free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Keren Sekitar Goa Gajah
T11/13/2018

Inilah 10 Tempat Wisata Keren Sekitar Goa Gajah

Iklan
Iklan

Awalnya admin mengira kalau tempat wisata Goa Gajah merupakan sebuah goa tempat hunian gajah atau setidaknya di sekitar goa ada gajah. Akan tetapi ekspetasi amdin meleset, Goa Gajah bukanlah sebuah hunian gajah maupun ada gajah di sekitarnya, melainkan hanya berupa gua buatan sebagai tempat pertapaan pada zaman dahulu. Tempat wisata ini dikelola dengan sangat baik, sehingga tempatnya benar-benar nyaman untuk dikunjungi, apalagi berlibur bersama keluarga. Tempat ini memang benar-benar unik dan bersejarah, di sini kita akan melihat peninggalan-peninggalan kuno dan juga terdapat pertirtaan seperti di tempat wisata Tirta Empul. 

Inilah 10 Tempat Wisata Keren Sekitar Goa Gajah
Goa Gajah


Goa Gajah merupakan salah satu tempat wisata populer di Bali, bahkan tempat wisata ini juga populer di sosial media khususnya Instagram dengan #goagajah mendapat 30,3 ribu kiriman dan dengan #goagajahtemple mendapat 4,5 ribu kiriman lho. So pasti tempat ini sangat Instagramable banget bagi pecinta hunting foto untuk sekedar selfie atau foto praweding. Kepopuleran tempat wisata ini tidak lepas dari lokasinya yang sangat strategis berada di pinggir jalan raya, dan yang pastinya tempat ini dekat dengan Objek Wisata Ubud yang terlebih dahulu sudah populer di dunia internasional.

Selain itu, tempat wisata ini sejalur dengan perjalanan anda ke Tempat Wisata Kintamani melalui Pura Tirta Empul. Apalagi kawasan sekitar Goa Gajah terdapat banyak destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi, sehingga liburan tidak akan membosankan karena tidak hanya mengunjungi satu objek wisata saja. Berikut 10 tempat wisata sekitar Goa Gajah yang populer dan wajib untuk dikunjungi.

1. Kawasan Mandala Wisata Pura Samuan Tiga
Setelah mengunjungi Goa Gajah bisa juga mampir ke objek wisata Pura Samuan Tiga yang berjarak sekita 800 meter ke timur yang berlokasi di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Pura Samuan Tiga dikenal memiliki nilai spiritual tinggi, dan terdapat peninggalan artefak sejarah pada masa lampau. Uniknya, di pura ini warga masih tetap mempertahankan tradisi membuat “pajegan” atau sesajen yang tingginya mencapai 2,5 meter.

2. Museum Arkeologi Gedong Arca
Bagi pecinta dengan wisata sejarah, hanya berjarak sekitar 950 meter dari Goa Gajah terdapat sebuah museum arkeologi yang bernama Museum Gedong Arca. Museum yang berlokasi di Jalan Raya Tampaksiring, Desa Bedulu ini memiliki berbagai koleksi dari masa prasejarah dan sejarah. Di museum ini kita bisa melihat benda-benda peninggalan purbakala, sehingga sangat pas mereka yang memiliki ketertarikan terhadap wisata budaya dan antropologi, khususnya Bali di masa lampau.

3. Relief Yeh Pulu
Gianyar terkenal sebagai bumi seni sudah sejak zaman dahulu ini terbukti banyak ditemukannya relief-relief yang bernilai seni yang sangat tinggi, salah satunya relief yeh pulu yang berjarak sekitar 1,4 km dari Goa Gajah. Tempat wisata Yeh Pulu merupakan tempat wisata cagar budaya nasional berupa relief bersejarah. Di sini banyak sekali terdapat pahatan-pahatan di dinding batu cadas yang menceritakan kehidupan masyarakat dan kerajaan Bali Kuno. Pada dinding tebing juga terdapat cerukan-cerukan menjorok ke dalam dinding. Tempat wisata ini terletak di lokasi persawahan yang luas sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan persawahaan yang  tertata rapi. Bagi yang ingin melihat secara langsung keunikan dari tempat wisata ini, silahkan datang ke Jalan Yeh Pulu, desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

