T12/11/2015

Tempat Wisata Pantai Wates Karangasem Bali

Tempat wisata Pantai Wates merupakan salah satu tempat wisata pantai yang berada di perbatasan kabupaten Klungkung dengan kabupaten Karangasem. Pantai ini bernama Pantai Wates karena berada diperbatasan. Kata “wates” merupakan bahasa Bali yang artinya batas. Oleh karena itu, jika Anda sedang bepergian dari Kota Denpasar menuju Kabupaten Karangasem atau sebaliknya dengan melalui pesisir timur Pulau Bali, Anda pasti akan melewati tempat wisata pantai wates.

Hampir sama seperti tempat wisata Pantai Yeh Leh yang berada di perbatasan antara Kabupaten Jembrana dengan Tabanan, Pantai Wates juga digunakan sebagai tempat peristirahatan. Jadi, jika Anda tidak sedang terburu-buru, tak ada salahnya untuk mampir sejenak melepas lelah, sambil menikmati kelapa muda segar di pantai ini. Di pinggir Pantai Wates terdapat puluhan warung sederhana yang dikelola oleh masyarakat setempat yang menjual bakso, kopi, mie instan, es kelapa muda, dan minuman dingin lainnya. Warung-warung ini menghadap laut lepas sehingga kita bisa melihat langsung pemandangan laut selatan Bali biru, sehingga tempat ini sangat pas untuk menyaksikan keindahan laut lepas dengan deburan ombaknya serta Pulau Nusa Penida dan Pulau Nusa Lembongan di kejauhan. Harga makanan dan minuman di sini sangat murah meriah, misalnya harga untuk sebutir kelapa muda dihargai Rp.5000 dan semangkok bakso dihargai Rp.6000.
Tempat Wisata Pantai Wates Karangasem Bali
Pantai Wates Karangasem Bali
Jika Anda ingin lebih dekat menyaksikan deburan ombak Pantai Wates, Anda bisa langsung ke pantai dari tempat duduk Anda yang jaraknya hanya beberapa meter saja. Anda bisa merasakan pasir hitamnya pantai ini dan juga deburan ombaknya secara langsung di depan mata Anda. Pantai ini merupakan pantai nelayan sehingga pada siang hari kita akan melihat jukung nelayan yang berbaris rapi di pinggir pantai ini. Anda juga bisa membeli ikan segar langsung dari nelayan setempat atau bisa juga membelinya di pinggir jalan diperbatasan ini.

Pengunjung ke Pantai Wates kebanyakan wisatawan lokal yang kebetulan melintas di jalur ini. Selain itu, wisatawan asing yang akan mengunjungi tempat wisata di bali timur seperti Pantai Padang Bai, Pantai Candidasa, Pantai Virgin, Taman Ujung dan Taman Tirta Gangga akan menyempatkan diri untuk berkunjung di lokasi ini. Tidak jauh dari lokasi ini terdapat proses pembuatan garam secara tradisonal (natural salt maker) yang mampu menarik wisatawan asing untuk berkunjung ke tempat ini. Bagi yang hobi memancing, pantai ini merupakan spot untuk memancing, sehingga hampir tiap hari ada saja pemancing yang mencari keberuntungan di pantai ini.
Pantai Wates Karangasem Bali
Pantai Wates di Perbatasan Karangasem-Klungkung

Lokasi dan Cara Akses Pantai Wates

Tempat wisata Pantai Wates berada di perbatasan antara kabupaten Klungkung dengan Karangsem, Banjar Yeh Malet, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Dari objek wisata Goa Lawah hanya berjarak 1,5 km ke timur, dari objek wisata Kertha Gosa hanya berjarak 11 km, dan dari kota Denpasar hanya berjarak 36 km.

Untuk menuju pantai wates sangatlah mudah karena jalan ini merupakan jalur yang mengubungkan Bali Selatan dengan Bali Timur. Jika Anda datang dari bandara Ngurah Rai hanya menempuh jarak 50 km atau dengan waktu tempuh 72 menit dengan melalui jalan tol bali Mandara kemudian ke jalan By Pass Ngurah Rai ke timur hingga ke Patung Titi Banda. Dari patung titi banda ke timur lagi hingga menemukan tugu perbatasan kabupaten klungkung dan karangasem. Nah setelah menemukan tugu perbatasan, berati Anda sudah sampai di tempat wisata Pantai Wates.

Adapun objek wisata yang bisa dikunjungi selama perjalanan dari bandara Ngurah Rai hingga ke tempat wisata pantai wates yakni tempat wisata pantai di kawasan sanur, pantai di sekitar jalan ida bagus mantra, bali safari and marine park, dan tempat wisata goa lawah.

0 Response to "Tempat Wisata Pantai Wates Karangasem Bali"

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif