free counter with statistics Inilah 19 Desa Wisata Di Klungkung Bali Tahun 2018
T11/09/2018

Inilah 19 Desa Wisata Di Klungkung Bali Tahun 2018

Iklan
Iklan

Bali sebagai tujuan wisata Internasional sedang gencar-gencarnya membangun pariwisata berbasis desa wisata. Tercatat pada tahun 2018 di Bali sudah terdapat lebih dari 100 desa wisata yang sudah berkembang. Hampir tiap kabupaten dan kota di Bali memiliki desa wisata dengan ciri khas dan keunikannya masing-masing. Salah satunya adalah Kabupaten Klungkung. Di kabupaten yang mendapat julukan “bumi serombotan” ini pada tahun 2018 sudah terdaftar ada 19 desa wisata yang sudah dikembangkan potensinya. 
Inilah 19 Desa Wisata Di Klungkung Bali
Desa wisata di kabupaten Klungkung

Hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Klungkung sudah memiliki desa wisata yang potensinya terus dikembangkan untuk menarik kunjungan para wisatawan untuk berlibur ke Bali Timur khususnya ke Kabupaten Klungkung. Di mana saja desa wisata di Klungkung? Berikut nama-nama desa wisata di Klungkung beserta potensinya yang dimilikinya.

1. Desa Wisata Tihingan
Desa Wisata Tihingan terkenal sebagai sentra pengerajin gong dan alam gamelan Bali karena mayoritas warga di desa ini sebagai perajin gong dan alat-alat gamelan. Para turis yang berkunjung di sini bisa melihat lebih dekat bagaimana kerajinan gong dan gamelan dibuat bahkan bisa juga mencoba untuk membunyikannya. Tidak hanya memiliki potensi dalam bidang budaya dan seni yang sangat unik, des`a ini juga memiliki hamparan sawah yang sangat indah dan tampak asri dengan latar belakang Gunung Agung. Lokasi: Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali

2. Desa Wisata Timuhun
Desa Wisata Timuhun memiliki kawasan hijau dengan hamparan persawahan yang sangat luas. Potensi lainnya yang terdapat di desa wisata ini adalah sebuah dataran tinggi yang bernama Pucak Jati yang bisa melihat pesona Klungkung daratan hingga laut, petak-petak sawah yang sangat indah dengan aneka jenis tanaman yang menghiasinya. Dari sini para pengunjung akan melihat pesona berbukitan di bagian utara yang tampak hijau dan pesona Gunung Agung yang menjulang tinggi di kabupaten Karangasem. Tidak hanya diburu wisatawan lokal lho, desa ini juga menjadi incaran para traveler luar negeri, mereka datang untuk menikmati pesona puncak jati yang alamnya sangat indah sambil bersepeda. Lokasi: Desa Timuhun, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali

3. Desa Wisata Bakas
Desa Wisata Bakas juga memiliki pesona bentang alam yang sangat indah dengan hamparan sawah yang sangat luas dan berbentuk teras. Jika berkunjung ke desa ini pas pada saat musim taman akan terlihat pematang sawah yang hijau nambak begitu indah. Bahkan desa ini juga memiliki sawah berbentuk terassering yang berada di seberang lembah sekilas mirip seperti pesona sawah terassering di Ceking Tegallalang. Keindahan yang dimiliki desa ini dimanfaatkan untuk wisata treking. Bagi yang suka dengan aktivitas tantangan coba bermain rafting mengarungi sungai Melangit dan petualangan naik gajah menyusuri desa untuk melihat aktivitas warga pedesaan. Lokasi: Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Bali

4. Desa Wisata Kamasan
Desa Wisata Kamasan terkenal sebagai sentra kerajinan uang kepeng untuk keperluan upacara adat di Bali untuk hiasan seni lainnya. Selain itu, desa ini juga terkenal sebagai desa penghasil lukisan klasik Kamasan. Desa wisata ini terkenal dengan keindahan seni budayanya dalam membuat kerajinan perak, ukiran selongsong peluru, emas dan lukisan wayang tradisional. Lokasi: Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

