free counter with statistics Inilah 5 Tempat Wisata Pantai Dekat Pelabuhan Padang Bai Bali
T1/16/2019

Inilah 5 Tempat Wisata Pantai Dekat Pelabuhan Padang Bai Bali


Pelabuhan Padang Bai merupakan salah satu pintu masuk Pulau Bali melalui Pulau Lombok lewat jalur laut. Pelabuhan di Bali yang satu ini tidak hanya digunakan untuk jalur penyeberangan Bali – Lombok, tetapi merupakan salah satu tempat untuk menyeberang ke Pulau Nusa Penida melalui Bali Timur. Tidak hanya digunakan sebagai jalur penyeberangan, kawasan Pelabuhan Padang Bai juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata karena memiliki keindahan alam yang sangat indah perpaduan antara pegunungan dan laut, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke pelabuhan ini.

Inilah 5 Pantai Dekat Pelabuhan Padang Bai Bali
Salah satu pantai dekat pelabuhan Padang Bai Bali


Bagi pemancing mania, Pelabuhan Padang Bai dapat dijadikan tempat alternatif untuk menyalurkan hobi, karena ada beberapa spot yang bisa dijadikan tempat memancing sambil menyaksikan kapal ferry yang hilir mudik menyeberang dari Bali ke Lombok atau sebaliknya. Di sekitar Pelabuhan Padang Bai terlihat bibir pantai yang dipenuhi karang yang tak henti-hentinya diterjang ombak yang datang silih berganti. Pemandangan menarik lainnya adalah pulau-pulau kecil, kapal-kapal yang sibuk hilir mudik, atau berbagai jenis kapal yang sedang berdiam di pelabuhan dan kapal-kapal nelayan dengan layar yang berwarna-warni menjadi pelengkap keindahan Pelabuhan Padang Bai.

Pelabuhan Padang Bai layak dijadikan sebagai tempat untuk melepaskan lelah atau sekedar merefresh otak karena pesona kawasan ini mampu menyihir para wisatawan. Apalagi tidak jauh dari kawasan pelabuhan ini terdapat beberapa tempat wisata pantai baik itu pantaiyang berpasir putih maupun pantai yang berpasir hitam. Bagi pecinta pantai, berikut Admin bagikan dan rekomendasikan 5 pantai dekat Pelabuhan Padang Bai yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Bali khususnya ke Bali Timur.

1. Pantai Silayukti
Pantai Silayukti merupakan salah satu pantai terdekat yang ada di Pelabuhan Padang Bai. Tidak jauh dari pantai ini terdapat sebuah tempat suci umat Hindu yang bernama Pura Silayukti yang menjadi cikal bakal nama pantai ini. Nama lain dari pantai ini adalah pantai pelabuhan Padang Bai atau ada yang menyebutnya dengan nama pantai Padang Bai, mungkin karena lokasinya dekat dengan pelabuhan atau berada di Desa Padang Bai. Pantai ini memiliki pasir putih dan masih alami. Meskipun pantai Padang Bai ini dekat dengan jalur penyebrangan Bali–Lombok, namun kebersihannya tidak begitu saja diabaikan. Pantai ini cukup akrab terutama bagi para mancing mania dan para penyelam karena pesona bawah lautnya memang benar-benar memukau mata. Siang hari pantai ini dijadikan sebagai tempat bersandar jukung-jukung nelayan yang berjejer di tepi pantai, sehingga menambah keindahan pantai ini. Lokasi Pantai Silayukti hanya berjarak sekitar 700 meter dari pelabuhan Padang Bai.

2. Pantai Bias Tugel
Pantai berikutnya yang dekat dengan pelabuhan Padang Bai yakni Pantai Bias Tugel atau yang populer dikenal dengan White Sand Beach. Jika Pantai Silayukti berada di sebelah utara pelabuhan Padang Bai, maka pantai bias tugel berada di sebelah selatan pelabuhan. Pantai ini hanya berjarak sekitar 900 meter dari pelabuhan Padang Bai. Walaupun pantai ini dekat dengan Pelabuhan Padang Bai, kunjungan ke pantai relatif sepi dan didominasi oleh wisatawan luar negeri. Mungkin disebabkan karena lokasinya sangat terpencil dan tersembunyi, sehingga dapat dikatakan bahwa pantai ini merupakan salah satu pantai tersebunyi (hidden beach) di Bali dengan garis pantainya yang tidak terlalu panjang (kira-kira 200 meter). Pantai ini memang unik karena di kanan kiri pantai ini diapit oleh bebatuan karang yang berwarna hitam dan juga di sebelah kanan (jika kita menghadap ke laut lepas) terdapat water blow yang mirip seperti water blow di Nusa Dua, hanya saja ledakan airnya tidak sebesar yang ada di tempat wisata Nusa Dua. Bagi yang suka berpetualang menikmati indahnya panorama bawah laut, di pantai Bias Tugel tempatnya, karena di sini terdapat spot untuk snorkeling dan spot menyelam terbaik di Bali. Air lautnya bening sangat memudahkan kita untuk melihat view di bawah laut.

2. Pantai Padang Kurungan
Pantai pasir putih berikutnya yang keberadaannya dekat dengan Pelabuhan Padang Bai yakni Pantai Padang Kurungan atau lebih populer dengan nama Blue Lagoon Beach yang berjarak sekitar 1,4 km dari pelabuhan penyeberangan. Pantai ini berada di sebelah utara pantai Silayukti yang berjarak sekitar 400 meter. Pantai Padang Kurungan merupakan pantai yang memiliki pasir putih yang indah dengan teksur pasir lebih besar seperti merica. Pantai ini juga memiliki air laut yang jernih dan tenang dengan pemandangan bawah lautnya yang indah dan mempesona. Bagi yang suka melihat keindahan bawah laut dengan cara snorkeling maupun diving, Pantai Padang Kurungan inilah tempatnya. Pantai ini terletak di balik bukit, sehingga terkesan tersembunyi. Selain keindahan bawah lautnya, para pelancong bisa bersantai melihat pemandangan laut yang indah sambil menikmati segarnya kelapa muda yang bisa dibeli di warung-warung tepi pantai.

4. Pantai Labuhan Amuk
Pantai yang satu ini berada di sebelah utara dari pelabuhan penyeberangan Bali – Lombok dan lokasinya pun agak jauh dari pelabuhan yang jaraknya sekitar 3 km. Pantai ini sangat cocok untuk tempat bersantai sambil menyaksikan keindahan alam laut. Pantai ini memiliki laut dengan air yang relatif lebih tenang sehingga sangat cocok untuk aktifitas watersport di Bali. Selain itu, di pantai ini memiliki wahana untuk melihat pesona bawah laut yang bernama Submarine Odyssey yang sangat populer bagi wisatawan asing. Jika ingin menikmati pesona pantai dan bawah laut di Pantai Labuhan Amuk silahkan bertandang ke Labuhan Amuk, desa Antiga, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali

5. Pantai Yeh Malet
Bagi pecinta panorama matahari terbit di Bali, pantai Yeh Malet dapat dijadikan tempat untuk berburu panorama sunrise di Bali Timur. Pantai Yeh Malet merupakan salah satu pantai pasir hitam yang dekat dengan Pelabuhan Padang Bai yang berjarak sekitar 6,3 km. Pada siang hari, para wisatawan akan disajikan dengan pemandangan berjejernya jukung-jukung nelayan yang menambah indahnya kawasan pantai ini. Tidak hanya suguhan pantainya yang menarik para turis untuk bertandang ke sini, suguhan aktivitas para pembuat garam tradisional menambah nilai plus dari pantai ini, karena pantai Yeh Malet merupakan sentra pembuatan garam tradisional lho. Lokasi pantai ini berada di Banjar Yeh Malet, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata pantai dekat pelabuhan Padang Bai Bali. Tidak hanya dekat dengan pantai lho, pelabuhan Padang Bai juga dekat dengan tempat wisata selain pantai seperti Danau Cinta Yeh Malet yang sangat Instagramable banget, Air Terjun Yeh Poh, Bukit Indrakila, Air Terjun Batu Angsel, Pura Silayukti, Pura Andakasa, dan Pura Goa Lawah. Salam Longtriper.