T10/19/2014

Tempat Wisata Di Sidemen Karangasem Bali

Tempat Wisata di Kecamatan Sidemen => Sidemen merupakan nama sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Karangasem. Sidemen terkenal dengan nama sebutan “Bumi Sastra” karena di Sidemen ada banyak sastrawan yang terkenal sejak zaman kerajaan dengan hasil karyanya. Sidemen juga terkenal dengan sentra pembutan arak, yaitu minuman khas bali hasil penyulingan dari tuak (hasil penyadapan air nira).

Selain terkenal akan minuman khas balinya berupa arak, Sidemen juga memiliki makanan khas yang namanya pesan telengis (pepes telengis) dan pelecing telengis. Pesan telengis ini terbuat dari ampas sisa pembuatan dari minyak kelapa secara tradisonal. Ampasnya inilah yang bernama telengis dan dijadikan pepes dan biasanya ditambahkan dengan kecambah atau kecombrang. 

Sidemen juga terkenal dengan kain tenunnya yaitu kain songket dan endek Sidemen. Selain memiliki ciri khas tersendiri, kain songket sidemen juga dijual dengan harga yang cukup tinggi. Kain jenis ini tidak hanya disukai oleh wisatawan nusantara, kain songket juga diburu oleh wisatawan mancanegara.


Sidemen juga terkenal dengan keindahan alamnya karena hampir sebagian besar wilayah sidemen berupa daerah pegunungan. Adapun objek wisata yang ada di Sidemen, yakni:

1. Iseh.
Iseh terletak di sebelah utara kecamatan sidemen dan berbatasan langsung dengan kecamatan Selat. Iseh terkenal dengan keindahan alamnya. Di sana juga anda dapat membeli buah salak Bali yang dijajakan sepanjang jalan di jalur Amlapura – Klungkung.

2. Bukit Asmara
Bukit Asmara terletak di desa Sangkan Gunung. Bukit Asmara memiliki keindahan yang sangat menakjubkan karena dari Bukit Asmara kita bisa melihat Desa Sidemen yang berada di kaki gunung Dwangga dan sawah yang berundak-undak, sehingga banyak wisatawan asing yang datang ke Bukit Asmara hanya sekedar untuk berfoto-foto.

3. Rice Terasering (Sawah Berundak-Undak)
Masyarakat di kecamatan Sidemen hampir sebagian besar bekerja di sektor pertanian, sehingga di Sidemen banyak terdapat sawah yang masih dikerjakan secara tradisonal. Karena wilayah Sidemen sebagian besar wilayahnya berbentuk pegunungan, oleh karena itu sawah di sidemen berbentuk terasering (berundak-undak). Nah sawah yang berundak-undak inilah jadi keunikan dan daya tarik wisatawan yang datang ke Sidemen.
Tempat Wisata Di Kecamatan Sidemen
Sawah berundak-undak di Sidemen

4. Bodog
Bodog merupakan nama sebuah tempat yang ada di desa Sangkan Gunung dan terletak pada sebelah bagian barat kecamatan Sidemen. Dari di sini anda bisa melihat keindahan Gunung Agung, sungai Telaga Waja, dan air terjun sungai telaga Waja yang sangat menakjubkan. Di Bodog juga Anda bisa menyewa villa  yang bisa memanjakan liburan Anda selama berlibur di wilayah sidemen. Dari villa itu anda bisa melihat keindahan Gunung Agung dan sungai Terjun Telaga Waja. Jika Anda ingin merasakan sensasi yang menakjubkan maka turunlah ke bawah dengan melewati jalan setapak dan harus menyebrangi sungai maka Anda akan melihat air terjun telaga waja yang mempesona.

5. Cepik
Cepik terletak di banjar Tabola desa Sidemen. Di cepik anda dapat melihat keindahan pura Bukit dan Gunung Agung. Di Cepik anda bisa melihat proses pembuatan kain songket sidemen secara langsung. Jika mengalami kelelahan dan ingin menikmati suasana di Cepik Anda bisa menyewa villa dan menginap untuk beberapa hari.

6. Pura Bukit Sangkan Gunung
Pura Bukit Sangkan Gunung terletak di Desa Sangkan Gungung. Untuk mencapai pura ini harus menaiki anak tangga yang banyaknya sekitar 200 anak tangga. Dari areal pura bukit kita bisa melihat keindahan alam sidemen dari ketinggian. Jika memandang ke utara Anda akan melihat gunung agung yang menjulang tinggi dan jika menghadap ke timur Anda akan melihat desa sidemen dengan gunung dwangganya.

7. Pura Petemon
Pura ini terletak di Banjar Sanggem Desa Sangkan Gunung. Dari areal pura ini Anda akan disugguhkan dengan pemandangan alam yang indah dengan bacground gunung agungnya, keindahan sawah yang berundak-undak dan alam gunung dwangga. Pura petemon terletak satu barisan dengan pura bukit Sangkan Gunung.

8. Bendungan Sungai Yeh Unda Hulu
Bendungan ini pada awalnya difungsikan untuk mengairi sawah yang ada banjar tabola dan sekitarnya. Selain berfungsi sebagai saluran irigasi, bendungan tukad yeh unda hulu berfungsi sebagai tempat rekreasi keluarga yang menyenangkan karena Anda akan bisa menyaksikan keindahan air terjunnya yang cocok sebagai objek foto-foto.

Nah itulah beberapa tempat wisata yang ada di kecamatan sidemen. Masih banyak ada tempat wisata yang belum diulas dan akan diulas pada kesempatan lain.

2 Responses to "Tempat Wisata Di Sidemen Karangasem Bali"

  1. Wah besok saya mau lewat ke Sidemen dari Singaraja, apa melewati salah satu tempat iut gak? Maklum tumben lewat sana!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya pasti akan melewati salah satu tempat wisata tersebut, seperti air terjun telaga waja, pura bukit, pura petemon, bukit asmara dan jembatan kuning yeh unda. Hanya saja untuk menuju air terjun telaga waja harus menuruni sebuah lembah yang di bawahnya terdapat sungai. Selamat berlibur ke Sidemen.

      Delete

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif