free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Batubulan Bali
T4/15/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Batubulan Bali


Kabupaten Gianyar banyak melahirkan seniman-seniman dengan karya seninya yang terkenal hingga ke luar negeri, seperti seni lukis, seni pahat, seni tari dan lain sebagainya. Di kabupaten ini juga banyak terdapat galeri-galeri seni yang menjadi incaran para pelancong kelas dunia. Kehidupan seni di Gianyar sudah ada sejak zaman dahulu lho, ini terbukti terdapatnya pahatan-pahatan kuno di batu cadas, misalnya di Relief Bebitra, Candi Gunung Kawi, Goa Gajah, dan Yeh Pulu. Tidak salah kalau kabupaten ini cocok mendapat julukan sebagai “Bumi Seni”.
Inilah 10 Tempat Wisata Sekitar Batubulan Bali
Patung Barong Batubulan
Selain itu, kabupaten Gianyar juga memiliki beberapa desa wisata yang berbasis seni yang memperkuat julukan kabupaten Gianyar sebagai “bumi seni”. Salah satu desa wisata di Bali yang berbasis seni yakni Desa Wisata Batubulan. Jika berlibur ke Kintamani melalui jalur Payangan atau Tegallalang, secara tidak langsung akan melewati desa wisata Batubulan ini, sehingga banyak agen wisata yang menjadwalkan desa wisata Batubulan ke dalam paket tournya. Banyak hal yang bisa dilakukan wisatawan selama berlibur ke Desa Wisata Batubulan seperti melihat Tradisi Mepantigan, menyaksikan pertunjukan Tari Legong dan Barong, membeli kerajinan patung, membeli oleh-oleh khas Bali, melihat dan membeli Batik Bali, dan menikmati kuliner di Pasar Malam Batubulan.

Berkunjung ke Desa Wisata Batubulan akan sangat menyenangkan karena akan disuguhkan dengan atraksi seni dan budaya bali yang unik. Di tambah lagi desa wisata ini lokasinya dekat dengan Kota Denpasar membuat desa ini menjadi terkenal. Apalagi sekitar Desa Batubulan banyak terdapat destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi yang berlibur ke Batubulan dan ingin mencari tempat wisata disekitarnya, berikut admin bagikan 10 tempat wisata di sekitar Batubulan yang menarik untuk dikunjungi.

1. Bali Zoo Park
Bagi yang mengajak anak-anak saat liburan ke Bali, tempat wisata yang lokasinya dekat dengan Batubulan yang bisa dikunjungi adalah Bali Zoo Park yang berlokasi di Jalan Raya Singapadu, Sukawati, Kabupaten Gianyar. Bali Zoo Park atau Kebun Binatang Bali merupakan destinasi wisata rekreasi keluarga dan anak-anak di pulau bali yang banyak diminati oleh wisatawan ketika berlibur ke Bali. Jadi pengunjungnya tidak hanya dari warga lokal lho, bahkan turis asing juga banyak yang mengunjungi tempat wisata ini. Pengunjung akan dimanjakan dengan ratusan binatang dari berbagai belahan dunia, bahkan pengunjung diperbolehkan untuk memberi makan binatang, seperti memberi makan rusa dan memberi makan gajah. Selain itu anak-anak bisa bermain dengan kelinci dan menonton pertunjukan atraksi burung yang sangat menggemaskan.

2. Bali Bird Park
Tidak jauh dari Bali Zoo Park, ada Bali Bird Park atau Taman Burung Bali yang berlokasi di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar. Kalau di Bali Zoo pengunjung akan disuguhkan berbagai jenis binatang, sedangkan di Bali Bird Park pengunjung akan disuguhkan dengan ribuan satwa jenis unggas. Tidak hanya bisa mengenal berbagai jenis burung, pengunjung bisa juga berinteraksi dengan berbagai jenis burung yang jinak, bahkan bisa berfoto–foto bersama burung-burung yang ada di taman ini.

3. Desa Wisata Celuk
Bagi yang ingin membeli oleh-oleh khas Bali yang berbahan perak atau emas, coba mampir ke Desa Wisata Celuk. Perlu diketahui bahwa Desa Wisata Celuk merupakan sentra kerajinan perak dan emas yang tersohor hingga ke luar negeri lho. Uniknya, para wisatawan yang berkunjung ke desa wisata Celuk bisa melihat dari dekat para pengerajin mengerjakan kerajinan tradisional ini, berkreasi membuat perhiasan emas, perak dengan hasil produksi bermutu tinggi seperti cincin, gantungan kunci, anting, liontin, dan kalung dengan motif yang sangat unik dan berbeda dari yang lainnya. Bahkan pengunjung bisa membuat motif sendiri lho, atau bisa juga dengan membuat liontin atau cincin yang ada tulisannya lho, tentunya oleh-oleh yang dibeli tidak akan sama dengan wisatawan lain.

4. Desa Budaya Kertalangu
Tempat yang asik untuk dikunjungi yang dekat dengan desa wisata Batubulan adalah Desa Budaya Kertalangu. Desa yang berlokasi di Kota Denpasar ini dikelilingi oleh persawahan asri dan kebun yang subur. Desa ini lebih didominasi oleh pemandangan hamparan persawahan yang indah. Potensi ini dimanfaatkan oleh pengelola dengan membuat jogging track sepanjang 4 km yang melewati areal persawahan. Selain aktivitas jogging para wisatawan juga bisa membeli dan melihat proses pengerjaan beberapa kerajinan secara langsung seperti gelas, keramik, lilin, patung, guci dan lain sebagainya. Di sini juga terdapat monumen gong perdamaian dunia yang berdiri di tengah lapangan yang hijau sebagai tempat berfoto-foto yang sangat bagus dan memiliki rute untuk bermain ATV yang sangat bagus. Bagi yang suka dengan kegiatan memancing, di desa ini juga terdapat kolam pancing dan jasa penyewaan alat pancing atau bisa juga membawanya dari rumah. Kegiatan lain yang mungkin bisa dilakukan di desa ini yakni menonton pertunjukan tari Barong, Tari Kecak dan Joged Bungbung, berwisata naik kuda, atau menikmati wisata kulinernya.

5. Pasar Seni Guwang
Ingin membeli oleh-oleh khas Bali dengan harga yang terjangkau? Coba mampir ke Pasar Seni Guwang yang berlokasi di Jalan Raya Guwang No. 5, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai jenis oleh-oleh khas Bali seperti baju barong, kerajinan anyaman, layang-layang, topeng, patung, asesoris, dan lain sebagainya. Perlu diketahui, di Pasar Seni Guwang barang yang dijual tidak ada tarifnya, jadi pembeli harus pintar-pintar menawar supaya mendapatkan harga yang cocok.

6. Tukad Beji Guwang
Tidak jauh dari Pasar Seni Guwang, ada tempat wisata tantangan atau petualangan yang sedang ngehits di sosial media. Tempat wisata tersebut bernama Tukad Beji Guwang atau Hidden Canyon Guwang. Bagi yang suka dengan wisata tantangan atau petualangan tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi. Tempat wisata ini merupakan salah tempat wisata baru di kabupaten Gianyar, bahkan tempat wisata ini sekarang sedang populer di instagram lho. Di sini kita akan diajak oleh pemandu lokal menyusuri sungai atau Tukad Beji Guwang. Tempat ini memang keren sepanjang menyusuri sungai yang panjangnya mencapai 700 meter, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri dan hijau. Air sungai yang jernih dengan ikan yang berenang dengan bebas, tentu ini akan membuat kamu enjoy menikmati perjalanan. Terdapat spot untuk foto-foto dengan latar belakang bebatuan dengan ketinggian mencapai 20-30 meter.

7. Pasar Seni Sukawati
Tempat lainnya untuk membeli oleh-oleh khas Bali selain di Pasar Seni Guwang dan tentunya dekat dengan Batubulan yakni Pasar Seni Sukawati. Barang-barang yang dijual di pasar seni Sukawati hampir sama seperti di Pasar Seni Guwang. Lokasi Pasar Seni Sukawati berada di Jalan Raya Sukawati, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

8. Pantai Ketewel
Ketewel merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Gianyar. Sebelah selatan desa ini berbatasan dengan garis pantai yang berpasir hitam. Karena lokasinya di Desa Ketewel, oleh para wisatawan menyebut nama pantai ini dengan nama Pantai Ketewel. Nyatanya, pantai Ketewel terbagi menjadi beberapa titik pantai dengan nama yang berbeda-beda sesuai dengan nama banjar di mana pantai itu berada, seperti pantai Lembeng, Pantai Gumicik, Pantai Kubur, Pantai Manyar, Pantai Pabean, dan Pantai Rangkan. Hampir semua titik pantai di Pantai Ketewel menawarkan pesona matahari terbit (sunrise) dan spot surfing yang sangat populer di Bali.

9. Big Garden Corner
Tempat wisata berikutnya yang berada di Sekitar Batubulan yakni Big Garden Corner yang berlokasi di berada di sebelah barat lampu lalu lintas Padang Galak – Waribang, By Pass Ngurah Rai, Sanur, Denpasar Timur. Selain dekat dengan Batubulan, Big Garden Corner juga dekat dengan tempat wisata Pantai Sanur. Tempat wisata yang satu ini wajib untuk dikunjungi karena sedang ngehits di sosial media. Banyak anak muda memajang hasil jepretannya di sosial media dengan latar belakang tempat wisata ini. Tempat wisata Big Garden Corner merupakan sebuah tempat wisata yang menyajikan ratusan patung klasik. Dapat dikatakan tempat wisata ini merupakan sebuah galeri seni patung tetapi dengan nuansa yang berbeda dengan galeri patung yang lainnya. Tidak hanya menawarkan keindahan seni patung, tempat wisata ini juga menawarkan miniatur candi borobudur seperti yang ada di Taman Nusa Bali. Selain itu masih banyak keunikan lain yang ditawarkan di tempat ini.

10. Pantai Biaung
Pantai Biaung merupakan pantai pasir hitam yang berada di ujung timur kota denpasar dan merupakan pembatas antara kabupaten Gianyar dengan kota Denpasar, di mana sebelah timurnya terdapat Pantai Lembeng yang merupakan milik dari kabupaten Gianyar. Pantai Biaung sangat cocok untuk aktivitas bermain surfing karena memiliki ombak yang cukup bagus. Pantai ini juga memiliki area pantai yang cukup luas sehingga cocok untuk kegiatan bermain layang-layang. Di dukung oleh arus angin yang cukup kencang maka di tempat ini sering diadakan kegiatan lomba layang-layang yang diadakan tiap tahunnya.


Nah itu beberapa tempat wisata disekitar Batubulan yang mungkin bisa dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di Bali. Semoga liburan di Bali menjadi menyenangkan dan berkesan. Salam longtriper.