free counter with statistics Inilah Tempat Wisata Keren Sekitar Nusa Dua Bali
T11/18/2018

Inilah Tempat Wisata Keren Sekitar Nusa Dua Bali

Iklan
Iklan

Nusa Dua merupakan nama sebuah kawasan wisata yang sangat populer di Bali. Cikal bakal nama Nusa Dua berasal dari kata “Nusa” yang artinya pulau dan “Dua” yang artinya dua. Jadi Nusa Dua artinya dua pulau. Ya memang di kawasan ini terdapat dua buah pulau kecil yang bernama Pulau Nusa Dharma dan Nusa Gede atau yang populer dikenal dengan nama Pulau Peninsula. Dulunya kedua pulau ini terpisah dengan daratan, akan tetapi kini pulau itu sudah terhubung dengan pulau Bali karena tumpukan pasir putih yang menghubungkannnya. Kini pengunjung dengan mudah bisa menginjakan kaki di kedua pulau ini.
Inilah Tempat Wisata Keren Sekitar Nusa Dua Bali
Pintu Gerbang ke objek wisata Nusa Dua

Di kawasan objek wisata Nusa Dua banyak berdiri hotel bintang lima dengan fasilitas yang sangat wah. Tidak hanya terdapat hotel berbintang, kawasan ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum seperti menikmati pesona pantai pasir putih di pantai Selagan Nusa Dua, jogging track di pulau Nusa Dharma dan Nusa Gede, duduk santai dan bermalas-malasan di gazebo di Pantai Club Med, menyelam karena ada spot menyelam yang spektakuler, menyaksikan sunrise di pagi hari, atau sekedar melepas lelah di Bundaran ITDC Nusa Dua.

Selain itu, di kawasan elit ini juga tedapat museum seni terbesar di Bali yang bernama Museum Pasifika yang memajang hasil karya seniman dari berbagai negara di belahan bumi ini. Bagi yang suka dengan wisata yang unik dan cukup menantang, coba sambangi water blow nusa dua dengan hantaman ombak di karang yang menghasilkan cipratan buih yang sangat tinggi di Pulau Peninsula. Pada bulan-bulan tertentu di kawasan Pulau Peninsula sering diadakan even-even penting tiap tahunnya seperti Nusa Dua Light Festival (Festival Cahaya Nusa Dua) dan Nusa Dua Fiesta.

Berlibur ke Nusa Dua tidak akan membosankan karena sekitar Nusa Dua juga banyak terdapat tempat wisata keren yang wajib untuk dikunjungi ketika berlibur ke Bali Selatan khususnya ke Nusa Dua Bali. Berikut admin rangkum beberapa tempat wisata keren sekitar Nusa Dua Bali


1. Watersport Tanjung Benoa
Olahraga air (watersport) yang menantang dan terdekat dengan Nusa Dua berada di Pantai Tanjung Benoa. Pantai yang sangat bagus untuk melihat sunrise ini terdiri dari beberapa titik pantai dengan nama yang berbeda-beda. Biasanya nama-nama pantai di tanjung benoa disesuaikan dengan nama jasa penyewaan wisata olahraga air (watersport), tujuannya untuk memudahkan mengingat spot pantai tersebut. Tidak hanya berpasir putih yang eksotis dengan ombak yang tenang, Pantai Tanjung Benoa merupakan surganya wisata olahraga air (watersport) yang cukup menantang di Bali. Di sini setidaknya terdapat 14 jenis wahana watersport di Tanjung Benoa yang akan memanjakan para wisatawan tiap harinya seperti parasailing, flying fish, jetski, banana boat, rolling donut, kiteboarding, snorkeling, sea walker, waterski, wakerboard, scuba diving, flyboard, water jetpack, dan glass bottom boat. Kawasan wisata yang berjarak sekitar 1,3 km dari Nusa Dua ini merupakan salah satu tempat wisata populer di Bali khususnya pengguna media sosial Instagram.

