T10/26/2015

Tempat Wisata Monumen Puputan Klungkung

Jika Anda pernah lewat di catus pata (Patung Kanda Pat Sari) kota Semarapura, maka Anda akan menemukan sebuah monumen yang menjulang tinggi. Monumen tersebut bernama Monumen Puputan Klungkung. Sama seperti Monumen Puputan Renon dan Monumen puputan Badung, di mana monumen tersebut dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan yang mengusir penjajah dari bumi Bali ini. Begitu juga dengan Monumen Puputan Klungkung, monumen ini dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan dan ksatria kerajaan Klungkung melawan serangan penjajah Belanda pada tanggal 28 April 1908.

Tempat Wisata Monumen Puputan Klungkung
Patung Kanda Pat Sari di Catus Pata Kota Semarapura

Monumen Puputan Klungkung tegak berdiri di tengah-tengah kota Semarapura (kabupaten Klungkung) tepatnya di jalan Untung Surapati. Lokasi monumen ini sangat strategis karena tepat berada di jantung kota Semarapura. Selain itu monumen ini berada dekat dengan pusat pertokoan dan pasar tradisional, kantor pemerintahan, objek wisata Kerta Gosa, Museum Semarajaya, Lapangan Puputan Klungkung, dan patung Kanda Pat Sari. Monumen ini pasti Anda lalui jika akan berwisata ke objek wisata Besakih dengan melalui objek wisata Bukit Jambul.

Untuk mengakses monumen puputan Klungkung ini sangatlah mudah. Jika Anda datang dari Bandara Ngurah Rai dapat ditempuh melalui jalan tol Bali Mandara kemudian jalan By Pass Ngurah Rai. Dari By Pass Ngurah Rai menuju jalan By Pass Prof. Ida Bagus Mantra. Terus melalui jalur jalan ini hingga sampai di perempatan jalan menuju pantai Watu Klotok maka belok ke kiri untuk menuju kota Semarapura.

Tempat Wisata Monumen Puputan
Monumen Puputan Klungkung menjulang tinggi

Jika Anda datang dari kota Denpasar dapat ditempuh melalui Jalan Jalan By Pass Prof. Ida Bagus Mantra. Terus melalui jalur jalan ini hingga sampai di perempatan jalan menuju  pantai Watu Klotok maka belok ke kiri untuk menuju pusat kota Semarapura. Perjalanan sudah semakin dekat karena kita hanya perlu berkendara sekitar 5 menit untuk mencapai pusat kota Semarapura.

Monumen Puputan Klungkung menjulang tinggi dengan ketinggian sekitar 28 meter dan berdiri di areal tanah dengan luas sekitar 128 m2. Bentuk monumen ini melambangkan lingga dan yoni. Monumen ini memiliki 4 pintu masuk yang berada di sebelah utara, timur, selatan dan barat dari bangunan lingga di bagian bawah. Di tengah-tengah antara ruangan berpetak dengan lingga terdapat bangunan kubah bersegi delapan yang alasnya dihiasi dengan kembang teratai sebanyak 19 buah. Di dalam monumen puputan klungkung terdapat patung raja Klungkung Ida I Dewa Agung Jambe bersama pengikutnnya yang setia dan kisah perjuangan rakyat Klungkung dalam perang puputan melawan Belanda. Selain itu, di dalam monumen puputan klungkung juga terdapat diorama-diorama seperti yang ada di monumen bajra sandhi renon.

Monumen Puputan Klungkung
Koleksi Monumen Puputan Klungkung

Untuk menambah kenyaman para pengunjung ke monumen ini maka pemerintah sudah menyediakan bale bengong untuk beristirahat. Bale bengong ini berada di setiap sudut halaman monumen. Selain sebagai tempat istirahat pada siang hari, biasanya bale bengong ini dimanfaatkan sebagai tempat belajar kelompok oleh para pelajar Kota Semarapura. Di depan monumen ini dijadikan tempat nongkrong bagi anak-anak muda untuk bermain skate board.

Di sebelah timur monumen terdapat pasar malam (sengol) yang dikenal sebagai pusat kuliner yang terkenal di Klungkung. Kuliner khas klungkung yang dijual di pasar ini yakni Serombotan. Selain sebagai pusat kuliner, pasar sengol klungkung terdapat pedagang yang menjual  pakaian, kaset, souvenir, toko-toko perlengkapan sekolah, pedagang mainan dan lain-lain.

Jika Anda ingi menikmati keindahan kota Semarapura sambil menikmati kuliner khasnya, akan lebih bagus jika Anda mengunjungi monumen ini pada sore hari karena pada sore hari pasar sengol baru mulai dibuka. Selamat berliburan ke kota Semarapura.

0 Response to "Tempat Wisata Monumen Puputan Klungkung"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif