free counter with statistics Bukit Tengah, Tempat Wisata Baru Di Bali Dekat Goa Lawah
T12/27/2019

Bukit Tengah, Tempat Wisata Baru Di Bali Dekat Goa Lawah

Iklan
Iklan

Kabar gembira bagi yang suka “berburu” tempat wisata baru di Bali, khususnya di kabupaten Klungkung. Sebelumnya di klungkung sudah ada objek wisata baru yang dikembangkan seperti tempat wisata Bukit Belong di Gunaksa dan air terjun Aan (Aan Secret Waterfall) di Banjarangkan. Kini “bumi serombotan” kembali memunculkan objek wisata yang nantinya bisa menyaingi kepopuleran tempat wisata bukit Asah yang ada di kabupaten Karangasem. Nama tempat wisata baru di Klungkung tersebut adalah tempat wisata Bukit Tengah.
Bukit Tengah Klungkung
Fhoto by www.instagram.com/luh_dewisusanty

Tempat wisata Bukit Tengah wajib dikunjungi bagi yang suka hunting foto untuk dipajang di sosial media, karena tempat wisata ini sedang viral di sosial media, khususnya pengguna Instagram. Selain sedang ngehits di jagat maya, tempat wisata bukit tengah lokasinya cukup dekat dengan objek wisata populer di Bali yakni Pura Goa Lawah yang berjarak tempuh sekitar 2,6 km atau dengan waktu tempuh sekitar 5 menit perjalanan dengan sepeda motor. Sedangkan dari pusat kota Semarapura dapat ditempuh sekitar 12 km ke timur. Jika dari pusat Kota Denpasar berjarak sekitar 36,2 km.

Untuk menuju Bukit Tengah pengunjung harus mencari Jalan Raya Goa Lawah, tepat di sebelah timur Pura Goa Lawah sekitar 1,5 km di sebelah kiri jalan akan terlihat sebuah warung, papan evakuasi tsunami, dan gerbang hijau yang besar. Masuklah melewati jalan di samping gerbang hijau tersebut dan mulai melewati jalan tanjakan hingga menemukan pertigaan lalu ikuti jalan aspal putih (jangan belok ke kiri). Dari tempat parkir perjalanan dilanjutkan menyusuri jalan berbeton sepanjang  1,5 km.

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat ciamik dengan suguhan bukit yang berlapis dan birunya lautan. Begitu sampai di atas bukit, perjalanan yang cukup melelahkan akan terbayar dengan pesona keindahan alam yang sangat spektakuler.

Dari atas ketinggian sekitar 400 meter dari permukaan laut, pengunjung akan disajikan pesona perbukitan baik dekat maupun jauh dan pesona keindahan laut dikejauhan yang disertai dengan deretan sejumlah jukung tradisional di pesisir Kusamba dan Pesinggahan. Walaupun lokasi gersang yang ditumbuhi rumput hijau yang sudah menguning, namun lokasi ini menjadi incaran para traveler untuk swafoto. Selain cocok untuk berfoto dan menikmati alam Bali dari ketinggian, Bukit Tengah juga bisa digunakan untuk camping hingga berburu matahari terbit dengan latar belakang Gunung Agung.

Untuk bisa menikmati keindahan Bukit Tengah, pengunjung harus menggunakan sepeda motor karena akses kendaraan roda empat tidak dimungkinkan. Untuk masuk ke tempat wisata ini tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Perlu diperhatikan, tempat wisata ini belum dikelola dengan baik, ingat membawa perbekalan terutama air minum karena dilokasi ini belum tersedia warung atau warga yang berjualan.

Pemerintah Klungkung sudah mulai menggarap potensi wisata yang dimiliki Bukit Tengah dengan menyediakan fasilitas pendukung terutama akses jalan yang sudah dibeton. Kedepannya akan dibuatkan jalan beraspal hingga sampai ke puncak Bukit, sehingga kendaraan roda empat bisa mengakses bukit tersebut. Pemerintah nantinya akan menjadikan bukit Tengah menjadi tempat wisata trekking dan tempat perkemahan yang diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar bukit Tengah. Kita tunggu perkembangan tempat wisata ini.

Bagaimana? Sudah siap untuk eksplor keindahan Bukit Tengah? Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah ketika mengunjungi tempat wisata bukit Tengah. Satu hal lagi, jangan membuang sampah sembarangan. Tempat ini masih alami, jadi jangan dikotori dengan sampah-sampah plastik yang bisa merusak keindahan kawasan wisata ini.
Iklan