free counter with statistics Inilah 10 Tempat Wisata Sawah Terasering Di Bali
T4/15/2019

Inilah 10 Tempat Wisata Sawah Terasering Di Bali

Iklan
Iklan

Bali memang menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk mengisi liburannya. Tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik, bali juga dikunjungi oleh wisatawan mancanegara lho. Yang paling membangggakan, Bali mendapat peringkat pertama sebagai tempat tujuan wisata menurut Tripadvisor yang mengalahkan 25 daerah tujuan wisata populer di dunia.  Tidak mengherankan jika pada tahun 2018 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 6,1 juta orang melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Lalu bagaimana dengan wisatawan domestik? Berdasarkan data badan pusat statistik provinsi Bali tercatat jumlah kunjungan wisatawan domestik pada tahun 2017 mencapai 8,7 juta orang.
Inilah 10 Tempat Wisata Sawah Terasering Di Bali
Sawah terasering di Bali

Meningkatnya jumlah kunjungan turis ke Bali tidak lepas dari peran pemerintah dan instansi terkait yang sedang gencar-gencarnya mempromosikan tempat wisata di Bali. tidak hanya menawarkan atraksi budaya dan seni lho, Pulau Bali juga menawarkan panorama alam yang sangat spektakuler yang mampu menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke Bali. Salah satu panorama alam yang menarik untuk dikunjungi di Bali adalah pesona tempat wisata sawah terasering yang lokasinya tersebar di seluruh kabupaten di Bali. Bagi yang ingin mencari tempat wisata sawah terassering di Bali, berikut admin rekomendasikan untuk mengunjungi tempat berikut ini.

1. Tegallalang Rice Terrace
Tegallalang Rice Terrace menjadi salah satu tempat wisata populer di Bali. Bahkan tempat wisata ini populer di media sosial, khususnya pengguna Instagram. Tempatnya yang instagramable membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh kaula muda yang gemar hunting foto untuk dipajang di feed Instagram mereka. Jika kita cari dengan  #tegallalangriceterraces diintagram akan terdapat 15,1 ribu kiriman lho. Tempat wisata Tegallalang Rice Terrace atau lebih dikenal Ceking Rice Terrace menawarkan pesona pemandangan sawah berundak-undak yang masih alami dengan petak-petak sawah bertingkat yang terlihat seperti tangga dengan tanaman padinya. Tegallalang Rice Terrace merupakan salah satu tempat wisata populer di Gianyar yang lokasinya dekat dengan tempat wisata Ubud dan satu arah dengan perjalanan menuju tempat wisata Kintamani Bali.

2. Sawah Di Jatiluwih
Jika ingin mencari tempat wisata sawah terassering yang sangat luas bak karpet raksasa hijau, coba bertandang ke desa wisata jatiluwih. Desa wisata yang sangat populer ini memiliki areal persawahan yang berundak-undak (terasering) dengan pemandangan alam yang sangat indah dengan latar belakangnya berupa gunung tertinggi kedua di bali yakni Gunung Watukaru. Tempat wisata di Tabanan ini sangat populer di media sosial Instagram. Jika kita cari dengan #jatiluwih akan terdapat lebih dari 61,2 ribu kiriman tentang desa ini. sedangkan jika cari dengan #jatiluwihriceterrace akan terdapat lebih dari 12 ribu kiriman lho. Yang lebih keren lagi, desa wisata Jatiluwih ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO, yang berdampak kunjungan wisatawan Eropa membeludak. Selain pemandangan sawah berteras, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan sungai dengan air terjun Yeh Ho yang mempesona, pura, atau rumah-rumah penduduk yang masih sederhana.

3. Terasering Soka
Masih di Tabanan tepatnya di Banjar Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg juga memiliki tempat wisata berupa sawah terassering yang dikenal dengan nama “Terasering Soka”. Jadi, Banjar Soka tidak hanya terkenal akan tempat wisata pantai Soka dan Museum Ogoh-Ogoh yang sangat unik, tetapi juga memiliki bentang alam persawahan yang menghijau dan berundak-undak. Lokasinya sangat strategis karena berada di pinggir jalan utama Gilimanuk Denpasar. Di sini para pecinta wisata alam akan disajikan pemandangan sawah yang hijau dan berundak-undak. Kawasan ini akan terlihat sangat keren pada saat musim padi mulai tumbuh.

4. Rice Terrace Ambengan
Tempat wisata sawah terasering berikutnya berada di Bali Utara yakni di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Lokasi Desa Ambengan berada di atas bukit yang menghijau dan dihiasi oleh hamparan sawah yang sangat indah nan berundak-undak. Desa ambengan tidak hanya menawarkan pesona sawah yang berundak-undak, juga menyuguhkan pesona Air Terjun Jembong yang sangat indah. Air terjun ini sangat unik, karena air terjun ini memiliki kemiringan yang tidak dimiliki oleh air terjun lainnya di Bali Utara. Jika dilihat secara sekilas, air terjun ini hampir mirip seperti air terjun kanto lampo yang ada di Gianyar, hanya saja air terjun jembong memiliki debit airnya lebih besar. Sepanjang perjalanan menuju air terjun ini para wisatawan akan disuguhkan dengan paorama alam yang serba alamai dan hijau.