5. Desa Wisata Tegak
Desa Tegak memiliki beberapa potensi wisata spiritual, wisata sejarah, agrowisata, dan wisata alam. Dalam potensi wisata spiritual desa wisata ini memiliki tempat mensucikan diri yang bernama Tirta Sudamala Centeng dan sumber mata air di Pendawa. Sedangkan dalam hal wisata sejarah, desa ini memiliki pengingalan sarkofagus yang berlokasi di Seme Pengilang-ilang di Dusun Bajing. Desa ini juga mempunyai pemandangan sawah yang sangat indah dan dilalui oleh aliran Sungai  Yeh Unda. Desa wisata ini juga terkenal sebagai sentra pengerajin Kain Tenun. Lokasi: Desa Tegak, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

6. Desa Wisata Gelgel
Desa Wisata Gelgel memiliki objek wisata alam yang berupa pantai asri dan eksotis serta banyak digemari oleh wisatawan asing untuk berselancar yang bernama pantai Batu Tumpeng. Di desa ini juga terdapat kampung Islam tertua di Bali di mana umat Islam dan Hindu hidup saling berdampingan. Alkuturasi budaya Islam dan Hindu terlihat di ukiran pintu masjid. Lokasi: Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

7. Desa Wisata Besan
Desa Wisata Besan terkenal dengan pesona Bukit Abah bertempat di antara pertigaan  hamparan perbukitan di Dawan, perbukitan hijau di Sidemen dan bukit Puncak Sari desa Gegelang. Sepanjang perjalanan menuju Bukit Abah terlihat suasana alam pedesaan yang indah nan elok. Desa ini juga memiliki hutan lindung yang hijau dan dikelilingi perbukitan yang membentang dari timur sampai barat. Di sini juga terdapat patung budha yang besar yang berada di The Monkey Bar yang sangat cocok sebagai tempat bersantai di akhir pekan. The Monkey Bar menyediakan restoran dan kolam renang plus pemandangan perbukitan yang hijau dan asri. Lokasi: Desa Besan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Propinsi Bali.

8. Desa Wisata Pesinggahan
Desa Wisata Pesinggahan terkenal dengan wisata kuliner khas laut yang mampu menggoda perut dan sentra pengerajin yang berbahan daun pandan berduri. Daun pandan berduri ini disulap menjadi kerajinan tikar yang cukup laku di pasaran. Sedangkan kuliner yang terkenal di sini yakni sate lilit tuna khas Pantai Pesinggahan. Di desa ini juga terdapat tempat suci umat Hindu yang sangat unik, di mana di dalam tempat suci tersebut terdapat sebuah goa yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Tempat suci tersebut bernama Pura Goa Lawah. Tidak jauh dari tempat suci ini terdapat sebuah pantai yang kini sangat populer yang bernama Pantai Goa Lawah dan juga terdapat sentra pembuatan garam tradisional. Lokasi: Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

9. Desa Wisata Paksebali
Desa Wisata Paksebali terkenal sebagai desa pengerajin kain tenun dan pesona Kali Unda dengan air terjun tirainya yang sangat indah sekali. Desa ini juga memiliki potensi daya tarik wisata berupa kerajinan tedung, pedape, sarana upakara dengan ornamen khas Paksebali. Selain itu, desa ini juga mempunyai daerah perbukitan dengan view persawahan yang sangat indah dan pesona Gunung Agung serta sebelah selatan bisa melihat pemandangan laut dan Pulau Nusa Penida. Lokasi: Desa Paksebali, kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

