free counter with statistics Inilah Event Di Bali Tahun 2018 Wajib Diketahui
T1/22/2018

Inilah Event Di Bali Tahun 2018 Wajib Diketahui

Iklan
Iklan
Bali merupakan surganya destinasi wisata alam yang sangat mempesona. Bentang alam yang indah siap memanjakan mata pengunjungnya. Pegunungan kintamani yang sejuk dan asri, bentang pantai pasir putih, air terjun yang indah, dan persawahan yang berundak-undak menjadi ragam pesona wisata pulau dewata ini. Wisatawan yang pernah datang ke bali, akan mencoba untuk mengunjunginya kembali untuk merasakan sensani yang lainnya. 
Sanur Village Festival, Mengenal Keberagaman Budaya Sanur
Parade budaya di Sanur Village Festival

Tidak hanya menawarkan pesona alam yang memukau, bali juga menyajikan ragam wisata budaya yang tidak ada duanya. Penduduk yang wellcome dengan para wisatawan membuat bali menjadi pulau yang ramah turis. Untuk memanjakan para tamu asing yang berkunjung ke Bali, maka pemerintah provinsi dan kabupaten di Bali mengadakan event-event, baik itu kegiatan yang memang sebuah tradisi adat maupun event yang sengaja diadakan untuk menarik para wisatawan. Bagi yang ingin menyaksikan secara langsung kegiatan budaya dan kesenian di pulau Bali, berikut admin berikan beberapa kegiatan yang diadakan di pulau bali pada tahun 2018.


1. Hari Ulang Tahun Kota Denpasar
Untuk memperingati berdirinya kota Denpasar tiap tanggal 27 Pebruari maka pemerintah kota madya Denpasar melakukan berbagai kegiatan, baik di bidang seni, budaya dan olah raga. Pada puncak Hut Kota Denpasar pada malam harinya biasanya dimeriahkan dengan “Malam Apresiasi”, di mana para seniman dan artis Bali tampil penuh ekspresi karena benar-benar memanfaatkan ruang kreativitas yang disiapkan Pemerintah Kota Denpasar. Sajian yang ditampilkan sangat inovatif dan mampu menciptakan ruang hiburan segar serta mendidik.

2. Hari Ulang Tahun Kota Singaraja
Untuk memperingati hari jadi Kota Singaraja pada tanggal 30 Maret pemerintah Kabupaten Buleleng melaksanakan berbagai acara tiap tahunnya, seperti parade budaya, lomba seni dan budaya, dan pesta rakyat. Karena hari ulang tahun kota Singajara jatuh pada bulan maret dan biasanya pada bulan maret ada perayaan Nyepi, sehingga terkadang perayaan memperingati HUT kota Singaraja biasanya dimajukan atau diundurkan supaya perayaannya tidak berbenturan dengan perayaan Nyepi di Bali.

3. Pawai Ogoh-Ogoh
Pawai ogoh-ogoh (patung raksasa yang diarak) berlangsung serempak sehari menjelang Hari Raya Nyepi pada tanggal 16 Maret 2018. Persiapan pawai biasanya telah dimulai sejak sore dan pawai akan berlangsung hingga menjelang tengah malam.

4. Omed-Omedan
Omed-omedan adalah upacara yang diadakan oleh pemuda-pemudi Banjar Kaja, Desa Sesetan, Kota Denpasar yang diadakan setiap tahun. Omed-omedan diadakan setelah Hari Raya Nyepi, yakni pada hari ngembak geni. Untuk tahun ini omed-omedan akan diadakan pada tanggal 18 Maret 2018.

5. Hari Ulang Tahun Kota Semarapura
Hari jadi ibu kota Kabupaten Klungkung diperingati setiap tanggal 28 April. Selain memperingati hari jadi kota Semarapura juga diadakan upacara peringatan hari terjadinya perang Puputan Klungkung. Perang Puputan Klungkung terjadi tanggal 28 April 1908 merupakan wujud nyata dari jiwa dan semangat patriotisme masyarakat Klungkung dimasa lalu yang merupakan tonggak sejarah penentu arah perjuangan bangsa kita. Untuk memeriahkan kegiatan ini pemerintah kabupaten Klungkung mengadakan berbagai lomba yang berkaitan dengan  seni, budaya, dan olahraga. Selain itu juga diadakan kegiatan pameran, pasar murah, parade kesenian tari, dan lain-lain.

6. Bali Spirit Festival 2018
Bali Spirit Festival merupakan festival yoga populer dunia. Tidak tanggung-tanggung ribuan peserta dari berbagai belahan dunia ikut meramaikan acara ini tiap tahunnya. Para peserta akan disuguhkan dengan pesta kebudayaan, kegiatan yoga, tari-tarian, dan pertunjukan musik. Untuk kali tahun ini, Bali Spirit Festival 2018 akan diadakan pada tanggal 2-8 April 2018

7. Hari Ulang Tahun Kota Denpasar
Hari Ulang Tahun Kota Gianyar jatuh pada tanggal 19 April. Untuk memeriahkan HUT Kota Gianyar, pemerintah kabupaten Gianyar menggelar berbagai kegiatan dan hiburan untuk masyarakat. Salah satunya kegiatan Parade Budaya dari tiap kecamatan di Kabupaten Gianyar. Selain itu juga biasanya diadakan kegiatan lomba-lomba bidang seni. Pameran-pameran juga tidak ketinggalan untuk diadakan dalam rangka memeriahkan HUT tersebut.

8. Ubud Food Festival
Food Festival Ubud merupakan acara kuliner terpopuler di Asia Tenggara yang menampilkan aneka masakan di Indonesia. Ubud Food Festival mampu menarik ribuan wisatawan khususnya pecinta kuliner dari dalam negeri mapupun luar negeri. Untuk tahun ini, Ubud Food Festival akan diadakan pada tanggal 13-15 April 2018.

9. Hari Jadi Kota Bangli
Perayaan hari ulang tahun Kota Bangli diadakan pada tanggal 10 Mei. Untuk memeriahkan hari ulang tahun kota Bangli biasanya diadakan parade Budaya yang tujuannya sebagai wahana bagi seniman untuk mengekspresikan diri dalam bentuk karya seni. Dengan diadakan kegiatan seperti ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten Bangli.

10. Perang Pandan atau 'Mekare-Kare'
Dalam perang pandan atau Mekare-kare ini menggunakan pandan berduri untuk tradisi perang dan juga perisai dari rotan yang berfungsi sebagai tameng menangkis serangan lawan. Perang ini hanya diikuti oleh kaum pria yang sudah mulai menginjak dewasa. Pada saat perang para pria dewasa berhadap-hadapan satu lawan satu dengan segepok daun pandan berduri pada tangan kanan dan perisai pada tangan kiri dan seorang “wasit”. Setelah diberi aba-aba, maka kedua peserta saling serang, dengan menggeretkan pandan berduri punggung lawan. Bagi yang berminat untuk menonton acara ini bisa datang ke Desa Tenganan pada tanggal 8 dan  30 Juni 2018

11. Hari Ulang Tahun Kota Amlapura
Hari ulang tahun Kota Amlapura merupakan pesta rakyat bagi warga kabupaten karangsem yang jatuh pada 22 Juni tiap tahunnya. Untuk memeriahkan HUT kota Amlapura maka pemerintah kabupaten karangasem akan mengadakan berbagai acara, misalnya pawai budaya, parade kesenian tradisional dan berbagai pameran. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi untuk mengembangkan potensi wisata dan perekonomian yang dapat memajukan masyarakat Karangasem.

12. Pesta Kesenian Bali
Dalam Pesta Kesenian Bali akan disajikan berbagai suguhan seni dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Bali. Dalam pembukaan festival seni ini, akan diadakan pawai kesenian dari masing-masing delapan kabupaten dan satu kota madya yang ada di Bali. Tiap-tiap kabupaten dan kota madya yang ada di Bali akan memparadekan busana khas daerah, serta pertunjukan tari dan gambelan khas kabupaten masing-masing. Di sini kita bisa melihat perbedaaan, keunikan dan ciri khas seni dan budaya masing-masing daerah di Bali. Tidak hanya dimeriahkan oleh kabupaten dan kodya masing-masing di Bali, bahkan dari daerah lain di indonesia juga ikut meramaikan acara ini dengan menampilkan busana dan keseniannya yang khas. Bahkan kesenian dari Negara lain juga ikut diparadekan pada kesempatan ini. Pesta Kesenian Bali akan diadakan dalam sebulan penuh, untuk tahun ini akan diadakan pada tanggal 9 Juni - 7 Juli 2018

13. Mekotekan
Mekotekan merupakan tradisi tolak bala dari Desa Munggu dengan tujuan untuk memohon keselamatan. Tradisi Mekotekan merupakan warisan leluhur yang dilaksanakan turun temurun hingga saat ini oleh umat Hindu di Bali. Pada pelaksanaan tradisi ini, para pria dari desa adat munggu membawa sebuah tongkat kayu. Ritual ini diawali dengan memohon keselamatan di Pura Desa, kemudian mengelilingi desa dengan membawa tongkat kayu. Setelah itu, mereka pun menyatukan tongkat-tongkat tersebut hingga membentuk menyerupai piramida. Ketika sudah kokoh dan kuat, seorang warga pun ada yang berani naik di atas tumpukan kontak tersebut. Untuk tahun ini mekotekan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2018

14. Festival Layang-Layang Bali
Kegiatan menerbangkan layang-layang raksasa di pulau Dewata dilakukan dalam agenda Bali Kite Festival atau festival Layang-Layang Bali yang biasanya diadakan pada musim angin yakni bulan Juli – Oktober setiap tahunnya. Saat festival, ribuan peserta dan pecinta layangan akan membanjiri arena serta membawa layangan dari berbagai style, warna dan ukuran. Layang-layang tersebut akan menghiasai langit pulau Bali yang biru. Bagi yang ingin menyaksikan Festival Layang-Layang Bali silahkan datang pada bulan Juli - Oktober 2018 yang biasanya diadakan di Pantai Padang Galak dan Pantai Mertasari Sanur.

15. Makepung
Makepung merupakan tradisi yang berada di kabupaten jembrana, bali Barat. Tradisi ini mirip seperti karapan sapi yang ada di Madura, hanya saja untuk tradisi makepung tidak menggunakan sapi melainkan menggunakan kerbau. Tradisi ini sekarang dilombakan untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Bali Barat. Bagi yang penasaran ingin melihat secara langsung lomba makepung ini, silahkan datang ke bali barat pada bulan Juli - November 2018

16. Hari Ulang Tahun Kota Negara
Untuk memperingati hari jadi kota Negara yang jatuh pada tanggal 15 Agustus biasanya pemerintah kabupaten Jembrana mengadakan kegiatan-kegiatan yang memeriahkan HUT tersebut, misalnya parade budaya, lomba mekepung, pementasan Jegog, parade gong kebyar, dan lain-lain.

17. Sanur Village Festival
Di Sanur Village Festival kita akan disuguhkan dengan kegiatan bazaar, festival kuliner dan atraksi seni serta budaya. Sanur Village Festival menampilkan berbagai kegiatan kreatif yang mempu menarik banyak pengunjung tiap tahunnya, salah satunya adalah parade budaya yang biasanya diadakan pada pembukaan ataupun penutupan. Para wisatawan tidak hanya melihat keberagaman budaya masyarakat Sanur, namun ia turut terlibat menjadi bagian dari parade. Ini terlihat banyak wisatawan asing yang ikut serta meramaikan acara ini. selain parade budaya juga ada kegiatan malam seni budaya. Untuk tahun ini, Sanur Village Festival akan diadakan sekitar bulan Agustus 2018

18. Legian Beach Festival
Legian Beach Festival merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh desa Adat Legian, biasanya diadakan di sepanjang pantai Legian. Pada kegiatan ini akan diadakan kegiatan parade kesenian dan budaya dan pameran berbagai kerajinan oleh para perajin, pematung dan pelukis Bali yang terampil, juga pakaian, sepatu, tas, serta hotel, restoran, dan lain sebagainya.  Legian Beach Festival diadakan sekitar bulan Agustus 2018

19. Lovina Festival 2018
Lovina Festival bertujuan untuk memperkenalkan keindahan alam Lovina ke kancah internasional. Pada Lovina Festival akan dimeriahkan dengan pertunjukan dan parade budaya khas Buleleng. Selain itu, untuk menambah semarak kegiatan ini, biasanya di isi dengan kegiatan Balap Banteng di Desa Kaliasem. Untuk tahun ini, Lovina Festival akan diadakan pada bulan September 2018.

