free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Sangeh Monkey Forest Bali
T11/13/2018

Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Sangeh Monkey Forest Bali


Tempat wisata Sangeh Monkey Forest merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Bali. Tempat wisata yang berupa hutan homogen ini memiliki luas hutan mencapai 10 hektar yang ditumbuhi oleh pohon pala berumur ratusan tahun dan disucikan oleh warga setempat. Uniknya, hutan di sini dihuni oleh ratusan ekor kera abu ekor panjang. Dapat dikatakan bahwa Sangeh Monkey Forest merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang terdapat monyetnya, selain tempat wisata Pulaki, Alas Kedaton, dan Uluwatu.

Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Sangeh Monkey Forest Bali
Tempat wisata Sangeh Monkey Forest


Pengunjung bisa berinteraksi dengan kera-kera yang yang jinak di hutan ini. Akan tetapi, jangan mencoba untuk mengganggunya kalau tidak ingin diganggu balik oleh kawanan monyet di sana. Tidak hanya untuk tempat liburan yang asik dan menyenangkan, tempat wisata yang berlokasi di Jalan Brahmana, Banjar Brahmana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali ini juga kerap kali digunakan untuk sesi foto praweding lho.


Liburan kamu ke Sangeh Monkey Forest tidak akan membosankan karena sekitar daerah ini terdapat banyak tempat wisata yang sangat layak untuk dikunjungi. Nah berikut admin bagikan Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Sangeh Monkey Forest Bali.

1. Taman Mumbul Sangeh
Jika kamu kebetulan sedang berlibur ke Sangeh Monkey Forest dan ingin mencari tempat wisata yang Instagramable, cobalah mampir ke Taman Mumbul Sangeh. Di tempat wisata ini terdapat sebuah kolam yang memiliki air yang sangat jernih dan dihuni oleh ribuan ikan. Taman ini merupakan sebuah area hijau yang asri. Dari sebelah sisi selatan kolam yang dekat denga jalan raya para pelancong bisa menyaksikan indahnya panorama kolam dan sekitarnya serta teduhnya pepohonan menaungi sebuah kolam. Pada sebelah utara kolam terdapat sebuah pura agak menjorok masuk ke tengah kolam. Pura ini menambah kesan yang sangat unik di taman ini, tempat suci ini mirip seperti pura ulun danu beratan di tempat wisata Bedugul, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil. Tempat wisata ini sangat dekat dengan Sangeh Monkey Forest, bahkan dapat dikatakan bahwa Taman Mumbul Sangeh ini merupakan tempat wisata terdekat di Sangeh Monkey Forest yang jaraknya sekitar 1 km atau dengan waktu tempuh sekitar 3 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor yang lokasinya berada di Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

2. Lembah Tanah Wuk
Objek wisata berikutnya yang ada di sekitar Sangeh Monkey Forest yakni Tanah Wuk. Tempat wisata ini merupakan objek wisata alam yang terletak di lembah sungai Tukad Penet yang menghijau dan asri. Tempat ini sangat cocok bagi yang ingin mencari ketenangan, jauh dari hingar bingar sibuknya aktivitas di perkotaan. Para wisatawan akan disuguhkan dengan pesona keindahan lembah yang hijau dan mempesona dengan keadaan lingkungan yang sangat tenang, barisan perbukitan yang menghijau dengan nyiur yang melambai-lambai, hamparan sawah yang hijau, dan perkebunan kopi milik masyarakat setempat yang menambah keindahan alam tersebut. Di tempat wisata lembah tanah wuk sudah tersedia fasilitas pendukung seperti seperti gazebo tempat nongkrong yang asik dan juga memiliiki anjungan untuk menyaksikan keindahan alam sekitarnya dengan bentuk unik seperti Anjungan Tukad Melangit Di Jehem yang sangat cocok bagi pecinta swafoto. Tempat ini sangat mudah sekali dijangkau dari Sangeh Monkey Forest yang jaraknya sekitar 1,5 km. Bagi yang ingin mengeksplor keindahan tempat ini silahkan datang ke Banjar Gerana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

3. Air Terjun Pengempu
Bagi yang ingin mencari tempat wisata air terjun yang dekat dengan Sangeh Monkey Forest bisa mengunjungi Air Terjun Pengempu. Air terjun ini merupakan air terjun yang populer yang dekat dengan Sangeh Monkey Forest. Air terjun yang berada di perbatasan antara kabupaten Badung dengan kabupaten Tabanan ini memang sangat unik, di mana air terjun ini seperti dihimpit dua buah tebing batu yang sangat kokoh. Suasana sekitar air tejrun Pengempu masih sangat alami dengan pepohonan rindang dan menghijau. Pengunjung bisa berendam di kolam yang berada tepat jatuhnya air terjun ini. Selain berendam, air terjun ini kerap digunakan sebagai latar untuk berfoto selfi oleh kaula muda. Hanya menempuh 2,4 km dari Sangeh Monkey Forest para wisatawan sudah bisa menikmati pesona air terjun ini yang lokasinya berada di Jalan Seribupati, Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali.

4. Bumi Perkemahan Blahkiuh
Bumi Perkemahan Blahkiuh merupakan salah satu tempat kemah yang sangat populer di Bali lho. Tempat kemah yang sangat asik ini berada di sebelah selatan dari Sangeh Monkey Forest yang jaraknya sekitar 4,6 km atau dengan waktu tempuh sekitar 9 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Berkemah di Blahkiuh kita akan disuguhkan dengan suasana yang sangat tenang karena jauh dari keramaian. Di bumi perkemahan ini, pepohonan dibiarkan tumbuh secara alami sehingga pada siang hari tempat ini benar-benar sejuk. Yang jadi nilai plus dari bumi perkemahan Blahkiuh adalah adanya tempat khusus untuk mandi dengan sumber air alam yang sangat jernih. Apabila terjadi hujan kita tidak perlu khawatir, karena kita bisa berteduh di sebuah bangunan besar khas bali yang serbaguna (wantilan) yang cukup luas. Lokasi: Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali

5. Bali Swing Bongkasa
Jika kita ke utara sekitar lagi 6,5 km dari Sangeh Monkey Forest maka kita akan menemukan sebuah tempat wisata antimainstream yang siap memacu adrenalin para traveler yang bernama Bali Swing Bongkasa Pertiwi. Di sini pengunjung akan dihadapkan dengan sebuah ayunan yang tingginya mencapai 35 meter yang siap dicoba. Bagi yang phobia akan ketinggian, jangan coba-coba mencoba wahana ini. Selama berayunan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan menawan serta pemandangan lembah sungai Ayung dengan pepohonan yang hiau dan asri siap memanjakan mata. Bagi yang ingin mencoba sensasi berayun dari tempat yang sangat tinggi, silahkan datang ke Jalan Dewi Saraswati 7, Banjar Tegal Kuning, Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Waktu tempuhnya sekitar 14 menit dari Sangeh Monkey Forest lho.

6. Bindu Tubing River
Tempat wisata yang cukup menantang selain Bali Swing Bongkasa yang dekat dengan Sangeh Monkey Forest adalah Bindu Tubing River. Di sini pengunjung akan akan diajak menyusuri aliran sungai yang jernih sepajang 2 km dengan menggunakan tubing (mirip seperti ban dalam sebuah mobil). Tidak hanya itu saja, saat akan menuju tempat wisata ini mata kita akan dimanjakan dengan pesona alam sekitar yang sangat keren, tentunya sangat cocok untuk aktivitas trekking. Selama perjalanan, pelancong akan menemukan berbagai jenis tanaman langka, tanaman buah-buahan, padi, jagung, hamparan bunga pacar, dan juga hamparan bunga gemitir yang kuning keemasan. Bagaimana? Tertarik mencoba Bindu Tubing River? Silahkan datang ke Banjar Bindu, Desa Mekar Buana, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Dari Sangeh Monkey Forest hanya menempuh jarak sekitar 10,2 km atau dengan waktu tempuh sekitar 18 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor ke arah utara.

7. Agro Wisata Sutera Sari Segara
Kamu ingin melihat bagaimana kain sutra itu dibuat mulai dari ulat hingga menjadi kain yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi? Coba mampir ke Agro Wisata Sutera Sari Segara yang jaraknya sekitar 10,4 km dari tempat wisata Sangeh Monkey Forest, tepatnya berada di Banjar Lateng, Desa Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Di Agro Wisata Sutera Sari Segara para wisatawan dapat belajar bagaimana kain sutera dibuat. Mulai dari mengembangbiakan ulat sutera, pembibitan tanaman morbei untuk makanan ulat, pengolahan dari ulat menjadi helaian benang, hingga kemudian diolah menjadi kain dan diberi pola tertentu sehingga memiliki nilai jual.

8. Monumen Perjuangan Blumbungan
Bagi yang suka dengan wisata sejarah bisa mampir ke Monumen Perjuangan Blumbungan yang berjarak sekitar 11,4 km dari tempat wisata Sangeh Monkey Forest. Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan Rakyat Bali dalam memperjuangkan kemerdekaan republik Indonesia dari penjajah. Monumen Perjuangan Rakyat ini dibangun dengan mengambil bentuk Padmasana yang diberi nama Cakra Bioha Panca Bhakti. Juga di sebelah monumen itu kemudian dibangun pula sebuah tugu pahlawan yang berisi catatan nama-nama pahlawan yang gugur dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Disamping itu dibangun patung dua orang Jepang yang berjasa membantu perjuangan rakyat di Blumbungan. Monumen Blumbungan dibangun atas semangat masyarakat pendukung perjuangan 1945, disponsori oleh keluarga Puri Sibang, dan dukungan dari pemerintah. Lokasi monumen ini berada di Desa Sibangkaja, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

9. Sunflower Spot Selfie
Kebanyakan tanaman bunga yang ditaman dalam area yang luas di Bali berupa bunga marigold atau bungan gumitir yang dengan mudah kita temui di Desa Petang (Badung), Desa Negari (Klungkung), dan Desa Temukus (Besakih). Tetapi di Bali kini sudah muncul tempat wisata baru berupa hamparan bunga matahari yang terkenal dengan nama Sunflower Spot Selfie, salah satunya berada di Banjar Batanyuh Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Tempat wisata ini sangat digemari oleh kaula muda yang gemar berfoto selfie. Tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 11,6 km dari tempat wisata Sangeh Monkey Forest lho.

10. Bukit Cinta Ubud
Berbeda dengan Sunflower Spot Selfie yang menawarkan pesona indahnya bunga matahari yang sedang bermekaran, di Bukit Cinta Ubud (dikenal juga dengan nama Bukit Campuhan) para turis akan disuguhkan dengan hamparan rumput ilalang yang hijau di atas perbukitan yang asri di kawasan tempat wisata Ubud Bali. Tidak hanya menawarkan pesona keindahan perbukitan yang sangat Instagramable banget, bukit ini juga memiliki area jogging track yang kanan kirinya ditumbuhi dengan rumput ilalang. Bukit Cinta Ubud berada pada jarak sekitar 13,8 km dari tempat wisata Sangeh Monkey Forest yang berlokasi di Jalan Bangkiang Sidem, Desa Ubud, Kabupaten Gianyar Bali.

Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata sekitar Sangeh Monkey Forest yang menarik dan tentunya sangat Instagramable. Silahkan baca juga tempat wisata di Bali lainnya di blog ini. Salam longtriper.