T11/09/2014

Tempat Wisata Museum Ogoh-Ogoh Soka Tabanan Bali

Sehari sebelum perayaan Nyepi atau dikenal dengan nama Hari Raya Pengrupukan di Bali diadakan atraksi mengarak ogoh-ogoh di jalan raya. Ogoh-ogoh merupakan patung yang berbentuk raksasa yang terbuat dari bambu dan kertas maupun benda lainnya yang kemudian di arak-arak keliling desa pada saat menjelang perayaan Nyepi. Setelah selesai di arak-arak ogoh-ogoh biasanya dibakar. Akan tetapi ada beberapa ogoh-ogoh tidak dibakar melainkan dipajang di sebuah museum.

Salah satu museum yang memajang ogoh-ogoh hasil kreasi anak Bali yakni Museum Ogoh-Ogoh yang ada di Pantai Soka Tabanan Bali, tepatnya di Soka Indah Rest Area. Ada kurang lebih 16 macam ogoh-ogoh yang dipamerkan di sini. Museum ogoh-ogoh ini digagas oleh Kooeswintoro Direktur Utama Grafika group perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan dan pariwisata. Museum ini dibuka pada bulan Mei 2013.

Tempat Wisata Museum Ogoh-Ogoh Soka Tabanan Bali

Untuk mengakses Museum Ogoh-Ogoh ini sangat mudah sekali, karena lokasi Museum Ogoh-Ogoh berada di objek wisata pantai soka yang berada dipinggir ruas jalan utama Denpasar – Gilimanuk. Jika Anda datang dari area kota denpasar, akan menempuh jarak 56 km untuk mencapai lokasi museum ini dan kurang lebih 75 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari Bandara Ngurah Rai Bali.

Kita ketahui bahwa setelah ogoh-ogoh diarak-arak di jalan raya biasanya dibakar. Akan tetapi untuk membuat ogoh-ogoh ini memerlukan biaya yang tidak sedikit, bahkan ada yang memerlukan biaya sampai ratusan juta rupiah. Untuk melihat ogoh-ogoh ini wisatawan asing rela datang ke Bali jauh-jauh hari hanya untuk melihat ogoh-ogoh tersebut. Karena ogoh-ogoh dapat dijadikan sebagai atraksi wisata yang sangat bagus maka dibuatlah museum ogoh-ogoh. Selain itu tujuan dibangunnya museum ogoh-ogoh ini sebagai bentuk untuk melestarikan nilai-nilai seni dan budaya adi luhung yang diwariskan para leluhur dimasa lampau.


Di Museum Ogoh-Ogoh ini terdiri atas 20 saung berukuran 6×6 dan 6×4 meter dengan tinggi sekitar 3,5 meter. Di setiap saung itu ada satu atau dua ogoh-ogoh yang mengadung tema tertentu. Misalnya ada ogoh-ogoh dengan tema penculikan Sita (istri Rama) oleh Rahwana yang diambil dari kisah pewayangan Ramayana. Dari museum ini Anda juga bisa menyaksikan pantai soka yang indah dari atas, karena lokasi museum ogoh-ogoh ini berada atas dari Pantai Soka. Selain bisa melihat ogoh-ogoh Anda juga bisa melihat lumbung padi khas Tabanan yang menjadi ikon kabupaten Tabanan.



Fasilitas yang tersedia di Museum Ogoh-Ogoh yakni area parkir yang sangat luas, minimarket, restoran, toilet, dan tempat duduk yang menghadap pantai. Jadi, kalau Anda datang ke Bali jangan lupa mampir untuk melihat Museum Ogoh-ogoh di Soka Indah.

0 Response to "Tempat Wisata Museum Ogoh-Ogoh Soka Tabanan Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif