free counter with statistics Inilah Pantai Indah dan Populer Di Bali Utara
T10/27/2017

Inilah Pantai Indah dan Populer Di Bali Utara

Iklan
Iklan
Tempat wisata yang dominan akan dikunjungi oleh para pelancong biasanya berada di kawasan selatan, selain karena lokasinya dekat dengan bandara ngurah rai, objek wisata di bali selatan dipromosikan dengan gencarnya hingga ke luar negeri. Bahkan investor juga banyak yang mencoba untuk menggarap tempat wisata di bali selatan, sehingga banyak bermunculan objek wisata yang baru dan sedang naik daun, misalnya pantai pandawa dan pantai melasti. Lalu bagaimana dengan bali utara?

Bali utara tidak begitu dilirik oleh para investor untuk mengembangkan pariwisata di daerah ini, mungkin disebabkan karena akses untuk menuju bali utara sangat jauh jika dijangkau dari bali selatan di mana bandara internasional berada. Karena lokasi yang jauh membuat para wisatawan khususnya wisatawan luar negeri enggan untuk berkunjung ke kawasan yang beada di balik pegunungan ini. Akan tetapi beberapa tahun kedepan kawasan ini akan menjadi terkenal dan tentunya para investor akan mencoba menanamkan modalnya untuk mengembangkan kawasan bali utara, karena pemerintah provinsi bali sudah merencanakan pembangunan sebuah bandara bertaraf internasional di kawasan bali utara.
Inilah Pantai Indah dan Populer Di Bali Utara
Pesona pantai di Bali Utara
IMG by Instagram via Mango Moon Bali

Walapun kawasan ini lokasinya sangat jauh dan berada di balik pegunungan, banyak terdapat objek wisata, salah satunya adalah objek wisata pantai. Sebagian besar pantai di bali utara berpasir hitam yang berkilauan, dan ada beberapa pantai yang berpasir putih. Pantai-pantai di bali utara tidak setenar di pantai kuta atau pantai pandawa, tetapi kealamian dan keindahannya dapat disandingkan dengan pantai-pantai yang ada di bali selatan. Berikut 10 tempat wisata pantai yang indah dan populer di bali utara yang bisa anda kunjungi jika kebetulan berlibur ke bali utara.

1. Pantai Batu Sungu
Pantai Batu Sungu berada di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. Pantai yang berpasir hitam ini siap memanjakan suasana liburan anda. Pantai yang tenang dan sunyi yang jauh dari hingar bingar keramaian kota. Deburan ombak yang silih berganti menghampiri pelancong begitu duduk di bibir pantai yang eksotis ini. tidak sekedar menikmati pesona alam pantainya, senja hari pelancong akan disuguhkan dengan panorama matahari terbenamnya, sungguh pemandangan yang mampu mendamaikan jiwa dengan kesunyiannya. Tidak kalah cantiknya dengan sunset di pantai kuta atau pantai dreamland di bali selatan. Tidak jauh dari kawasan pantai, berada di daerah pegunungan pelancong akan ditawarkan untuk mengunjungi air terjun terbangnya yakni air terjun yeh mampeh atau lebih populer dengan nama air terun Les.

2. Pantai Penuktukan
Bagi yang suka menyelam atau snorkeling coba sesekali nyemplung ke pantai penuktukan di desa penuktukan, kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. Tidak sangka kalau kawasan ini memiliki kawasan terumbu karang yang indah dan alami. Banyak terdapat ikan hias yang siap menyambut para penyelam. Bahkan kawasan ini akan dijadikan ikon tempat menyelam baru di kawasan bali utara. Uniknya, dalam kedalaman 3 meter para penyelam atau sorkeling sudah bisa melihat indahnya terumbu karang dengan gerombolan ikan yang lalu lalang di sekitar terumbu karang, sungguh pemandangan yang sangat berkesan. Tidak hanya menawarkan keindahan bawah laut yang begitu memukau, pesona keindahan pantainya juga siap memanjakan kunjungan anda ke pantai penuktukan. Sunset yang ditawarkan akan menjadi objek foto yang sangat bagus di kawasan ini.

3. Pantai Umeanyar
Pantai Umeanyar memiliki panorama pemandangan laut yang sangat indah dan pantainya juga sangat bersih. Pantai ini berada di Desa Umeanyar, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng. Lokasi pantai ini diapit oleh hamparan sawah yang menghijau. Pantai ini menjadi populer dengan adanya fasilitas menyelam (diving) dan melihat atraksi lumba-lumba di tengah laut. Banyak turis asing yang mencoba mengeksplor keindahan bawah laut di pantai ini. tidak hanya menawarkan keindahan bawah lautnya yang menawan hati, pantai ini juga memiliki view yang sangat cantik. siang hari kita akan melihat para jukung nelayan yang berjejer rapi di kawasan ini, tentu ini akan menambah indah panorama pantai umeanyar ini.

4. Pantai Penimbangan
Pantai Penimbangan menjadi populer karena lokasinya dekat dengan Kota Singaraja. Kebanyakan pengunjung di pantai penimbangan dari warga sekitar yang mengisi liburan atau sekedar nongkrong pada sore hari. Pada hari-hari libur pantai ini selalu dipadati pengunjung yang ingin menghabiskan hari liburnya. Bermain kano merupakan aktivitas yang bisa dilakukan selain mandi atau sekedar nongkrong di pantai ini. Tentu ini merupakan wisata yang sangat menyenangkan, selain bisa menikmati panorama pantainya, kita bisa berolahraga dengan mengayuh kano. Pada hari-hari tertentu, permainan kano di pantai ini dilombakan. Tujuannya untuk memperkenalkan potensi pantai penimbangan sebagai lokasi bermain kano untuk wisatawan di Bali Utara. View yang ditawarkan tidak kalah menariknya dengan pantai lainnya di bali utara, terutama pesona sunsetnya.

5. Pantai Banyuwedang
Banyuwedang merupakan nama sebuah banjar dinas yang berada di desa Pejarakan. Objek wisata yang paling populer di sini yakni pemandian air panasnya. Hampir tiap hari pemandian ini selalu dikunjungi wisatawan yang kebanyakan wisatawan mancanegara. Selain sumber air panas, di banyuwedang juga terdapat pantai pasir putih yang tidak kalah cantiknya dengan pantai yang di sebelahnya. Jadi selain bisa berendam di air panas yang konon mampu menghilangkan berbagai penyakit kulit, kita bisa menikmati pesona pantai bayuwedang. Pemandian air panas ini berada di tepi pantai lho yang disekitanya banyak sekali terdapat pohon mangrove yang menghijau, sungguh pemandangan yang jarang kita temui di tempat lain. Lokasi: Banjar Banyuwedang, Desa Pejarakan, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng.

6. Pantai Gondol
Pantai Gondol terletak di Banjar Dinas Gondol, Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Keindahan pantai gondol tidak kalah indah dengan pantai lainnya. Apalagi ketika matahari mulai terbit dan terbenam. Spot yang sangat bagus untuk mengambil gambar dengan latar belakang matahari terbenam atau terbit dengan perpaduan perbukitan. Pokoknya kawasan ini benar-benar indah. Walaupun memiliki panorama sangat indah tetapi pantai ini kurang cukup terkenal sehingga sepi dari kunjungan pelancong. Yang menjadi khas pantai ini adalah adanya bukit dipingggir pantai yang dianamakan bukit Gondol.

7. Pantai Pemuteran
Pantai Pemuteran terkenal akan keindahan terumbu karangnya. Wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini biasanya para penyelam yang ingin melihat pesona bawah lautnya. Tidak hanya itu, kawasan ini juga memiliki pantai pasir putih yang eksotis yang dapat disandingkan dengan pantai di Bali Selatan akan keindahannya. Pantai pemuteran benar-benar landai dan tenang yang siap membawa wisatawan dalam suasana tenang dan damai, terbebas dari kebisingan dan hiruk pikuk perkotaan serta bebas dari para pedagang yang sering dikeluhkan para wisatawan asing. Sore hari view di pantai ini benar-benar keren, kita akan melihat sang surya tenggelam dibalik gunung Semeru Jawa Timur.

8. Pantai Goris Pejarakan
Pantai Goris Pejarakan berada di Banjar Goris, Desa Pejarakan, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng. Karena memiliki pasir yang berwarna putih, maka wisatawan menyebutnya dengan nama pantai pasir putih Goris. Pantai dengan pasir putih ini masih tergolong objek wisata yang tersembunyi karena belum banyak orang yang mengetahuinya dan cukup jauh dari pemukiman warga sekitar. Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini cukup beragam mulai dari menyelam, snorkeling, bermin canoe, dan masih banyak lagi. Pantai ini terlihat seperti danau, karena tempatnya agak ketengah yang menyerupai teluk.

9. Pantai Kerobokan
Pantai Kerobokan berada di Desa Kerobokan Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Pantai ini memiliki pasir hitam yang masih alami, tentunya pantai ini menjadi primadona untuk dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Pantai ini juga merupakan pantai sunset, jika cuaca mendukung pengunjung bisa melihat indahnya sunset di pantai kerobokan ini. Tidak hanya itu saja, pantai ini juga dapat dijadikan pilihan alternatif untuk berwisata menyelam karena memiliki pesona bawah laut yang sangat keren dengan terumbu karang yang masih alami. Alapalagi di kawasan pantai ini dibangun sebuah taman, tentu ini akan membuat kunjungan ke pantai ini akan terus bertambah tiap tahunnya. Untuk menarik dan mempromosikan kawasan ini menjadi objek wisata yang layak untuk dikunjungi, pemerintah setempat mengadakan Lomba Perahu Layar dalam rangka HUT kota singaraja tiap tahunnya.

10. Pantai Lovina
Pantai Lovina merupakan pantai yang paling populer di Bali Utara, bahkan masuk ke dalam 8 besar pantai paling populer di Bali versi google. Pantai lovina juga tidak berpasir putih, melainkan berpasir hitam yang pada siang hari berkilauan karena ada unsur logamnya. Lalu apa yang menarik di pantai lovina sehingga menjadi populer di Bali? Yang menjadi daya tarik dari pantai lovina yakni adanya atraksi lumba-lumba di tengah laut. Untuk bisa melihat atraksi lumba-lumba secara dekat di pantai Lovina, Anda harus ke tengah laut sebelum matahari terbit dengan menyewa sebuah perahu nelayan milik warga setempat. Tidak hanya menyuguhkan atraksi lucunya lumba-lumba, di pantai lovina juga merupakan spot yang bagus untuk menyelam, karena bawah lautnya terdapat terumbu karang yang dihuni oleh  ikan hias sehingga tampak mempesona di bawah laut.

11. Pantai Batu Ampar Pejarakan
Pantai Batu Ampar Pejarakan berada di Banjar Batu Ampar, Desa Pejarakan, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng. Pantai ini masuk sebagai kategori pantai pasir putih tersembunyi karena tidak banyak yang mengetahui akan keberadaan pantai ini. Pantai ini tidak setenar atau sepopuler seperti pantai lainnya di pulau seribu pura ini. walaupun tidak terkenal, pantai ini menawarkan pesona yang cantik yang tidak kalah dengan pantai pasir putih lainnya di bali. Pesona bawah lautnya bagai mutiara terpendam membuat para turis asing tertarik untuk menyelaminya. Taman terumbu karang di pantai Batu Ampar tak kalah indah dengan di daerah lain, bahkan lebih indah dari pesona bawah laut yang ada di tulamben. Untuk memanjakan para pelancong tersedia fasilitas pendukung seperti sepeda bebek untuk mengelilingi perairan pantai ini, kano, dan perahu. Selain itu, juga tersedia area parkir yang cukup luas, toilet dan tempat shower untuk membersihkan diri setelah bermain pasir atau menghilangkan efek garam yang menempel di tubuh kita akibat air laut.


Bagaimana? Tertarik untuk menikmati pesona kawasan pantai bali utara? Ternyata tidak hanya bali selatan lho yang memiliki pantai yang indah, pantai di bali utara juga tidak kalah cantiknya apalagi didukung dengan pesona bawah lautnya yang sangat bagus, tentu ini menjadi nilai plus objek wisata di bali utara. Semoga ini dapat dijadikan rujukan dalam mencari tempat wisata pantai di bali utara. Salam longtriper.
Iklan