10. Desa Wisata Jungut Batu
Daya tarik utama dari kawasan Desa Wisata Jungut Batu bagi wisatawan yaitu memiliki ombak yang bagus untuk berselancar, memiliki terumbu karang sebagai spot menyelam (diving) dan snorkeling yang sangat bagus, pantai yang berpasir putih yang eksotis plus pesona sunrise, laut dan pemandangan alam lainnya. Desa wisata yang berada di pulau Nusa Lembongan ini mayoritas warganya bekerja sebagai pembudidaya rumput laut (alga merah). Desa Wisata Jungutbatu juga mengembangkan ekowisata yang memanfaatkan lingkungan ataupun budaya masyarakatnya dengan mengemukakan unsur-unsur konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat lokal. Uniknya, di desa ini memiliki aturan atau awig-awig yang mengatur warganya untuk tidak menebang pohon bakau secara sengaja untuk melestarikan hutan mangrove. Hutan mangrove di desa wisata Jungutbatu menjadi objek wisata yang sangat populer karena memiliki pesona yang hijau dan indah. Lokasi: Pulau Lembongan, Desa Jungut batu, Kecamatan nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

11. Desa Wisata Lembongan
Salah satu ikon yang paling populer di Desa Wisata Lembongan yakni Jembatan Kuning atau yang dikenal dengan nama Jembatan Cinta Lembongan. Selain memiliki jembatan yang ikonik banget, desa ini juga memiliki bentang pantai yang sangat indah. Lokasi: Pulau Lembongan, Desa Lembongan, Kecamatan nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

12. Desa Wisata Ped
Desa Wisata Ped terkenal sebagai destinasi wisata spirirtual yang berada di Pura Penataran Agung Ped. Tempat suci umat Hindu yang berada di Pulau Nusa Penida ini diminati oleh banyak pengunjung dari Pulau Bali, Pulau Lombok, bahkan dari Pulau Jawa. Selain wisata spiritual desan ini juga memiliki tempat penangkaran burung Jalak Bali untuk melestarikan populasi burung yang endemik ini. Desa wisata ini juga memiliki pemandangan alam dan suasana desa sangat menarik untuk dikunjungi. Lokasi: Pulau Nusa Penida, Desa Ped, Kecamatan nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

13. Desa Wisata Batukandik
Desa Wisata Batukandik terkenal dengan pesona Mata Air Guyangan dan Air Terjun Guyangan. Kedua tempat wisata tersebut menjadi incaran para traveler yang berlibur ke Nusa Penida. Hanya saja untuk menuju ke tempat wisata tersebut memerlukan tenaga yang ekstra karena akan melewati tangga-tangga besi yang cukup banyak yang berada di tepi tebing yang sangat tinggi. Lokasi: Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

14. Desa Wisata Tanglad
Desa wisata Tanglad berada area perbukitan dengan pemandangan indah yang terhampar asri dan tenang di depan mata. Desa Wisata Tanglad merupakan desa yang menjadi pusat kerajinan Tenun Cepuk yang merupakan kain asli dari desa Tanglad yang sangat disucikan. Akan tetapi para wisatawan bisa membelinya untuk oleh-oleh ketika berlibur ke desa wisata ini. Selain memiliki budaya yang unik, desa wisata ini juga memiliki pantai yang sangat indah seperti pantai volcom dan pesona kepulauan seribu seperti berwisata ke Raja Ampat. Bahkan desa ini juga memiliki tempat wisata rumah pohon yang bernama Rumah Pohon Batu Molenteng. Karena lokasinya berada di perbukitan maka desa wisata ini memiliki tempat wisata perbukitan dengan pesona alam yang sangat memukau, seperti di Bukit Teletubies, Bukit Nunggul, Bukit Abangan dan Bukit Padang Daung. Lokasi: Pulau Nusa Penida Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