4. Goa Garba
Situs purbakala lainnya yang dekat dengan Goa Gajah adalah Goa Garba yang beralamat di Dusun Sawegunung, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Tempat wisata yang berjarak sekitar 3,6 km dari Goa Gajah ini merupakan sebuah goa yang berupa pahatan curuk di dinding tepi jurang sungai Pakerisan. Agar bisa sampai ke goa ini, pengunjung harus turun dan menuju gapura dengan tangganya yang terbuat dari batu kali dan tersusun rapi. Selama menuruni tangga, pengunjung akan menjumpai bekas telapak kaki manusia yang oleh masayarakat setempat dipercaya sebagai telapak kaki Kebo Iwa.

5. Ubud Monkey Forest
Tempat wisata populer yang dekat dengan Goa Gajah yakni Ubud Monkey Forest yang berjarak sekitar 3,8 km. Tempat wisata Ubud Monkey Forest atau Mandala Wisata Wenara Wana merupakan sebuah kawasan hutan dengan luas areal mencapai 10 hektar yang dihuni oleh ratusan ekor kera. Selain sebagai objek wisata yang menarik, Ubud Monkey Forest merupakan kawasan yang digunakan sebagai pusat penelitian dan konservasi. Di tempat wisata yang berada di Desa Pakraman Padangtegal, Kecamatan Ubud ini para wisatawan bisa melihat tingkah pola perilaku kera-kera yang berada di kawasan hutan yang alami dengan penuh suasana religius. Monyet-monyet ini boleh dibilang jinak lho, terkadang dengan pengawasan petugas, monyet-monyet tersebut akan bertengger di kepala wisatawan dengan santainya. Asalkan tidak mengganggunya, monyet-monyet tersebut tidak akan mengganggu pengunjung.

Tahukah bahwa Ubud Monkey Forest merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Bali dan menjadi tujuan wisata jika berlibur ke kawasan Ubud. Bahkan tempatnya sangat instagramable banget lho. Ini terbukti banyak unggahan tentang objek wisata ini di media sosial Instagram dengan #ubudmokeyforest mencapai 22,8 ribu kiriman lho. Tidak salahnya jika setelah mengunjungi Goa Gajah untuk mampir ke Ubud Monkey Forest, dijamin liburan akan menjadi lebih berkesan.

6. Candi Tebing Tegallinggah
Candi Tebing Tegallinggah merupakan situs purbakala yang ditemukan oleh ahli purbakala berkebangsaan belanda yang bernama Krijsman. Candi ini terpahat di dua sisi tebing yang berseberangan yang dipisahkan oleh Tukad Pakerisan. Selain melihat kemegahan bangunan dari masa lalu, daerah sekitar Candi Trebing Tegallinggah juga memiliki kenampakan alam yang cukup mempesona indah dengan hamparan sawah penduduk yang berundak-undak. Lokasi: Dusun Tegallinggah, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. 3,8 km atau 9 menit

7. Taman Kupu-Kupu Kemenuh
Gianyar tidak hanya menyuguhkan wisata sejarah doang lho, di sini juga terdapat taman kupu-kupu yang wajib untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Jalan Raya Kemenuh, Desa Kemenuh, Kecamatan sukawati, Gianyar Bali yang berjarak sekitar 6,5 km dari objek wisata Goa Gajah. Taman Kupu-kupu Kemenuh merupakan adalah taman konservasi berbagai jenis kupu-kupu yang dikembangkan untuk menarik kunjungan wisatawan berlibur ke Gianyar. Di taman ini pengunjung akan disuguhkan dengan kecantikan dan keindahan dari warna-warni kupu-kupu yang terbang lalu lalang mencari dahan tumbuhan. Kita bisa dengan bebas memotret kupu-kupu yang ada di taman ini dengan kamera maupun HP yang ada kameranya. Lokasi taman ini sangat dekat dengan objek wisata air terjun yang sangat populer di Bali yakni air terjun Tegenungan. Bagi yang sedang mengajak anak-anak berlibur ke Air Terjun Tegenungan atau ke Goa Gajah, cobalah ajak putra putri kesayangan Anda mampir ke taman ini, tentu liburan anak-anak akan lebih berkesan dan menyenangkan.