20. Nusa Dua Fiesta
Nusa Dua Fiesta diadakan di Pulau Peninsula (Peninsula Island), Nusa Dua, Bali.  Nusa Dua Fiesta meruapakan kegiatan pameran seni, budaya dan wisata yang diadakan tiap tahun. Event Nusa Dua Fiesta ini bertujuan untuk mempromosikan kekayaan budaya Indonesia yang beraneka ragam lewat pertunjukan, eksibisi seni kerajinan yang digelar oleh  provinsi dan kabupaten dari seluruh Indonesia. Selain itu, di Nusa Dua Fiesta juga diadakan berbagai macam kompetisi yang sangat menarik, seperti melukis, lomba make up, memasak makanan khas Bali, lomba fotografi, dan lomba yang lainnya. Untuk memeriahkan acara tersebut juga diadakan atraksi mengarak ogoh-ogoh dan atraksi tari-tarian. Untuk tahun ini, kegiatan Nusa Dua Fiesta diadakan pada bulan Oktober 2018

21. Kuta Beach Festival
Kuta Beach Festival merupakan acara tahunan yang diadakan di desa Adat Kuta. Pada acara ini biasanya diadakan kegiatan parade dari berbagai komunitas. Untuk start parade biasanya di mulai dari depan gapura utama pantai Kuta. Selain bisa menikmati suguhan parade budaya di Kuta Beach Festival, pada sore harinya kita akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam (sunset) di pantai Kuta. So, bagi yang ingin menikmati parade budaya di Kuta Beach Festival plus sunsetnya, silahakan datang pada bulan Oktober 2018.

22. Hari Ulang Tahun Kota Mangupura
Serangkaian perayaan HUT kota Mangupura pada 16 November biasanya akan diadakan acara Festival Seni dan Budaya yang merupakan kegiatan rutinitas tahunan ini yang bertujuan untuk menggali bakat–bakat seni yang terlahir di Kabupaten Badung. Selain itu, Festival Seni dan Budaya ini juga diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan untuk berkunjung ke Bali khususnya ke kabupaten Badung.

23. Hari Ulang Tahun Kota Tabanan
Untuk menyambut hari lahirnya Kota Tabanan yang jatuh pada tanggal 29 Nopember pemerintah kabupaten Tabanan mengadakan pesta rakyat dan parade budaya. Selain itu juga diadakan berbagai lomba tentang seni dan budaya bali, misalnya membuat kelengkapan penjor, lomba membuat tamyang, lomba mepidarta Bali, lomba lomba mesatwa Bali, dan lain-lain.

24. Nusa Dua Light Festival
Nusa Dua Light Festival merupakan event lampion yang diselenggarakan di Peninsula Island, Nusa Dua, Bali. Berbagai macam bentuk lampion akan dihadirkan dalam acara ini, tergantung tema yang diusungnya. Selain itu, wisatawan juga akan dihibur dengan bermacam hiburan, seperti pentas kesenian daerah, musik dan kuliner. Nusa Dua Light Festival biasanya diadakan pada bulan Desember 2018

25. Nusa Penida Festival
Nusa Penida Festival merupakan agenda tahunan Kabupaten Klungkung, yang bertujuan untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke kabupaten Klungkung, khususnya ke Nusa Penida. Selain untuk menarik kunjungan wisatawan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan pesona Nusa Penida kepada dunia. Pada pembukaan acara ini biasanya di isi dengan kegiatan parade budaya dan kesenian, seperti seni tari. Untuk bisa menyaksikan Nusa Penida Festival silahkan datang ke Nusa Penida sekitar bulan Desember 2018

26. Pemuteran Bay Festival
Pemuteran Bay Festival merupakan agenda tahunan untuk memperkenalkan keindahan pesona Pantai Pemuteran yang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Pulau Bali. Selain itu, pantai ini terkenal dengan keindahan terumbu karangnya. Pada pembukaan Pemuteran Bay Festival biasanya disajikan dengan ragam kesenian Bali. Pemuteran Bay Festival akan diadakan sekitar bulan Desember 2018

Nah itu kegiatan (event) yang diadakan di Bali di tiap tahunnya. Selain bisa menyaksikan pesona alam bali yang indah, kita juga bisa menyaksikan secara langsung atraksi budaya yang disajikan pada tiap-tiap kegiatan tersebut tiap tahunnya. Jadi pastikan liburan anda terjadwal supaya bisa ikut terlibat dalam kegiatan tersebut dan menjadi saksi bahwa Bali memiliki budaya yang adi luhung. Semoga liburan anda ke bali menjadi menyenangkan dan berkesan. Salam longtriper.
Iklan