free counter with statistics Tempat Wisata Pantai Kusamba Klungkung
T2/01/2015

Tempat Wisata Pantai Kusamba Klungkung

Iklan
Iklan
Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki wisata pantai yang eksotis. Hampir di semua kabupaten di Bali memiliki wisata pantai dengan keuinkan tersendiri, kecuali Kabupaten Bangli. Salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi jika berlibur ke Bali Timur yakni tempat wisata Pantai Kusamba.

Loaksi Pantai Kusamba terletak di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali. Jika Anda datang dari kawasan objek wisata Kerta Gosa hanya memerlukan jarak 7 km ke timur untuk menuju pantai Kusamba. Sedangkan jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai hanya memerlukan waktu kira-kira 75 menit dengan melalui Jalan Tol Bali Mandara, kemudian By Pass Ngurah Rai dan By Pass Ida Bagus Mantra. Jika Anda datang dari kawasan Kota Denpasar hanya menempuh jarak 29 km untuk menuju lokasi Pantai Kusamba dengan melalu Jalan By Pass Ida Bagus Mantra. Apa yang unik dari Pantai Kusamba?

Pantai Kusamba merupakan salah satu pantai yang dulunya pernah dijadikan arena perang oleh Laskar Kusamba di bawah pimpinan I Dewa Agung Putra Kusamba menyerang kubu pertahanan Belanda di bawah pimpinan Jendral Andreas Victor Michiels pada tahun 1849. Peristiwa ini dapat Anda lihat pada diorama ke 18 di Museum Bajra Sandi. Hal yang unik dari pantai kusamba yakni di pantai ini terdapat tempat pembuatan garam secara tradisional yang jarang Anda temui di pantai-pantai lainnya di Bali. Sehingga di pantai Kusamba Anda akan melihat aktivitas para nelayan setiap hari, mulai dari mencari ikan di laut, hingga melihat para petani garam yang sibuk dengan pekerjaannya membuat garam dipinggir pantai.

Tempat Wisata Pantai Kusamba Klungkung
Pantai Kusamba
Selain bisa menyaksikan aktivitas para nelayang mencari ikan dan petani garam sibuk membuat garam, para wistawan juga bisa menikmati keindahan alam dari pantai kuasamba ini. Pohon nyiur melambai-lampai dengan angin yang sepoi-sepoi akan menambah keindahan pantai ini, apalagi disertai dengan deburan ombaknya.

Jika Anda berjalan sekitar 3 km ke arah timur dari kawasan pantai Kusamba maka Anda akan menemukan sebuah gua dengan sebuah pura suci yang bernama Pura Goa Lawah. Gua yang berada di areal pura ini memiliki ribuan kelelawar yang bergelantungan di dinding gua.

Di Pantai Kusamba juga terdapat Pelabuhan Tradisonal yang digunakan menyeberang menuju Pulau Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Untuk menunjang industri pariwisata di Pantai Kusamba maka pemerintah setempat menyediakan fasilitas seperti area parkir yang cukup luas, warung makan dan minuman dengan kuliner khasnya, dan penginapan yang nyaman.


Bagaimana? Anda tertarik mengunjungi objek wisata Pantai Kusamba. Silahkan persiapkan diri untuk mengisi liburan Anda, untuk mengunjungi objek wisata ini. Objek wisata yang dekat dengan Pantai Kusamba yakni Pelabuhan Padang Bay, Pantai Padang Bay, Pantai Candidasa, Pantai Watu Klotok, dan Kerta Gosa dengan Museum Semarajaya yang menyimpan benda-benda bersejarah.
Iklan