free counter with statistics Inilah 16 Tempat Wisata Keren Searah Ubud Bali
T11/16/2018

Inilah 16 Tempat Wisata Keren Searah Ubud Bali

Iklan
Iklan

Siapa yang tidak kenal Ubud Bali? Kawasan pedesaan yang masih mempertahankan tradisi dan budayanya ini masuk ke dalam kategori sebagai tempat wisata populer di Bali. Desa Ubud yang memiliki luas wilayah 42,38 km² ini di sosial media benar-benar sangat populer lho khususnya para pengguna Instagram. Jika kita ketik dengan #ubud akan terdapat lebih dari 3,2 juta kiriman tentang Ubud. Apa yang membuat tempat ini sangat populer? 

Inilah 16 Tempat Wisata Keren Searah Ubud Bali
Salah satu tempat wisata searah dengan Ubud


Ternyata Desa Ubud banyak menawarkan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berlibur ke Ubud para traveler akan disuguhkan dengan banyak pilihan destinasi wisata seperti menikmati hamparan ilalang di Bukit Cinta Ubud, melihat tingkah lucu para monyet di Ubud Monkey Forest, bermain arung jeram di Sungai Ayung, melihat koleksi di beberapa museum seni (Museum Neka, Museum Puri Lukisan, Arma Ubud, Museum Blanco), melihat keunikan Puri Saren Ubud tempat tinggal dari Raja Ubud, menikmati pesona alam pedesaan di Banjar Nyuh Kuning, membeli oleh-oleh khas Bali di Pasar Seni Ubud, berfoto selfie dengan latar bunga teratai di Pura Taman Saraswati Ubud, dan masih banyak spot wisata lainnya di Ubud.

Untuk menikmati pesona Ubud, para pelancong yang melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan menempuh  jarak sekitar 37 km atau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 18 menit untuk bisa sampai di Ubud. Tentu perjalanan Anda akan sangat membosankan tanpa harus mengunjungi tempat wisata lainnya yang searah Ubud. Berikut admin bagikan beberapa alternatif tempat wisata keren searah Ubud Bali yang bisa dikunjungi.

1. Taman Satrya Gatotkaca
Begitu keluar dari kawasan bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, tempat wisata yang pertama kali akan temui adalah Taman Satrya Gatotkaca atau lebih dikenal dengan sebutan “Patung Kuda Tuban Bali”. Siang hari tempat ini sepi dari kunjungan karena tidak ada pohon peneduh di taman ini, akan tetapi pada malam hari tempat ini menjadi ramai oleh warga sekitar untuk sekedar nongkrong atau sekedar refreshing. Lokasinya berada di sebelah kiri jalan raya sebelum trafic light di Desa Tuban yang berjarak sekitar 2,4 km dari kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, tepatnya berada di Jalan Raya Tuban No.1, Desa Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

2. Taman Ngurah Rai dan Mangrove Tuban
Hanya berjarak sekitar 450 meter dari Taman Satrya Gatotkaca akan menemukan sebuah taman yang berada di tengah-tengah bundaran Tuban bernama Taman Ngurah Rai. Taman ini dimanfaatkan oleh anak muda untuk bermain skate board. Di taman ini juga terdapat pohon perindang dan gazebo, sehingg pada siang hari sangat tepat sekali untuk melepaskan lelah akibat perjalanan jauh. Tidak jauh dari Taman Ngura Rai (sekitar 28 meter) ada Ekowisata Mangrove Wanasari atau lebih dikenal dengan nama Mangrove Tuban Bali. Di sini para wisatwan akan disuguhkan dengan pesona pemandangan hutan mangrove yang sangat indah. Pelancong akan berjalan di atas jembatan yang terbuat dari bambu dan kayu yang berada di tengah hutan mangrove dan diantara keramba kepiting milik nelayan setempat. Dengan pohon bakau yang menghijau membuat tempat ini sangat sejuk di siang hari. Selain bisa berwisata, kita juga bisa mendapatkan banyak ilmu tentang mangrove dan ekologinya di Ekowisata Mangrove Wanasaari. Sangat pas mengajak putra putri anda untuk berlibur ke tempat ini, karena anak-anak bisa belajar tentang ekosistem dan bagaimana cara membudidaya serta merawat ekosistem agar tidak rusak. Di kawasan ini juga tersedia warung makan yang menyediakan kuliner khas hasil hutan mangrove, seperti kepiting dan udang.

3. Bali Wake Park
Bali Wake Park merupakan tempat wisata olah raga air. Uniknya, permainan di sini tidak ditarik speed boat tetapi ditarik dengan kabel. Permainan yang paling populer di sini adalah wake boarding yang memadukan konsep skateboarding dan surfing. Permainan lainnya yang menggunakan kabel yakni kneeboarding, ski air, dan water skurfing. Permainan di sini aman untuk anak-anak. Tempat wisata ini tidak hanya buka pada siang hari (dari jam 10.00 siang hari hingga pukul 18.00 WITA), bahkan malam hari masih bisa menggunakan fasilitas di tempat wisata ini (dari jam 18.00 hingga pukul 22.00 WITA). Lokasi: Jl. Raya Pelabuhan Benoa No.7X, Desa Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

4. Pulau Serangan
Serangan merupakan nama sebuah pulau sekaligus nama sebuah desa wisata di kecamatan Denpasar Selatan. Di sini traveler akan disuguhkan dengan berbagai destinasi wisata yang menarik. Jadi, sebelum “meluncur” ke tempat wisata Ubud, bisa juga mampir ke Desa Wisata Serangan untuk menikmati pesona beberapa tempat wisata. Di sini terdapat pantai pasir putih yang eksotis dengan ombak yang tidak terlalu besar. Tidak jauh dari kawasan pantai terdapat sebuah dermaga penyeberangan dari Bali ke Nusa Penida dan sekitarnya yang memiliki view sangat bagus. Di sini kita bisa berfoto-foto dengan latar dermaga. Di dermaga ini terdapat enam buah patung dengan mengambil bentuk seorang nelayan dan petani rumput laut. Tidak hanya memiliki pantai alami, desa wisata serangan juga memiliki pantai buatan atau pantai reklamasi dan danau buatan. Karena hasil reklamasi, maka seluruh pantai ini dibentengi dengan batu yang sangat besar. Sambil duduk di atas batu, kita bisa melihat aktivitas di Pelabuhan Benoa. Sore hari di kawasan hasil reklamasi ini menawarkan keindahan matahari tenggelam yang sangat memukau. Destinasi wisata lainnya yang menarik di sini adalah penangkaran penyu, penangkaran hiu atau lebih dikenal dengan nama “Bali Shark”, rumah adat Suku Bugis, underwater seawalker (jalan-jalan menikmati keindahan bawah laut), Pura Sakenan, dan juga terdapat spot memancing terbaik di Bali. Lokasi: Pulau Serangan, Desa Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

5. Taman Inspirasi Mertasari
Taman Inspirasi Mertasari berada di Pantai Pengembak Sanur tetapi untuk menuju kawasan taman ini pengunjung terlebih dahulu harus melalui pantai Mertasari Sanur dengan melewati jembatan kayu karena kawasan ini dipisahkan oleh Tukad Loloan. Taman ini diapit dengan perairan laut berupa pantai di sebelah selatan dan rawa-rawa di sebelah utara. Rawa-rawanya ditumbuhi dengan hutan bakau (mangrove) yang menghijau dan masih alami. Di taman ini tersedia jasa naik kuda dan onta. Jadi bagi yang ingin merasakan sensasi naik onta, tidak perlu jauh-jauh ke timur tengah. Tidak hanya untuk orang dewasa, taman ini juga ramah anak-anak karena  terdapat arena bermain untuk anak-anak. Aktivitas lain yang mungkin bisa dilakukan di sini yakni bermain bola seperti sepak bola dan bola voli, nongkrong menikmati pesona pantai pasir putih yang sangat keren plus hutan bakaunya, sore hari pengunjung akan disuguhkan pesona matahari tenggelam yang sangat indah, dan bagi yang suka berfoto-foto tempat sangat pas dikunjungi karena instagramable banget lho. Lokasi Taman Inspirasi Mertasari ini berada di Jalan Pengembak, Desa Adat Intaran, Sanur, Denpasar.

Sanur merupakan salah satu desa yang ada di Bali yang memiliki destinasi wisata terbaik. Di sini wisatawan akan disuguhkan dengan pesona pantai yang sangat menawan hati. Momen terbaik saat mengunjungi pantai ini adalah ketika matahari akan terbit di pagi hari. Perlu diketahui bahwa di kawasan sanur terdapat banyak titik pantai dengan nama yang berbeda-beda. Mulai dari pantai matahari terbit, Bali Becah Sanur, Pantai Segara Ayu, Pantai Sindu, Pantai Karang, Pantai Batu Jimbar, Pantai Duyung, Pantai Cemara Alit, Pantai Semawang, Pantai Mertasari, dan pantai Pengembak. Semua pantai tersebut terhubung dengan jalan setapak atau jogging track yang panjangnya mencapai sekitar 5 km. Sekitar pantai banyak terdapat restoran yang menyediakan berbagai macam menu. Jadi sebelum berkunjung ke Ubud bisa juga mampir ke restoran yang ada di Sanur untuk mengisi perut sembari menikmati pesona pantainya. Lokasi: Desa Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

7. Big Garden Corner
Tempat wisata Big Garden Corner ini memang benar-benar unik, di mana pengunjung akan disajikan dengan ratusan patung klasik dengan berbagai ukuran ditambah dengan adanya miniatur candi Borobudur membuat kawasan ini benar-benar unik. Banyak hal akan ditawarkan di sini mulai dari rumah pohon, spot foto dengan latar batu besar yang tinggi berdiri tegak, tempat nongkrong yang penuh warna warni, dan lain sebagainya. Di sini juga terdapat restoran yang siap mengoyang lidah pengunjung. Tidak hanya jadi incaran para wisatawan lho, tempat ini juga jadi incaran para fotografer. Tidak mengherankan jika tempat ini kerap digunakan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan preweding bagi pasangan yang akan membentuk rumah tangga baru. Lokasi: sebelah barat lampu lalu lintas Padang Galak – Waribang, By Pass Ngurah Rai, Denpasar Timur.

8. Bali Orchid Garden
Tempat wisata Bali Orchid Garden sangat cocok dikunjungi bagi pecinta bunga terutama anggrek. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan dari 820 jenis anggrek khas dari berbagai belahan dunia. Boleh dibilang bahwa Bali Orchid Garden merupakan surganya anggrek di Bali dan tanaman hias lainnya. Para petugas akan memberikan informasi tentang bunga anggrek dan tanaman-tanaman hias lainnya yang berada di taman ini. Lokasi: Jalan By Pass Ngurah Rai, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali.

9. Desa Wisata Kertalangu
Desa Wisata Kertalangu dikelilingi oleh persawahan yang asri dan kebun yang subur. Desa ini lebih didominasi oleh pemandangan hamparan persawahan yang indah. Potensi ini dimanfaatkan dengan membuat jogging track sepanjang 4 km yang melewati areal persawahan. Selain aktivitas jogging para wisatawan juga bisa membeli dan melihat proses pengerjaan beberapa kerajinan secara langsung seperti gelas, keramik, lilin, patung, guci dan lain sebagainya. Di sini juga terdapat Monumen Gong Perdamaian Dunia yang berdiri di tengah lapangan yang hijau sebagai tempat berfoto-foto yang sangat bagus dan memiliki rute untuk bermain ATV yang sangat bagus. Bagi yang suka dengan kegiatan memancing, di desa ini juga terdapat kolam pancing dan jasa penyewaan alat pancing atau bisa juga membawanya dari rumah. Kegiatan lain yang mungkin bisa dilakukan di desa ini yakni menonton pertunjukan tari Barong, Tari Kecak dan Joged Bungbung, berwisata naik kuda, atau menikmati wisata kulinernya. Lokasi: Jalan By Pass Ngurah Rai, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali.

10. Desa Wisata Batubulan
Desa Wisata Batubulan terkenal sebagai salah satu desa seni di Bali. Sebelum sampai di Ubud coba nikmati suguhkan desa wisata seni yang satu ini. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh wisatawan selama berlibur ke Desa Wisata Batubulan seperti melihat tradisi Mepantigan di areal persawahan sebagai bentuk wujud bhakti krama Bali kepada Dewi Sri yang telah menganugerahkan kemakmuran bagi umat manusia, menyaksikan pertunjukan Tari Legong dan Barong yang sudah terkenal hingga ke luar negeri, membeli kerajinan patung khas Bali, membeli oleh-oleh khas Bali di toko survenir di sepanjang jalan raya Batubulan, membeli Batik dengan motif khas Bali, dan menikmati kuliner khas Bali di Pasar Malam Batubulan dengan harga yang murah meriah. Lokasi: Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

11. Bali Bird Park
Bagi yang mengajak anak-anak berlibur ke Ubud, cobalah mampir ke Bali Bird Park atau Taman Burung Bali. Tempat wisata ini merupakan salah satu obyek wisata terfavorit bagi wisatawan yang berlibur ke Bali. Sekitar 1.000 satwa jenis unggas dari 250 species dipelihara di taman burung Bali, sehingga sangat pas untuk liburan anak-anak. Selain melihat dan berinteraksi dengan berbagai macam burung, wisatawan juga bisa berfoto–foto bersama burung-burung yang ada di taman ini. Lokasi: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar.

