free counter with statistics Air Terjun Aan, Tempat Wisata Baru Di Klungkung Yang Wajib Dikunjungi
T12/26/2019

Air Terjun Aan, Tempat Wisata Baru Di Klungkung Yang Wajib Dikunjungi

Iklan
Iklan

Kabupaten Klungkung tidak mau ketinggalan dengan kabupaten lainnya di Bali yang terus menggali potensi wisata yang dimilikinya. Sebelumnya “bumi serombotan” menjadi daya magnet bagi kawula muda dengan adanya tempat wisata bukit Belong yang sempat viral di sosial media. Kemudian pada pertengahan bulan desember 2018, kabupaten klungkung kembali menjadi buah bibir para traveler karena telah ditemukan air terjun yang menjadi magnet bagi anak muda untuk mengunjunginya.

Air Terjun Aan, itulah nama air terjun yang baru dikelola oleh masyarakat setempat. Nama air terjun tersebut diambil dari nama desa dimana air terjun itu berada yakni Desa Aan. Lokasi tepatnya air terjun Aan ini berada di banjar Sala, desa Aan, kecamatan Banjarangkan, kabupaten Klungkung, Bali. Nama lain untuk air terjun ini adalah Aan Secret Waterfall yang artinya air terjun tersembunyi Aan.
Gambar: www.instagram.com/halo.klungkung

Untuk mencapai lokasi air terjun yang cukup tersembunyi ini, pengunjung akan melintasi hamparan persawahan menghijau yang terlihat cantik dan menuruni tebing, karena berada diantara tebing-tebing yang sangat ciamik. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter ini sangat bagus untuk foto selfie karena sudah disediakan spot untuk berfoto selfie dengan tulisan “Aan Secret Waterfall”.

Tidak hanya menawarkan pesona air terjun yang sangat ciamik, alam disekitar air terjun juga menyuguhkan pemandangan indah, asri dan alami, suasananya tenang dan damai. Cocok bagi yang suka ketenangan, menjauhkan diri dari sibuknya rutinitas sehari-hari dan menghilangkan kejenuhan.

Air terjun ini wajib dikujungi bagi yang ingin mencari tempat wisata baru di Bali. Apalagi lokasinya dekat dengan objek wisata populer di Bali seperti Taman Kertha Gosa yang berjarak tempuh sekitar 5,8 km atau dengan waktu tempuh sekitar 12 menit kenadaraan bermotor. Tentu liburan ke Klungkung tidak akan membosankan karena bisa mengunjungi beberapa objek wisata. Selama perjalanan menuju air terjun Aan dari Taman Kertha Gosa, bisa mengunjungi desa wisata Tihingan yang searah dengan perjalanan menuju air terjun Aan.

Perlu diketahui bahwa desa wisata Tihingan terkenal sebagai sentra pengerajin gong dan alat gamelan Bali karena mayoritas warga di desa ini sebagai perajin gong dan alat-alat gamelan. Sebelum mampir ke air terjun aan, para pelancong bisa melihat lebih dekat bagaimana kerajinan gong dan gamelan dibuat bahkan bisa juga mencoba untuk membunyikannya. Tidak hanya memiliki potensi dalam bidang budaya dan seni yang sangat unik, desa ini juga memiliki hamparan sawah yang sangat indah dan tampak asri dengan latar belakang Gunung Agung.

Jika anda yang suka berwisata mengunjungi tempat-tempat unik di Bali bisa mengagendakan paket tour ke tempat ini dengan mengunjungi sejumlah objek wisata terdekat di Klungkung seperti objek wisata Kerthagosa, desa wisata Tihingan, kemudian trekking menikmati air terjun di desa Aan.

Jangan khawatir jika anda kelaparan atau kehausan saat mengunjungi air terjun aan, karena tidak jauh dengan lokasi air terjun, sudah ada warung yang bernama Secret Warung. Lokasinya yang berada di tengah sawah membuat warung ini sangat cocok untuk bersantai untuk menghilangkan lelah setelah trekking menuruni dan menaiki tebing. Yang lebih keren, dari warung ini pengunjung bisa melihat sunrise di pagi hari yang sangat keren lho. Sore harinya, pengunjung akan disuguhkan dengan pesona sunset yang spektakuler.

Untuk menikmati pesona Aan Secret Waterfall, wisatawan domestik akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 sedangkan untuk wisatawan asing akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 15.000. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi air terjun Aan? Jangan lupa membawa kamera atau smartphone, untuk mengabadikan momen-momen indah ketika mengunjungi air terjun Aan dan menguploadnya di sosial media agar air terjun ini makin populer.
Iklan