8. Museum Seni
Objek wisata Goa Gajah lokasinya dekat dengan kawasan objek wisata Ubud. Di mana di sini banyak terdapat museum seni yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Bahkan museum-museum tersebut pernah digunakan sebagai lokasi syuting film FTV lho, misalnya film FTV yang berjudul “Adul dan Kirun” mengambil lokasi syuting di Museum Renaisance Antonio Blanco. Di museum ini wisatawan bisa melihat berbagai karya lukis dari Mario Antonio Blanco, di mana lukisannya identik dengan keindahan tubuh seorang wanita Bali. Museum Renaisance Antonio Blanco hanya berjarak sekitar 6,5 km dari objek wisata Goa Gajah. Museum seni lainnya yang dekat dengan objek wisata Goa Gajah yakni Setia Darma House of Mask and Puppets berjarak 2,4 km, Museum Rudana berjarak 2,6 km, ARMA berjarak 2,9 km, Museum Puri Lukisan berjarak 5,5 km, museum pendet berjarak 4,4 km, Njana Tilem Museum berjarak 3,3 km, dan Museum Runa berjarak 5,6 km.

9. Pura Taman Saraswati Ubud
Bagi yang ingin melihat uniknya budaya Bali dan indahnya arsitektur tempat suci umat Hindu di Bali yang sangat unik dan indah, tentunya dekat dengan objek wisata Goa Gajah, coba mampir ke Pura Taman Saraswati Ubud yang berjarak sekitar 5,5 km atau dengan waktu tempuh sekitar 16 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Pura Taman Saraswati merupakan tempat suci bagi umat Hindu yang khusus untuk memuja dewi ilmu pengetahuan, Dewi Sarasawati. Pura yang berlokasi di Jalan Kajeng, Desa Ubud ini memiliki kolam yang banyak terdapat bunga lotus atau teratai yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Pura ini memiliki panggung pemantasan tari kecak yang di kelilingi oleh kolam teratai. Jadwal pementasan Tari Kecak di Pura Taman Saraswati Ubud pada malam hari dimulai dari jam 19.30 pada hari Selasa dan Kamis.

10. Air Terjun tegenungan
Air Terjun Tegenungan atau ada yang menyebutnya dengan nama Air Terjun Blangsinga, merupakan air terjun yang paling populer di Gianyar, bahkan di Bali. Di instagram air terjun ini mengalahkan kepopuleran tempat wisata Goa Gajah lho. Jika kita ketik #tegenunganwaterfall di kolom pencarian Instagram akan ada lebih dari 44,4 ribu kiriman lho. Selain karena memiliki view yang bagus, air terjun ini merupakan satu-satunya air terjun yang terdekat dengan kota Denpasar. Di sekitar air terjun Tegenungan memiliki pemandangan yang cukup indah dengan pepohonan yang menghijau. Apalagi kawasan ini sekarang dipercantik dengan disediakannya ayunan dan ajungan untuk tempat berfoto-foto, yang pasti tempatnya sangat Instagramable. Kalau kebetulan berlibur ke Bali atau ke Goa Gajah jangan lupa untuk berkunjung ke sini ya, lokasinya berada di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Untuk menuju tempat wisata ini hanya menempuh jarak sekitar 7,7 km atau dengan waktu tempuh sekitar 17 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Goa Gajah.

Semoga ini dapat dijadikan refrensi bagi yang mencari tempat wisata keren sekitar Goa Gajah. Masih banyak tempat wisata lainnya yang dekat dengan objek wisata Goa Gajah, misalnya Bukit Cinta Ubud, Pasar Seni Ubud, Puri Saren Ubud, dan lain sebaginya. Silahkan baca info tempat wisata di Bali lainnya di blog ini. Salam longtriper.
Iklan