12. Bali Zoo Park
Alternatif lain untuk liburan anak-anak anda ketika akan ke Ubud adalah Bali Zoo Park atau Kebun Binatang Bali. Tempat wisata yang satu ini sangat populer di Bali. Bali Zoo Park atau Kebun Binatang Bali merupakan destinasi wisata rekreasi keluarga dan anak-anak di Pulau Bali. Uniknya, pengunjung diperbolehkan untuk memberi makan binatang, seperti memberi makan rusa dan memberi makan gajah. Selain itu anak-anak bisa bermain dengan kelinci dan menonton pertunjukan atraksi burung lho. Lokasi: Jalan Raya Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar.

13. Desa Pengerajin Perak
Bagi yang ingin membeli oleh-oleh khas Bali yang berbahan emas atau perak, coba mampir ke Desa Celuk. Desa yang dekat dengan Ubud ini merupakan sentra kerajinan perak dan emas yang tersohor hingga ke luar negeri. Para wisatawan bisa melihat dari dekat para seniman mengerjakan kerajinan tradisional ini, berkreasi membuat perhiasan emas, perak dengan hasil produksi bermutu tinggi. Lokasi: Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

14. Guwang Hidden Canyon
Hidden Canyon Guwang merupakan salah tempat wisata baru di kabupaten gianyar, tempat ini sekarang sedang populer di instagram. Di sini kita akan diajak oleh pemandu lokal menyusuri sungai atau tukad beji guwang. Tempat ini memang keren sepanjang menyusuri sungai yang panjangnya mencapai 700 meter, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri dan hijau. Air sungai yang jernih dengan ikan yang berenang dengan bebas, membuat kamu enjoy menikmati perjalanan. Terdapat spot untuk foto-foto dengan latar bebatuan dengan ketinggian mencapai 20-30 meter. Lokasi: Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

15. Pasar Seni Guwang dan Pasar Seni Sukawati
Sambil mengunjungi tempat wisata Ubud, bisa juga mampir membeli oleh-oleh khas Bali di Pasar Seni Guwang. Harga oleh-oleh di sini sangat terjangkau, tetapi harus pintar-pintar menawar, karena barang-barang di sini tidak ada tarif. Jika tempat ini penuh sesak oleh pelancong yang membeli oleh-oleh, bisa pindah tempat ke pasar seni Sukawati. Barang yang dijual hampir sama seperti yang di pasar seni Guwang. Lokasi: Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

16. Bali Fun World
Bali Fun World merupakan salah satu taman bermain anak di dalam ruangan yang ada di Pulau bali dan merupakan taman bermain indoor terbesar di Indonesia. Taman bermain Bali Fun World, memiliki sarana bermain untuk anak balita, anak di atas 6 tahun, serta orang dewasa yang terpisah. Anak-anak anda akan diawasi oleh petugas, sehingga orang tua akan merasa lebih tenang dan ikut menikmati wahana bermain di arena khusus untuk orang dewasa. Tempat wisata ini dekat dengan Air Terjun Tegenungan lho. Lokasi: Jl. Lettu I Wayan Sutha II, Banjar Paninjoan, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, kabupaten Gianyar.

Semoga tempat-tempat wisata tersebut bisa dijadikan rujukan ketika Anda akan berlibur ke Ubud. Tempat wisata yang admin rekomendasikan di atas tersebut tidak akan habis dikunjungi dalam satu hari lho. Jadi prioritaskan terlebih dahulu yang tempat wisata yang mana akan dikunjungi, supaya waktu kunjungan Anda ke Ubud tidak akan habis karena mengunjungi semua tempat wisata yang searah dengan perjalanan. Semoga liburan Anda ke Ubud menyenangkan dan berkesan. Salam longtriper.
Iklan