2. Puja Mandala
Puja Mandala merupakan kawasan tempat wisata sekaligus tempat suci untuk umat beragama di Indoensia, karena di kawasan Puja Mandala berdiri 5 Rumah ibadah dari 5 agama yang diakui di Indonesia yakni dimulai dari yang kiri ke kanan, adalah Masjid Agung Ibnu Battutah, Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa, Vihara Buddha Guna, Gereja Protestan GKPB Jemaat Bukit Dua serta Pura Jagatnatha. Tempat ini jadi simbol betapa tingginya toleransi antar umat beragama di Bali. Nah bagi yang ingin mencari tempat untuk melakukan ibadah di kawasan kuta selatan, coba mampir ke tempat wisata Puja Mandala yang berjarak sekitar 1,6 km dan berlokasi di Jalan Kurusetra, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

3. Pantai Mengiat
Pantai Mengiat memiliki pasir berwarna putih dengan butiran halus. Tahukah anda bahwa pantai yang berjarak sekitar 1,1 km dari Nusa Dua ini merupakan pantai terbersih di Bali, ini tidak lepas dari peran masyarakat dan pengelola hotel yang terus menjaga kebersihan pantai ini. Menyaksikan deburan ombak di pantai sambil duduk-duduk di pasir putih akan membuat para pengunjung nyaman berlama-lama di kasawan ini. Dari pantai ini kita bisa melihat Pulau Peninsula yang menghijau, Pura Bias Tugel dan Water Blow di Nusa Dua. Pantai ini merupakan pantai sunrise, sehingga pagi hari pantai ini sangat cocok untuk melihat matahari terbit. Pantai Mengiat merupakan pantai nelayan, sehingga siang hari kita akan melihat jukung atau nelayan nelayan di pingir pantai yang menambah keindahan panorama di pantai ini.

4.Pantai Geger
Pantai berikutnya yang dekat dengan kawasan objek wisata Nusa Dua adalah Pantai Geger. Pantai yang berjarak sekitar 2,8 km dari Nusa Dua Bali ini merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang menawarkan panorama pemandangan alam pantai pasir putih yang sungguh luar biasa. Uniknya, sambil menikmati indahnya alam di pantai, pengunjung bisa menaiki unta untuk berkeliling sepanjang hamparan pasir putih tersebut. Di sini terdapat jasa penyewaan unta lho, jadi tidak perlu jauh-jauh pergi ke timur tengah untuk bisa merasakan sensasi naik unta. Safari naik unta ini sering digunakan untuk sesi foto praweding bagi pasangan yang akan menikah. Dari atas punggung binatang gurun ini kita bisa merasakan udara pantai dengan pemandangan air laut yang membiru disertai deburan ombaknya akan membuat wisatawan merasa nyaman dan otak menjadi rileks sejenak.

5.Pantai Sawangan
Pantai Sawangan dikatakan sebagai salah satu pantai tersembunyi di Bali, karena tidak begitu banyak wisatawan yang tahu akan keberadaan pantai ini. Walaupun dikatakan sebagai pantai tersembunyi, untuk mengakses pantai ini sangatlah mudah karena sudah ada jalan dan anak tangga menuju pantai. Pantai ini cocok untuk aktivitas mandi, karena ombak di pantai ini cukup tenang dengan hamparan pasir putihnya yang mempesona. Karena pantai ini relatif sepi dari pengunjung maka pantai ini sering dimanfaatkan sebagai lokasi foto praweding bagi pasangan yang akan menikah. Yang paling unik dari pantai ini adalah terdapat jasa penyewaan hewan unta, yang siap mengantarkan pelancong berkeliling pantai pasir putih yang eksotis. Pantai ini berjarak sekitar 4,4 km dari kawasan objek wisata Nusa Dua Bali.