15. Desa Wisata Pejukutan,
Desa Wisata Pejukutan terkenal dengan pesona alamnya yang sangat spektakuler seperti Atuh Clift dengan pesona perbukitan yang asri, pantai Atuh yang memiliki bukit karang yang berbentuk seperti sepatu yang berada di tengah-tengah pantainya, Labuan Ampuak, dan Pantai Sebila. Selain memiliki bentang alam yang indah, desa ini juga memiliki kain tradisional yang bernama Kain Tenun Cepuk Rangrang atau disebut juga Cepuk Bolong-Bolong yang sangat disakralkan hanya dipakai saat upacara keagamaan saja. Sesuai dengan perkembangan zaman, kini kain tenun Cepuk Rangrang yang disakralkan ini sudah diproduksi masyarakat dan bisa dibeli oleh para wisatawan yang berkunjung ke desa wisata Pejukutan. Lokasi: Pulau Nusa Penida, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

16. Desa Wisata Batununggul
Desa Wisata Batununggul memiliki bentang alam yang sangat indah seperti pantai Sampalan yang memiliki suasana yang tenang dan nyaman, dengan pasir putih dan ombak yang tenang. Tidak hanya untuk tempat berlibur, pantai ini juga difungsikan sebagai pelabuhan, yang dikenal dengan Pelabuhan Sampalan. Selain itu, pesona bawah lautnya sangat mempesona dengan beberapa lampu di bawah laut yang membuat tempat menyelam ini berbeda. Lokasi: Pulau Nusa Penida, Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

17. Desa Wisata Kelumpu
Desa Wisata Kelumpu menawarkan pesona Puncak Mundi atau Bukit Mundi yang memiliki ketinggian mencapai 529 meter dari permukaan laut dan merupakan titik tertinggi di Pulau Nusa Penida. Di puncak ini terdapat tempat suci umat Hindu yang bernama Pura Puncak Mundi. Dari kawasan pegunungan kapur andesit itu pengujung bisa dinikmati birunya laut sekitar Pulau Bali yang mempesona. Tidak hanya itu saja yang ditawarkan, desa wisata ini juga menawarkan keindahan kincir angin yang digunakan untuk membangkitkan listrik yang menerangi kawasan Nusa Penida. Lokasi: Pulau Nusa Penida, Desa Klumpu, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung, Bali.

18. Desa Wisata Suana
Desa Wisata Suana menyuguhkan keindahan bentang alamnya seperti Pantai Malibu Semaya atau dikenal dengan nama Suana Point dengan ayunan dengan latar laut terbuka. Pengunjung pun bebas menggunakan ayunan tanpa dipungut biaya. Suasana akan lebih menakjubkan di pagi hari. Pengunjung bisa berayun sambil menyaksikan sunrise. Selain itu, di desa ini juga terdapat spot menyelam terbaik di Bali yang bernama Malibu Point. Spot menyelam ini memiliki terumbu putih, terumbu karang abu-abu dan terumbuk perak plus varian ikan yang indah. Tidak hanya memiliki bentang alam yang menarik, desa ini juga memiliki tempat suci umat Hindu yang sangat unik bernama Pura Gua Giri Putri. Lokasi: Pulau Nusa Penida, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali.

19. Desa Wisata Selat
Desa wisata Selat memiliki bentang alam yang indah berupa perbukitan yang hijau. Sungai dengan aliran airnya yang jernih dan cukup deras mengalir di desa wisata ini sehingga cocok untuk kegiatan arung jeram yang sangat digemari para turis asing yang berlibur ke Bali. Bahkan desa ini juga mengembangkan wisata berbasis petualangan seperti menyusuri alam, pedesaan yang asri nan indah, arung jeram (rafting), tree top (flying fox), dan lazy river (tubing). Tempat wisata petualangan tersebut bernama Bali Jungle Adventure Park. Lokasi: Desa Selat, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali.

Dengan adanya banyak desa wisata di Kabupaten Klungkung diharapkan mampu menarik banyak kunjungan wisatawan untuk berlibur ke Bali Timur, tentunya ini akan berdampak terhadap sektor perekonomian masyarakat Klungkung akan meningkat secara signifikan. Wisatawan yang berlibur ke Klungkung tidak akan pernah bosan, karena banyak ditawarkan destinasi wisata yang unik dan tentunya sangat berbeda.
Iklan