak 86 buah, tiga diantaranya berada di Kecamatan Busungbiu yakni sebagai berikut.

1. Rice Field Terrace Umajero
Umejero adalah sebuah desa yang berada di kecamatan Busungbiu, Buleleng, Bali. Sebagian besar wilayah Desa Umejero merupakan suatu kawasan pertanian dan perkebunan yang di tata dengan sedemikian indahnya oleh para petani penggarap dan pemilik sehingga menciptakan suasana yang indah. Panorama sawah yang berundak-undak menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Bagi yang suka suasana pedesaan yang asri dengan hamparan sawah yang berundak-undak, berkunjung ke desa Umajero merupakan pilihan yang sangat tepat. Sawah yang berundak-undak ini sangat pas digunakan sebagai latar belakang foto selfie yang bisa dipajang di sosial media.

2. Rice Field Terrace Kekeran
Kekeran merupakan nama sebuah desa di Kecamatan Busungbiu yang sebagian besar wilayahnya berupa lahan pertanian dan perkebunan. Lahan pertanian di sini sangat menarik dan indah dipandang karena berbentuk terassering yang dikenal dengan nama “Rice Field Terrace Kekeran”. Panorama yang ditawarkan di tempat wisata Rice Field Terrace Kekeran hampir sama seperti di Rice Field Terrace Umajero. Di sini mata pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan sawah yang berundak-undak yang asri dan alami. Untuk menambah kenyamana para turis, di kawasan ini juga terdapat beberapa gazebo yang bisa di gunakan untuk bersantai sambil menikmati panorama sawah yang terassering nan mengagumkan tersebut.

3. Bendungan Titab
Bendungan Titab merupakan bendungan baru yang ada di Pulau Bali. Bendungan yang membendung sungai Saba ini diresmikan oleh mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri pada tanggal 13 Desember 2015. Tujuan dibangun bendunagn ini untuk irigasi, air baku, pengendalian banjir, dan pembangkit listrik. Bendungan ini juga bisa digunakan sebagai daerah tujuan wisata baru di Buleleng, bahkan berpotensi menjadi objek wisata unggulan di wilayah Bali bagian utara karena memiliki panorama alam yang indah dan menawan berupa pemandangan laut dan gunung. Dengan panorama yang dimiliknya bendungan ini dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berfoto dan bercengkrama sembari menikmati keindahan alam di sekelilingnya. Pengunjung bisa memanfaatkan bendungan ini untuk rekreasi mengajak keluarga menikmati panorama alam di bendungan.

Sumber:
https://dispar.bulelengkab.go.id/pariwisata/wisata-agro/rice-field-terrace-umejero-91
https://id.wikipedia.org/wiki/Busung_Biu,_Buleleng
Iklan