6.Pantai Gunung Payung
Pantai yang berpasir putih yang tersembunyi di Bali yang dekat dengan Nusa Dua berikutnya ada di Pantai Gunung Payung. Kunjungan ke pantai ini tidak seramai pantai Kuta dan dapat dikatakan masih sepi dari pengunjung, padahal panorama yang disajikan sangat menawan lho. Tempat wisata Pantai Gunung Payung menyajikan suasana pantai sangat alami dengan bentangan pasir putih tidak terlalu luas dengan tekstur pasir yang lembut dan air laut yang jernih dari kejauhan terlihat berwarna biru bergradasi hijau. Sangat cocok bagi pecinta snorkeling untuk melihat pesona bawah lautnya. Bagi yang menginginkan liburan ke pantai yang sepi, alami dan menginginkan privasi, pantai Gunung Payung merupakan pilihan yang tepat dengan jarak sekitar 8,4 km dari kawasan Nusa Dua Bali. Tidak jauh dari pantai, kawasan ini juga memiliki taman budaya yang bernama Taman Budaya Gunung Payung.

7.Pantai Pandawa
Pantai yang satu ini memang sudah terkenal dan populer di Bali, bahkan Pantai Pandawa merupakan pantai paling populer kedua di Bali setelah pantai Kuta versi media sosial Instagram. Keunikan dari pantai ini adalah di mana pantainya terisolasi oleh tebing karang yang menjulang tinggi. Untuk bisa mengakses pantainya, maka dibelahlah perbukitan karang tersebut sehingga menghasilkan panorama yang unik dan ikonik. Menuju pantai pandawa seolah-olah membelah perbuktian batu kapur yang menjulang tinggi. Di tebing samping jalan menuju pantai berdiri patung keluarga pandawa yang menjadi icon pantai ini. Bagi pecinta foto selfie, berfoto di atas tebing merupakan spot selfie terbaik di pantai ini. Dari atas tebing pengunjung juga bisa melihat indahnya pantai ini. Pantai ini benar-benar dikelola dengan sangat baik, sehingga banyak tersedia fasilitas yang memanjakan para pengunjung seperti area parkir yang sangat luas, tempat mandi air tawar untuk menghilangkan pasir dan air laut yang menempel di badan pengunjung yang mandi di pantai, wantilan yang besar untuk istirahat, dan warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman ringan. Selain itu, pantai yang berjarak sekitar 10 km dari Nusa Dua ini juga ada jasa penyewakan kano lho. Berbeda dengan pantai Sindu yang merupakan pantai sunrise di Bali, pantai pandawa merupakan salah satu pantai sunset di Bali dengan panorama yang sangat indah ketika sore hari menjelang sang surya tenggelam di barat cakrawala bumi.

8. Monumen Mumbul
Tempat wisata lainnya yang dekat dengan Nusa Dua yakni Monumen Perjuangan Taman Mumbul. Monumen ini memiliki arsitektur mirip seperti monumen Bajra Sandhi Renon, hanya saja ukuran monumen ini lebih kecil daripada monumen yang ada di Lapangan Puputan Renon tersebut. Selain sebagai tempat wisata sejarah, monumen ini juga kerap kali digunakan sebagai tempat foto praweding bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, karena monumen ini bentuknya yang sangat indah dan unik. Monumen ini masih sepi dari kunjungan wisatawan (tidak sebanyak kunjungan di Monumen Bajra Sandhi), mungkin karena kawasan ini belum dikelola secara optimal. Lokasi: Banjar Mumbul, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

9. Pulau Penyu
Bagi yang ingin melihat aktivitas penyu-penyu yang lucu, tidak jauh dari kawasan Nusa Dua Bali terdapat tempat wisata penangkaran penyu yang bernama Deluang Sari. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat penangkaran penyu yang ada di Pulau Bali, sehingga tempat wisata ini sering disebut dengan nama Pulau Penyu. Tujuan penangkaran penyu ini adalah untuk melindungi penyu dari kepunahan. Selain itu, penangkaran penyu ini dapat dijadikan sebagai sarana wisata dan edukasi bagi anak-anak. Wisatawan yang datang kesini dapat langsung memegang, memberi makan, berfoto ataupun masuk ke area kolam penangkaran dan bermain dengan penyu-penyu tersebut. Di sini juga tersedia restoran yang siap memanjakan lidah pengunjung selama berlibur ke pulau penyu. Lokasi tempat wisata Pulau Penyu dekat dengan lokasi Watersport Tanjung Benoa lho, tepatnya berada di Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