5. Rice Field Terrace Umajero
Tidak hanya di Desa Ambengan terdapat tempat wisata sawah terasering yang memiliki panorama yang indah, Di Desa Umejero juga terdapat sawah terassering. Umejero adalah sebuah desa yang berada di kecamatan Busungbiu, Buleleng, Bali. Sebagian besar wilayah Desa Umejero merupakan suatu kawasan pertanian dan perkebunan yang di tata dengan sedemikian indahnya oleh para petani penggarap dan pemilik sehingga menciptakan suasana yang indah. Panorama sawah yang berundak-undak menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Bagi yang suka suasana pedesaan yang asri dengan hamparan sawah yang berundak-undak, berkunjung ke desa Umajero merupakan pilihan yang sangat tepat. Sawah yang berundak-undak ini sangat pas digunakan sebagai latar belakang foto selfie yang bisa dipajang di sosial media.

6. Rice Field Terrace Kekeran
Tidak jauh dari Desa Umajero, terdapat Desa Kekeran yang masih berlokasi di Kecamatan Busungbiu. Kontur desa ini hampir sama seperti desa Umejero yang sebagian besar wilayahnya berupa lahan pertanian dan perkebunan. Lahan pertanian di sini sangat menarik dan indah dipandang karena berbentuk terassering yang dikenal dengan nama “Rice Field Terrace Kekeran”. Panorama yang ditawarkan di tempat wisata Rice Field Terrace Kekeran hampir sama seperti di Rice Field Terrace Umajero. Di sini mata pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan sawah yang berundak-undak yang asri dan alami. Untuk menambah kenyamana para turis, di kawasan ini juga terdapat beberapa gazebo yang bisa di gunakan untuk bersantai sambil menikmati panorama sawah yang terassering nan mengagumkan tersebut.

7. Sawah Di Desa Mengesta
Kembali ke Tabanan, tepatnya di Desa Mangesta juga terdapat panorama alam berupa sawah terasering yang sangat indah yang berada di kaki Gunung Batukaru. Begitu memasuki desa wsiata ini kita akan disuguhkan dengan pemandangan persawahan dan perkebunan yang luas, sistem terasering  persawahan, panorama alam pegunungan, dan sumber air panas. Untuk menikmati pesona sawah di desa ini, pengunjung bisa melakukan kegiatan trekking karena sudah tersedia jalur trekking.

8. Sawah Di Desa Beraban
Sawah terassering yang satu ini lokasinya dekat dengan tempat wisata Pura Tanah Lot yang sangat terkenal dengan pesona sunset dan suguhan tari kecaknya. Pesona sawah terasering di desa beraban dapat dilakukan dengan kegiatan trekking dengan menyusuri area persawahan yang luas menhijau dengan terasering tertata rapi hingga ke pantai.

9. Sawah Di Desa Gubug
Tempat lainnya di Bali yang menyuguhkan pesona sawah terassering yakni persawahan di desa Gubug, Tabanan. Desa yang satu ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah terutama panorama keindahan alam persawahannya yang terasering. Selain itu suguhan panorama sawahnya, berkunjung ke desa ini kita akan melihat aktivitas penduduk setempat membuat pisau dan golok yang terletak di Banjar Pande dan Banjar Batusangian. Di desa ini berbagai macam jenis pisau dan golok dihasilkan mulai dari ukuran yang besar hingga ukuran yang lebih kecil.

10. Pesona Sawah di Agrowisata Subak Munduk Nangka
Tempat wisata yang satu ini berada di Bali Barat (Kabupaten Jembrana) yakni di Banjar Munduk Nangka, Desa Berangbang, Kecamatan Negara. Di Agrowisata Subak Munduk Nangka pengunjung akan disuguhkan dengan pesona persawahan yang indah dan berundak-undak. Spot yang sangat bagus untuk berfoto-foto di areal persawahan dengan latar pegunungan yang hijau. Jika pada musim tanam padi, pengunjung akan melihat para petani menggarap sawahnya, seperti membajak sawah dan menanam padi.

Nah itu beberapa tempat wisata sawah terassering di Bali. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata di Bali. Bagi yang bosan mengunjungi pantai, tidak salahnya mencari alterntif lain untuk mengisi liburan di Bali, salah satunya adalah mengunjungi pesona persawahan dengan segala aktivitas petani menggarap sawahnya. Tentunya liburan Anda di Bali tidak akan membosankan. Salam longtriper.
Iklan