10. Pesawat Bengong
Tidak jauh dari pantai Pandawa dan Pantai Gunung Payung terdapat sebuah tempat wisata yang sangat unik dan lagi ngehits di sosial media, berupa sebuah “bangkai” pesawat. Lokasinya berada di timur perempatan jalan menuju Pantai Pandawa, tepat di sebelah kiri jalan raya (sebelum perempatan ke Pantai Gunung Payung). Konon katanya, pesawat yang “bengong” bertahun-tahun ini akan disulap menjadi sebuah restoran, konsepnya mungkin mirip seperti Aeropark Keramas. Walaupun belum jadi, tempat wisata pesawat “bengong” atau bahasa asingnya dikenal dengan istilah abandoned aircraft ini mampu menarik para pelancong untuk sekedar berfoto-foto dari atas tebing dengan latar belakang pesawat yang terparkir cantik begitu saja dan dikelilingi bukit-bukit kapur di sisi-sisinya. Tempatnya sangat Instagramable banget lho.


11. Pulau Serangan
Tidak hanya di Deluang Sari sebagai tempat penangkaran penyu di Bali, di Pulau Serangan juga terdapat tempat konservasi penyu lho. Selain sebagai tempat penangkaran penyu langka di Bali, tempat wisata Pulau Serangan juga menawarkan tempat wisata menarik lainnya yang wajib dikunjungi seperti pesona pantai pasir putih di Pantai Serangan, Pantai Reklamasi Pulau Serangan sebagai spot melihat panorama di Tanjung Benoa dan Pelabuhan Benoa, panorama dermaga Serangan sebagai jalur penyeberangan ke Nusa Penida dan sekitarnya, melihat warga Islam yang  hidup rukun dengan warga Hindu di Kampung Bugis, melihat panorama bawah laut di Underwater Seawalker, Pura Sakenan, melihat dan mempelajari kehidupan hiu di Bali Shark, dan berkeliling dan menikmati panorama danau buatan Serangan yang sangat indah. Selain itu, bagi pemancing mania, pulau serangan merupakan tempat ideal untuk memancing di Bali, bahkan dikatakan bahwa Pulau Serangan merupakan spot memancing yang sangat populer di Bali. Sedangkan bagi yang hobi menaklukan ganasnya ombak, Pulau Serangan memiliki yang sangat ideal untuk bermain surfing lho. Berkunjung ke Pulau Serangan jangan lupa untuk mencicipi kulinernya, yakni Ikan Asap Serangan dengan sambel matahnya, Bulung (santapan berbahan rumput laut) dan Krupuk Klejat.

12. Bali Paragliding Tandem Flight
Bali Paragliding Tandem Flight merupakan salah satu tempat wisata yang ekstrem di pulau Bali. Jika takut akan ketinggian, jangan pernah untuk mencoba permainan ini. Dalam permaian paragliding atau paralayang hampir mirip seperti permainan parasailing di watersport Tanjung Benoa. Hanya saja dalam permainan paralayang ini tidak ditarik oleh speed boat. Begitu kita terbang, dari atas kita bisa melihat pemandangan laut biru, bukit karang kokoh berdiri, dan garis pantai pasir putih yang eksotis. Jika penerbang pemula atau belum pernah terbang sama sekali, maka harus terbang dengan cara tandem, yakni kita berada di depan, sementara paraglider ahli berada di belakang kita. Paraglider akan mengendalikan parasut tersebut ke mana hendak menuju. Tempat wisata Bali Paragliding Tandem Flight ini berjarak sekitar 8,3 km dari kawasan wisata Nusa Dua Bali yang lokasinya berada dekat dengan Pantai Gunung Payung tepatnya berada di Desa Kutuh, kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata keren sekitar Nusa Dua Bali. Silahkan baca juga info tempat wisata di Bali lainnya di blog ini. Salam longtriper.
Iklan